Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Tak Hanya Sate Lilit, Ini 5 Sate Enak Khas Bali yang Wajib Dicicip!

List Artikel
8 Januari 2020 | 0 Komentar

Sate menjadi salah satu kuliner khas Indonesia yang keberadannya sudah mendunia. Tak heran jika para turis asing yang datang ke Indonesia pasti selalu ingin mencicip hidangan yang bernama sate. Berbicara tentang sate. Ada beberapa daerah di Indonesia yang terkenal akan kuliner satenya seperti Ponorogo dengan sate Ponorogo, Madura dengan sate Madura, Sumatera Barat dengan sate Padang, serta Bali dengan sate lilit. Selama ini kita selalu mengenal sate lilit sebagai satu-satunya sate khas dari Bali. Padahal, tahukah kamu kalau ternyata di Bali ada banyak sekali jenis sate yang tak kalah enaknya dari sate lilit. Ingin tahu ada sate apa saja? Coba cek berikut ini!

 

1. Sate Pentul



Sumber : Masakandapurku.com


Sate pentul adalah sate khas Bali yang paling banyak dicari oleh para wisatawan ketika sedang berkunjung ke Bali. Tapi tak sedikit orang yang salah mengenalinya dengan sate lilit. Padahal ada perbedaan yang cukup besar dari sate lilit dan sate pentul. Untuk sate lilit menggunakan tusukan bambu, sementara sate pentul menggunakan sereh untuk tusukan satenya. Ditambah lagi, sate lilit lebih banyak menggunakan daging babi atau ayam, sementara sate pentul dibuat dari ikan yang dicampur dengan perutan kelapa sehingga aromanya lebih wangi.

 

2. Sate Languan



Sumber : Kintamani.id


Untuk sate languan ini sekilas memang mirip dengan sate lilit karena memang sama-sama menggunakan tusukan bambu untuk menusuk satenya. Perbedaannya adalah dari segi bahan pembuatannya. Sate languan menggunakan daging ikan giling. Loh, berarti sama dengan sate pentul? Untuk sate languan ini tidak menggunakan perutan kelapa. Ditambah lagi, sate languan menggunakan bumbu terasi dan jahe di dalamnya.

 

3. Sate Plecing



Sumber : Miro.medium.com


Berikutnya ada sate plecing yang terbuat dari daging sapi atau babi atau ayam. Sate plecing ini tampilannya memang sangat menggoda karena diguyur dengan saus sambal yang dibuat dari cabai, terasi, bawang putih dan terasi. Sate plecing memang tidak menggunakan bumbu kacang sama sekali dan sebagai gantinya menggunakan sambal merah. Cita rasanya sudah pasti pedas dan gurih. Sate plecing cocok disantap bersama dengan nasi atau lontong.

 

4. Sate Kakul



Sumber : Dapurkobe.co.id


Sate kakul adalah sate yang paling terkenal di daerah Ubud, Bali. Sate ini dikatakan sangat unik karena berbeda dari sate kebanyakan. Sate kakul dibuat dari bahan dasar daging siput yang dimasak dengan aneka bumbu rempah dan dibakar hingga matang. Tekstur sate kakul ini sangat kenyal dan cita rasanya sangat berbumbu. Sate kakul biasa disantap dengan nasi putih hangat atau disantap begitu saja.

 

5. Sate Asem



Sumber : Cookpad.com


Terakhir ada sate asem yang aslinya berasal dari daerah Karangasem. Meski asalnya dari Karangasem, tapi bukan berarti nama sate asem ini diambil dari nama daerah tersebut. Nama sate asem diambil karena memang sate ini terbuat dari campuran bumbu asam jawa yang pekat sehingga menjadikan citarasanya cukup berbeda dengan sate kebanyakan. Sate asem di Bali menggunakan daging babi sebagai bahan dasarnya. Daging babi dipotong kotak-kotak lalu dibumbui dengan bumbu asam jawa dan rempah lainnya sebelum dibakar.

 

Itulah beberapa sate khas Bali yang bisa kamu icip saat berkunjung ke Bali. Jadi jangan Cuma cari sate lilit saja ya! Cobain sate-sate lainnya yang tak kalah enaknya yuk!

Putu Made

Foto Putu Made
Foto Putu Made
Foto Putu Made

Taliwang Bali

Foto Taliwang Bali
Foto Taliwang Bali
Foto Taliwang Bali

Bebek Bengil

Foto Bebek Bengil
Foto Bebek Bengil

Babi Guling Ko Made

Foto Babi Guling Ko Made
Foto Babi Guling Ko Made
Foto Babi Guling Ko Made

Bunga Rampai

Foto Bunga Rampai
Foto Bunga Rampai
Foto Bunga Rampai

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?