Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Tak Hanya Tempura Udang yang Enak, 5 Tempura Sayur Ini Juga Bikin Nagih!

List Artikel
28 Juni 2019 | 0 Komentar
Di antara kamu pasti sangat familiar dengan tempura, kan? Salah satu menu khas Jepang ini memang tergolong sangat populer di dunia kuliner. Tempura khas Jepang ini memiliki ciri khas tersendiri, berbeda dengan gorengan ala Indonesia yang menggorengnya dengan minyak goreng. Adonan tempura menggunakan campuran tepung dan air dingin, lalu menggorengnya dengan minyak wijen. Maka hasil gorengan tempuranya terasa lebih renyah dan lembut dibandingkan dengan gorengan ala Indonesia yang cenderung renyah dan garing. Namun, tempura tidak hanya untuk udang atau makanan laut lainnya saja, tetapi berbagai macam sayuran juga bisa dijadikan tempura yang juga diminati oleh masyarakat pecinta kuliner Jepang. Kira-kira apa saja ya jenis tempura sayuran yang bikin ketagihan?

1. Nasu


Sumber : Melodyloves94.blogspot.co.id


Nasu adalah terong tempura. Sayuran terong yang kaya manfaat ini juga bisa dijadikan sebagai tempura. Tidak hanya orang Jepang saja yang menyukai salah satu jenis tempura sayur ini, namun orang Indonesia pecinta makanan Jepang pun juga turut menyukainya. Kebanyakan nasu diolah dengan potongan memanjang, lalu dicelup ke dalam adonan tepung lalu digoreng. Jenis terong yang digunakan adalah terong ungu, yang sangat mudah didapatkan bila kamu ingin membuatnya sendiri di rumah.

2. Kabocha


Sumber : Asianinspirations.com.au

Biasanya di Jepang, kabocha paling nikmat dinikmati saat musim dingin tiba. Kabocha merupakan tempura yang berbahan dasar labu. Kabocha tidak sulit untuk didapatkan, karena banyak ditemukan di kedai-kedai makanan Jepang. Bila kamu menyantapnya bersama udon, maka rasanya akan semakin lebih nikmat. Jenis labu yang digunakan adalah labu kuning, yang memiliki cita rasa agak manis dan bertekstur lembut. Karena itulah kabocha semakin membuat ketagihan ketika disantap.

3. Shiitake


Sumber : Global.rakuten.com

Shiitake merupakan salah satu jenis jamur khas Jepang yang sangat populer dan dikenal oleh banyak masyarakat. Jamur shitake juga bisa dijadikan berbagai macam olahan, khususnya olahan makanan Jepang yaitu tempura. Tak lengkap bila menyajikan santapan khas Jepang tanpa shiitake tempura. Terkadang, shiitake digoreng dengan bentuk yang sudah dipotong-potong atau digoreng dalam bentuk utuh, tergantung dari tiap kedai makanan Jepang yang menjualnya. Tetapi kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah, karena jamur shiitake banyak dijual seperti pasar atau supermarket.

4. Ninjin


Sumber : J-simplerecipes.com

Ninjin adalah wortel yang dijadikan sebagai tempura. Namun, perlu kamu ketahui kalau ada beberapa cara untuk mengolahnya. Ada wortel yang diolah dengan menyerutnya tipis-tipis terlebih dahulu lalu dibaluri tepung dan digoreng, ada juga yang menggunakan jenis wortel muda yang masih berbentuk kecil yang dibaluri dengan tepung dan menggorengnya utuh tanpa dipotong serut. Pengolahan tersebut tergantung dari tiap kedai atau restoran yang menjualnya.

5. Satsuma Imo


Sumber : Alittlebitofsoy.wordpress.com
Tempura sayur yang terakhir adalah satsuma imo, gorengan ini menggunakan ubi khas Jepang sebagai bahan dasarnya. Ubi khas Jepang memiliki cita rasa yang khas, cenderung manis dan legit sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempura. Terlebih lagi, satsuma imo sangat populer untuk kalangan pecinta makanan Jepang lho! Bila memesan menu makanan Jepang, maka tempura yang satu ini paling favorit untuk dipesan. Terlebih lagi, orang Indonesia penyuka makanan Jepang pasti memesan menu yang satu ini karena suka membuat ketagihan ketika menyantapnya.

Nah, dari beberapa tempura sayur di atas, mana yang paling bikin kamu ketagihan? Jika tak sabar untuk menyantapnya kamu bisa mampir ke salah satu tempat makan di bawah ini ya!

Marugame Udon

Foto Marugame Udon
Foto Marugame Udon
Foto Marugame Udon

Kenta Tendon Restaurant

Foto Kenta Tendon Restaurant

Shigeru

Foto Shigeru
Foto Shigeru

Kikugawa

Foto Kikugawa

Tamoya Udon

Foto Tamoya Udon
Foto Tamoya Udon

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?