Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Tak Ingin Makan Nasi Saat Sahur? Ini Penggantinya!

List Artikel
24 Mei 2019 | 0 Komentar
Nasi sudah menjadi makanan pokok bagi masyarakat Indonesia. Rasanya belum lengkap santapan makanan tanpa adanya nasi. Nasi memiliki cita rasa yang terbilang cukup manis sehingga membuat kita jadi ketagihan menyantapnya. Apalagi kita juga bisa menyantapnya bersama dengan aneka lauk pauk lezat, mulai dari lauk pauk kering seperti gorengan hingga lauk pauk yang berkuah. Tapi terkadang kita pasti akan memasuki masa di mana merasa bosan menyantap nasi saat berbuka atau sahur dan ingin menyantap makanan yang lain. Tapi apakah ada makanan lain yang memiliki kadar karbohidrat seperti nasi? Tentu saja ada, yaitu:

Roti Gandum


Sumber : Hellosehat.com

Pertama ada roti gandum yang memiliki kadar karbohidrat tinggi tapi seratnya juga tinggi sehingga cocok untuk disantap saat sahur karena tidak mudah membuat kamu lapar. Meskipun ada kandungan karbohidratnya, tapi kalori roti gandum tergolong rendah sehingga bagus dikonsumsi untuk diet. Supaya nilai gizinya semakin lengkap, kamu bisa menyantap roti gandum dengan tambahan guacamole, telur, smoked beef, atau dada ayam panggang.

Oat


Sumber : Feelgoodfoodie.net

Oat dikenal sebagai kuliner sehat yang memiliki kandungan lemak tak jenuh sehingga bagus untuk tubuh. Kamu bisa menyantap semangkuk oat saat sahur dengan tambahan madu, buah-buahan kering, dan biji-bijian atau kacang-kacangan yang sehat. Seperti kacang almond, kacang kenari, biji chia, biji bunga matahari dan lain sebagainya. Jika tidak ada buah-buahan kering, maka kamu bisa menggantinya dengan buah-buahan segar.

Kentang


Sumber : Kudo.co.id

Jika kamu tidak memiliki masalah lambung, kuliner berjenis umbi-umbian bisa disantap saat sahur untuk menggantikan nasi. Jenis umbi-umbian yang dipilih bisa berupa kentang yang dikukus atau dipanggang dengan tambahan rempah-rempah seperti peterseli, oregano, thyme dan lain sebagainya. Untuk melengkapi sajian santap sahurmu tambahkan juga telur rebus atau dada ayam sebagai sumber protein.

Protein


Sumber : Muslimmatters.org

Seperti yang sudah dikatakan di atas, protein bisa menggantikan nasi untuk sahur. Jenis protein yang digunakan tidak boleh sembarangan, disarankan untuk memilih protein hewani seperti ikan, dada ayam, dan telur. Supaya lebih sehat lagi, lebih baik kamu memasaknya dengan cara merebus, memanggang, atau mengukusnya. Selain protein hewani, jenis protein nabati juga bagus disantap saat sahur seperti tahu dan tempe.

Itulah makanan-makanan pengganti nasi untuk sahur. Sekarang kamu sudah tahu kan? Nah, sekarang kamu bisa memilih salah satu menu dari beberapa tempat makan di bawah ini buat sahur nanti ya!

Nasi Uduk Bu Sum

Foto Nasi Uduk Bu Sum
Foto Nasi Uduk Bu Sum
Foto Nasi Uduk Bu Sum

Plataran Menteng

Foto Plataran Menteng
Foto Plataran Menteng
Foto Plataran Menteng

Goedkoop

Foto Goedkoop
Foto Goedkoop
Foto Goedkoop

Bunga Rampai

Foto Bunga Rampai
Foto Bunga Rampai
Foto Bunga Rampai

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?