Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Tak Hanya Roti Tawar, Ini Varian Roti yang Paling Sering Dijadikan Menu Sarapan

List Artikel
7 Maret 2018 | 0 Komentar

Sarapan menjadi hal yang wajib dilakukan sebelum kamu memulai aktivitas karena dengan sarapan, kamu akan memiliki cadangan energi sehingga tidak merasa lemas dan konsentrasi juga tetap terjaga. Selain itu, sarapan juga bisa membantu kamu mengontrol berat badan. Ada banyak pilihan menu sarapan yang bisa kamu pilih, tapi tentunya dalam menu sarapan tersebut haruslah terdapat karbohidrat yang nantinya bisa diolah oleh tubuh menjadi energi, selain nasi, oatmeal, sereal, ada roti yang bisa kamu pilih untuk sarapan. Pilihan roti untuk sarapan tak hanya roti tawar atau gandum saja lho. Ada lima varian roti lainnya yang juga sering dijadikan sebagai menu sarapan andalan, yaitu:

 

1. Donat


Sumber: pergikuliner.com


Bagi masyarakat Indonesia, donat tak hanya sekedar menjadi camilan yang bisa disantap saat sedang berkumpul dengan teman-teman, tapi donat juga sering dijadikan sebagai menu sarapan. Pilihan donat yang dijadikan sarapan oleh masyarakat Indonesia adalah donat kampung yang terbuat dari campuran kentang atau ubi dan tepung yang digoreng lalu diberi taburan gula halus bubuk atau cokelat meises. Donat kampung bisa dengan mudah dijumpai di warung-warung atau pedagang kaki lima di pagi hari.

 

2. Bagel


Sumber: pergikuliner.com


Dari bentuknya, kamu pasti mengira kalau roti yang satu ini adalah donat yang berukuran besar. Bentuk roti ini memang mirip donat, tapi cara pembuatan, citarasa, serta teksturnya jauh berbeda dengan donat. Bagel yang berasal dari Polandia ini terbuat dari campuran tepung terigu dan ragi yang direbus dalam air terlebih dahulu lalu dipanggang. Teksturnya cukup padat dan kenyal. Bagel biasanya hanya disantap dengan olesan cream cheese atau selai karena biasanya dalam adonan bagel sudah ditambahkan aneka rempah seperti cajun, kayu manis, jintan, dan lain sebagainya.

 

3. Baquette


Sumber: pergikuliner.com


Roti asal Perancis yang satu ini memang sangat terkenal karena sering dipadu-padankan dengan sup atau dijadikan canape dengan aneka topping. Jika dilihat dari teksturnya, baquette terdiri dari dua jenis, yakni half baquette yang agak lembut dan full baquette yang lebih keras. Jenis baquette yang sering digunakan untuk menu sarapan adalah half baquette. Biasanya baquette disantap sebagai pengganti roti tawar yang digunakan untuk sandwich.

 

4. Croissant


Sumber: pergikuliner.com


Secara tekstur, croissant memang terlihat seperti pastry karena teksturnya yang agak keras, tapi sekarang sudah ada croissant yang sengaja dibuat agak lembut sehingga cocok untuk dijadikan lapisan roti sandwich. Di negara asalnya yakni Perancis, croissant disantap sebagai menu sarapan dengan filling selai cokelat, keju, hingga topping buah-buahan. Sementara di Indonesia sendiri, croissant yang dibuat sarapan lebih memiliki rasa asin gurih seperti croissant dengan isian smoked beef, daging ayam suwir, keju, dan daun selada. Belakangan juga ada croissant dengan filling saus telur asin di dalamnya.

 

5. Bakpao


Sumber: pergikuliner.com


Bakpao merupakan salah satu kuliner khas Tionghoa yang keberadaannya sudah popular di Indonesia. Bakpao terbuat dari tepung terigu yang diberi ragi dan air lalu diaduk hingga rata dan didiamkan agar mengembang. Setelah itu, bakpao diisi dengan aneka isian, mulai dari isian gurih seperti daging ayam, sayur-sayuran, hingga isian manis seperti kacang kedelai, kacang hijau, dan lain sebagainya. Tak hanya di negara asalnya, bakpao juga sering dijadikan sebagai menu sarapan orang Indonesia. Kamu bisa melihat banyaknya pedagang bakpao kaki lima yang ada di dekat perkantoran saat pagi hari.

 

Sekarang Teman PergiKuliner sudah tahu kan kalau tak hanya roti tawar saja yang enak untuk sarapan, tapi kelima varian roti di atas juga enak lho untuk dijadikan menu sarapan kamu. Nah! Sekarang waktunya kamu cobain yuk aneka roti yang PergiKuliner rekomendasikan tadi di tempat-tempat di bawah ini!

Caribou Coffee

Foto Caribou Coffee
Foto Caribou Coffee
Foto Caribou Coffee

Bake-a-Boo

Foto Bake-a-Boo
Foto Bake-a-Boo
Foto Bake-a-Boo

Sophie Authentique

Foto Sophie Authentique
Foto Sophie Authentique
Foto Sophie Authentique

Teck Kee Tang Lin Pau

Foto Teck Kee Tang Lin Pau
Foto Teck Kee Tang Lin Pau
Foto Teck Kee Tang Lin Pau

Quiznos

Foto Quiznos
Foto Quiznos
Foto Quiznos

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?