Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Tak Hanya Tempe, Ini Olahan Kedelai yang Populer di Indonesia

List Artikel
19 Juli 2018 | 0 Komentar

Kedelai merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang keberadaannya sangat populer di negara-negara Asia, terutama Indonesia. Menurut sejarah, kedelai sudah mulai ditanam dan dibudidayakan di benua Asia sejak 3500 tahun yang lalu. Kepopuleran kedelai tak hanya karena sudah ada sejak lama di benua Asia, tapi juga karena nilai gizinya yang sangat tinggi sehingga banyak digunakan. Kedelai merupakan sumber protein nabati yang nilai gizinya bisa menyamai daging ayam. Di Indonesia, kedelai sangat identik dengan tempe karena kedelai merupakan bahan utama pembuatan tempe. Tapi selain tempe, ternyata masih ada lima olahan kedelai lainnya yang tak kalah populernya di Indonesia, yaitu:


1. Tahu


Sumber : Pergikuliner.com


Olahan kedelai yang populer di Indonesia selain tempe sudah pasti tahu yang bisa dengan mudah kamu temukan. Sama seperti tempe, tahu juga dijual dengan harga yang terbilang murah meriah sehingga bisa dijangkau semua kalangan dan lapisan masyarakat. Tahu terbuat dari sari kedelai yang diolah dengan proses yang cukup panjang lalu dicetak berbentuk kotak-kotak. Ada banyak jenis tahu di Indonesia, mulai dari tahu putih, tahu kuning (tahu bandung), hingga tahu sumedang.


2. Kecap


Sumber : Grid.id


Kecap merupakan salah satu bumbu masakan yang terbuat dari bahan dasar kedelai hitam. Kedelai yang sudah direbus hingga matang, kemudian ditiris dan diberi ragi lalu didiamkan selama beberapa hari hingga mengalami fermentasi. Setelah itu, baru kemudian di masak lagi dengan ditambahkan rempah. Kecap bisa dijadikan dua jenis, yakni kecap asin yang ditambahkan garam dan kecap manis yang ditambahkan gula jawa dan rempah-rempah lainnya.


3. Tauco


Sumber : Resepkoki.id


Tauco merupakan salah satu bahan makanan yang dihasilkan olahan dari kedelai kuning yang difermentasi terlebih dahulu lalu direbus dan dihaluskan dan dicampur dengan berbagai macam bumbu rempah. Meski berasal dari Tiongkok, tapi tapi masyarakat Indonesia sangat suka menggunakan tauco dalam masakannya. Beberapa daerah di Indonesia yag merupakan produsen tauco adalah Cianjur dan Medan.


4. Oncom


Sumber : Pergikuliner.com


Oncom merupakan kekayaan kuliner khas Indonesia yang sangat identik dengan daerah Jawa Barat. Oncom memiliki citarasa dan aroma yang sangat unik dan khas sehingga membuat siapa saja langsung mengenalinya. Oncom terbuat dari ampas tahu yang kemudian difermentasikan dengan Rhizophus Oligosporus sehingga warnanya menjadi orange kehitaman pada permukaannya. Selain dimasak untuk dijadikan lauk, oncom juga sering dijadikan bahan tambahan pada jajanan tradisional seperti combro, surabi, dan lontong.


5. Susu Kedelai


Sumber : Pergikuliner.com


Jika selama ini kamu mengenal susu sapi, susu kuda, susu kambing, atau susu unta, ternyata kacang-kacangan juga bisa dijadikan olahan susu seperti susu kedelai. Susu kedelai terbuat dari sari kacang kedelai yang dimasak dengan campuran daun pandan sehingga menghasilkan aroma wangi yang menggoda. Susu kedelai sangat populer di Indonesia karena bisa dikonsumsi oleh orang yang punya masalah alergi pada laktosa susu sapi. Meski terbuat dari kacang kedelai, tapi kandungan gizi yang ada pada susu kedelai ini bisa menyamai susu sapi.


Nah, itu dia beberapa olahan kedelai yang bisa kamu coba. Kalau kamu kepingin coba makan makanan olahan kedelai lainnya, kamu bisa mampir ke restoran di bawah ini!

Yie Thou

Foto Yie Thou
Foto Yie Thou

Sate Sapi Pak Kempleng

Foto Sate Sapi Pak Kempleng

Penang Bistro

Foto Penang Bistro

Hong Tang

Foto Hong Tang
Foto Hong Tang
Foto Hong Tang

Sate Palmerah / Kim Tek

Foto Sate Palmerah / Kim Tek

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?