Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Tak Pernah Absen, 5 Takjil Kaki Lima Ini Pasti Selalu Muncul Saat Ramadhan

List Artikel
22 Mei 2018 | 0 Komentar

Bulan Ramadhan telah tiba. Bagi umat muslim, saat bulan Ramadhan, mereka harus berpuasa selama satu bulan penuh. Bulan Ramadhan ini tentunya disambut dengan gembira oleh para teman PergiKuliner karena seperti yang kamu tahu, akan ada kuliner-kuliner tertentu yang pasti muncul pada saat Ramadhan. Kuliner yang pasti muncul ini biasanya adalah kuliner untuk berbuka puasa atau yang lebih dikenal dengan nama takjil oleh masyarakat Indonesia. Kebanyakan takjil ini memiliki cita rasa yang manis dan menyegarkan karena dalam ajaran Islam, ketika berpuasa kamu dianjurkan untuk berbuka dengan yang manis. Coba deh kamu perhatikan, 5 takjil kaki lima ini pasti muncul saat Ramadhan, yaitu:


1. Kolak


Sumber: pegipegi.com 


Kuliner pertama yang sangat lekat dengan takjil di bulan Ramadhan adalah kolak. Kolak merupakan kuliner berkuah yang bercitarasa gurih dan manis karena di dalamnya diberi santan dan gula aren atau gula merah. Aromanya sangat wangi, bukan hanya karena adanya santan saja, tapi karena penggunaan daun pandan dan vanili. Ada banyak sekali jenis kolak yang ada di Indonesia tergantung dari bahan dasar yang digunakan seperti kolak pisang, kolak singkong, kolak ubi, kolak labu, kolak durian, kolak kolang kaling, dan masih banyak lagi.


2. Es blewah dan timun suri


Sumber:  lifestyle.kompas.com


Selanjutnya ada es blewah dan timun suri. Percaya atau tidak, selain di bulan Ramadhan, kamu tidak akan menemukan es yang menyegarkan ini karena blewah dan timun suri hanya ditanam dan dipanen saat bulan Ramadhan saja. Blewah dan timun suri memiliki kadar air yang sangat tinggi dan bisa mendinginkan tubuh sehingga cocok untuk dijadikan takjil. Blewah dan timun suri yang sudah diserut tipis-tipis disajikan bersama dengan batu es, sirup, dan susu kental manis. 

 

3. Es Buah


Sumber: travelingyuk.com


Selain es blewah dan timun suri, ada es buah yang keberadaannya semakin menjamur ketika bulan Ramadhan. Sesuai dengan namanya, es buah merupakan minuman dingin yang terbuat dari buah-buahan seperti apel, semangka, melon, nanas, strawberry, pepaya, mangga, dan masih banyak lagi. Buah-buahan ini dipotong kecil-kecil lalu diberi es serut, susu kental manis, dan sirup merah sehingga warnanya jadi lebih cantik dan menarik. Biasanya es buah ini dijual oleh pedagang kaki lima gerobak di depan minimarket.

 

4. Es Kelapa


Sumber: vebma.com 


Kelapa dikenal kaya sebagai buah yang airnya bisa menggantikan cairan tubuh dan menambah tenaga. Saat bulan Ramadhan, es kelapa bisa disajikan dengan berbagai macam bahan, mulai dari diberi tambahan gula merah cair, jeruk peras, sirup, dan juga susu kental manis. Penambahan berbagai macam bahan ini membuat citarasa es kelapa jadi lebih bervariasi.

 

5. Asinan


Sumber: pergikuliner.com


Meski bukan termasuk kuliner bercitarasa manis, asinan bisa kamu jumpai dengan mudah saat bulan Ramadhan. Baik itu asinan buah maupun asinan sayur dijual dalam bentuk kemasan plastik. Untuk asinan sayur terdiri dari tahu putih, tauge, sawi hijau, wortel, dan juga kubis. Sedangkan untuk asinan buah terbuat dari bengkoang, kedondong, nanas, jambu air, mangga muda, dan buah-buahan tropis lainnya.


Nah! Itu dia takjil yang nggak pernah absen saat bulan Ramadhan. Kamu jadi kepingin beli makanan diatas untuk buka puasa nanti? Langsung aja langkahkan kaki kamu ke tempat-tempat di bawah inI!

Rujak Juhi & Asinan Betawi Pak Tata

Foto Rujak Juhi & Asinan Betawi Pak Tata
Foto Rujak Juhi & Asinan Betawi Pak Tata
Foto Rujak Juhi & Asinan Betawi Pak Tata

Asinan Sedap Gedung Dalam Bogor

Foto Asinan Sedap Gedung Dalam Bogor

Es Campur Ko Acia

Foto Es Campur Ko Acia
Foto Es Campur Ko Acia

Pisang Madu Manja

Foto Pisang Madu Manja

Es Teler Sumatera Aho

Foto Es Teler Sumatera Aho

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?