Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Tak Perlu Daging, Ini 5 Kuliner Khas Indonesia yang Bisa Terbuat dari Tahu Tempe

List Artikel
25 Januari 2018 | 0 Komentar

Berbicara tentang kuliner Indonesia, tentunya tak akan lepas dari yang namanya tahu tempe. Kedua bahan makanan ini paling sering muncul di meja makan kita sehari-hari. Tahu dan tempe sangat digemari masyarakat Indonesia karena harganya yang tergolong jauh lebih murah jika dibandingkan daging sapi atau unggas. Meski harganya lebih murah, tapi nilai gizi yang ada pada tahu tempe tidak bisa kamu anggap sebelah mata lho karena nilai kandungan proteinnya setara dengan daging sapi hingga unggas. PergiKuliner kali ini akan memberikan lima kuliner khas Indonesia yang terbuat dari tahu tempe, yaitu:

 

1. Rendang Tahu Tempe


Sumber: sajiansedap.grid.id


Salah satu kuliner Indonesia yang paling terkenal di dunia adalah rendang. Kelezatan daging rendang memang tak hanya disukai masyarakat Indonesia, tapi juga masyarakat asing. Ternyata rendang tak hanya bisa dibuat dengan menggunakan daging sapi atau kerbau saja,  tapi rendang juga bisa terbuat dari tahu tempe. Lalu rasanya seperti apa? Tentu saja rendang tahu tempe cita rasanya tak kalah lezat dengan rendang daging karena bumbu rempah yang digunakan sama saja.

 

2. Opor Tahu Tempe


Sumber: rasasayage.co.id


Kuliner yang ini selalu muncul pada perayaan hari besar di Indonesia. Opor merupakan kuliner berkuah santan yang biasanya terbuat dari daging ayam, tapi ada juga opor yang terbuat dari tahu tempe. Biasanya opor tahu tempe ditambahkan telur rebus dan kentang di dalamnya sehingga cita rasanya kuahnya jadi lebih gurih dan sedap. Opor tahu tempe lebih sedap jika disantap dengan ketupat atau lontong dan taburan bawang merah goreng.

 

3. Balado Tahu Tempe


Sumber: resepkoki.id


Sebagian besar masyarakat Indonesia sangat suka kuliner yang bercita rasa pedas, tak heran jika olahan balado banyak disukai. Sebut saja dendeng balado, tuna balado, telur balado, hingga tahu tempe balado yang tak kalah digemari. Tempe dan tahu yang digunakan untuk balado harus digoreng setengah matang terlebih dahulu, baru kemudian dicampur dengan bumbu balado. Balado tahu tempe sangat pas disantap dengan nasi putih hangat.

 

4. Tahu Tempe Bacem


Sumber: resepcaramasak.com


Kalau kamu tak suka kuliner pedas, ada olahan tahu tempe bacem yang tak kalah lezatnya dari ayam bacem. Tahu tempe bacem sering kamu jumpai sebagai kuliner pendamping makanan Jawa Tengah seperti pada nasi gudeg dan nasi gandul. Kamu juga bisa menjumpainya di angkringan. Seperti olahan bacem lainnya, tahu tempe bacem diolah dengan campuran gula merah, air kelapa, dan bumbu rempah lain sehingga citarasanya manis legit dan gurih.

 

5. Semur Tahu Tempe


Sumber: sajiansedap.grid.id


Olahan semur yang paling terkenal adalah semur daging sapi yang disantap bersama dengan nasi uduk. Semur tak hanya enak menggunakan daging sapi saja, tapi juga enak jika dibuat dari tahu tempe. Aroma semur sangat wangi karena ada banyak rempah-rempah yang digunakan. Semur tahu tempe ini tak hanya cocok untuk dipadukan dengan nasi uduk, tapi juga ketupat sayur, hingga nasi kuning.

 

Enak-enak bukan kuliner khas Indonesia. Kamu mau mencobanya langsung? Bagaimana kalau mampir ke salah satu restoran yang ada di bawah ini!

Remboelan

Foto Remboelan
Foto Remboelan
Foto Remboelan

Padang Merdeka

Foto Padang Merdeka
Foto Padang Merdeka
Foto Padang Merdeka

Namaaz Dining

Foto Namaaz Dining
Foto Namaaz Dining
Foto Namaaz Dining

Senyum Indonesia

Foto Senyum Indonesia
Foto Senyum Indonesia
Foto Senyum Indonesia

Kafe Betawi

Foto Kafe Betawi
Foto Kafe Betawi
Foto Kafe Betawi

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?