Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Tak Perlu Dibuang, Putih Telur Bisa Kamu Jadikan Olahan Ini

List Artikel
26 Juni 2020 | 0 Komentar

Telur menjadi salah satu sumber protein yang banyak digunakan pada kuliner, tak terkecuali pada cake atau kue. Ketika kita membuat kue, biasanya kuning telur yang paling dibutuhkan karena kunig telur memiliki kadar lemak yang dapat menyatukan bahan-bahan lainnya. Ditambah lagi, kuning telur memberikan warna kuning alami pada kue, membuat tekstur kue semakin lembut, dan juga menjadikan cita rasa kue jadi enak. Tapi ketika menggunakan hanya kuning telur, lantas dikemanakan putih telurnya? Jika masih ada sisanya, jangan langsung dibuang karena putih telur juga bisa olah menjadi aneka olahan lezat seperti di bawah ini!  


1. Icing Sugar



Sumber: Livewellbakeoften.com


Olahan yang dibuat dari putih telur pertama adalah icing sugar. Icing sugar merupakan hiasan yang biasanya digunakan untuk melapisi kue kering. Untuk membuat icing sugar, kamu membutuhkan gula halus yang dicampur dengan putih relur, air, perasan jeruk lemon, dan pewarna makanan. Ciri khas dari icing sugar ini adalah teksturnya yang mudah mengeras setelah diletakkan di atas kue. Selain itu, icing sugar punya warna-warni yang cerah dan menarik.

 

2. Mousse



Sumber: Ihearteating.com


Kedua ada mousse yang dibuat dari campuran putih telur, gula pasir, terigu, susu bubuk, susu cair, mentega, gelatin, dan air. Tekstur dari mousse sangat lembut dan lumer saat di mulut. Ada banyak jenis mousse tergantung dari bahan tambahannya, tapi yang paling terkenal adalah chocolate mousse. Selain chocolate mousse ada fruit mousse yang di dalamnya terdapat buah-buahan segar.


3. Mayonaise



Sumber: Womantalk.com


Berikutnya ada mayonaise yang sebenarnya dibuat dari bahan dasar kuning telur, tapi kamu juga bisa menggantinya dengan putih telur supaya bisa rendah kalori. Cara pembuatannya sangat mudah, kamu tinggal mencampur putih telur, perasan lemon, mustard, garam, dan minyak menjadi satu hingga teksturnya kental dan warnanya menjadi putih susu. Mayonaise putih telur ini sangat cocok untuk orang-orang yang sedang diet.


4. Tempura



Sumber: Tokopedia.net


Suka tempura? Tempura merupakan salah satu kuliner khas Jepang yang dibuat dengan cara digoreng hingga garing. Tempura ini bisa dibuat dari bahan dasar seafood seperti udang, tapi juga bisa dibuat dari sayur-sayuran. Sebelum digoreng, bahan dasar ini dicelupkan dalam adonan tepung yang di dalamnya bisa dicampur dengan putih telur. Jika menggunakan putih telur, maka hasil dari tempura akan jadi lebih garing dan renyah.  


5. Souffle Omelet



Sumber: Seriouseats.com


Terakhir ada souffle omelet yang merupakan salah satu olahan putih telur yang punya tekstur unik karena berbeda dengan omelet kebanyakan. Souffle omelet ini punya tekstur yang sangat lembut seperti kapas karena dibuat dari putih telur yang dikocok hingga mengembang, barulah dimasak di atas panfry. Jika ingin mencicip souffle omelet, maka kamu harus segera menyantapnya ketika masih panas agar tekstur fluffy-nya masih terasa.


Itu dia beberapa olahan putih telur yang bisa kamu eksplore di rumah, jadi kamu jangan buang putih telur lagi ya!

Marugame Udon

Foto Marugame Udon
Foto Marugame Udon
Foto Marugame Udon

Sushi Tei

Foto Sushi Tei
Foto Sushi Tei
Foto Sushi Tei

Cakekinian

Foto Cakekinian
Foto Cakekinian
Foto Cakekinian

Serasa Salad Bar

Foto Serasa Salad Bar
Foto Serasa Salad Bar
Foto Serasa Salad Bar

Cakeart

Foto Cakeart
Foto Cakeart
Foto Cakeart

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?