Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Tak Hanya Sayur, Ini 4 Sumber Protein yang Ada dalam Gado-Gado

List Artikel
21 November 2022 | 0 Komentar

Gado-gado merupakan salah satu kuliner khas Jakarta yang hingga kini masih bisa dijumpai dengan mudah, baik itu di warung pinggir jalan hingga restoran ternama. Gado-gado dibuat dari bahan dasar sayur-sayuran seperti kacang panjang, kangkung, bayam, tauge, kubis, jagung, dan sebagainya. Nanti semua sayuran tersebut akan dikukus hingga matang lalu disiram dengan saus kacang yang kental. Rasa dari gado-gado ini sangat legit, gurih, dan ada sedikit rasa pedas dan manis yang didapat dari campuran cabe serta kecap manis. Selain sayur-sayuran, ternyata gado-gado ini juga diberi tambahan protein di dalamnya. Ada beberapa sumber protein yang bisa Teman Kuliner jumpai dalam kuliner gado-gado, yaitu:

 

1. Tahu



Sumber: Detik.net.id


Sumber protein pertama yang bisa dijumpai dalam gado-gado adalah tahu. Tahu dibuat dari bahan dasar kacang kedelai yang kaya akan protein nabati. Ada banyak jenis tahu yang ada di Indonesia. Meski semua jenis tahu tersebut bisa dijadikan campuran dalam gado-gado, tapi tahu kacang hijau atau tahu sutera menjadi yang paling umum digunakan jika dibandingkan jenis tahu yang lainnya. Hal ini dikarenakan tahu kacang hijau memiliki tekstur yang lembut pada bagian dalamnya meski telah digoreng kering sehingga cocok untuk memperkaya tekstur gado-gado yang kebanyakan sayurannya.

 

2. Tempe



Sumber: Okezone.com


Selain tahu, ada tempe yang juga selalu muncul dalam gado-gado sebagai sumber protein nabati. Tak berbeda jauh dari tahu, tempe juga dibuat dari kacang kedelai. Perbedaannya adalah tempe dibuat dengan pross fermentasi sehingga memiliki kandungan serat yang sangat tinggi. Untuk membuat tempe, kamu harus mencampur kacang kedelai dengan ragi khusus dan mendiamkannya selama berhari-hari atau memfermentasikannya. Sama seperti tahu, untuk tempe ini harus digoreng terlebih dahulu hingga kering baru dicampurkan dengan gado-gado .

 

3. Telur



Sumber: Purnawarta.com


Sumber protein yang berikutnya adalah telur. Berbeda dengan kedua jenis protein sebelumnya yang mengandung protein nabati, kali ini ada sumber protein hewani yang ditambahkan dalam gado-gado. Untuk telur yang digunakan adalah telur ayam, bisa berupa telur ayam negeri atau telur ayam kampung. Sebelum dicampurkan dalam gado-gado, telur harus direbus terlebih dahulu sampai matang. Baru setelahnya telur akan dikupas dan diiris memanjang. Penambahan telur dalam gado-gado tak hanya bisa menjadi sumber protein saja melainkan juga bisa memperkaya tekstur dan rasa.

 

4. Kacang Tanah



Sumber: Kompas.com


Sumber protein yang terakhir adalah kacang tanah. Kacang tanah merupakan sumber protein nabati yang sangat tinggi. Kacang tanah di sini digunakan sebagai bahan dasar pembuatan saus yang nantinya akan disiramkan atau dicampur dengan sayur-sayuran. Sebagai bumbunya, kacang tanah yang sudah disangrai atau digoreng ini akan ditumbuk halus bersama dengan bawang putih, cabai, garam, dan gula. Selain kacang tanah, gado-gado yang dijual di restoran juga ada yang dibuat dari campuran kacang mede hingga kacang almond yang bisa membuat tekstur dan rasa menjadi lebih gurih dan legit.

 

Itulah beberapa sumber protein yang bisa kamu jumpai dalam gado-gado. Selain keempat protein tersebut, masih ada lagi tidak protein lainnya yang bisa dijumpai dalam kuliner ini?

Gado - Gado Cemara

Foto Gado - Gado Cemara
Foto Gado - Gado Cemara
Foto Gado - Gado Cemara

Gado - Gado AA

Foto Gado - Gado AA
Foto Gado - Gado AA
Foto Gado - Gado AA

RM Bumi Aki

Foto RM Bumi Aki
Foto RM Bumi Aki
Foto RM Bumi Aki

Gado Gado Ria

Foto Gado Gado Ria
Foto Gado Gado Ria
Foto Gado Gado Ria

Gado - Gado Metropole

Foto Gado - Gado Metropole
Foto Gado - Gado Metropole
Foto Gado - Gado Metropole

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?