Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Tak Suka Kopi? Cara-cara Ini Mungkin Bisa Membuat Kamu Menyukai Kopi

List Artikel
22 November 2018 | 0 Komentar

Kopi menjadi minuman yang sangat terkenal seantero dunia. Tapi meskipun minuman ini populer, faktanya tidak semua orang menyukai minuman yang satu ini. Beberapa orang cenderung tidak menyukainya karena tidak suka ikut tren, tidak sesuai dengan selera mereka, rasanya yang pahit, takut tidak bisa tidur setelah minum kopi, lambung yang menjadi kembung setelah minum kopi dan berbagai macam alasan lainnya. Sebenarnya alasan-alasan tersebut bisa disikapi agar kamu bisa menyukai kopi lho. Lalu bagaimana caranya? Simak yuk penjelasan di bawah ini!



Sumber : Pergikuliner.com


1. Mengetahui Manfaatnya

Cara yang pertama adalah dengan mengetahui terlebih dahulu manfaat dari minum kopi. Kopi adalah minuman kedua setelah teh yang memiliki banyak manfaat lho untuk tubuh. Manfaat yang paling dirasakan oleh banyak orang adalah membuat tubuh lebih segar dan tidak mudah mengantuk karena dalam kopi terdapat kandungan kafein yang tinggi. Selain itu, kopi juga bisa membuat kamu lebih tenang dan rileks karena aroma wangi dari kopi. Tidak hanya itu saja, manfaat dari kopi juga bisa bisa meningkatkan kinerja otak dan menjaga metabolisme tubuh agar jadi lebih fit karena kopi mengandung antioksidan yang baik. Itulah mengapa orang lebih suka minum kopi di pagi hari.


2. Belajar Cara Membuatnya

Cara yang kedua yaitu cara membuatnya. Agar dapat menjadi minuman yang lezat untuk diminum, kopi harus melewati beberapa tahapan terlebih dahulu, mulai dari menyangrai biji kopi, menggiling biji kopi, hingga menyeduhnya dan mencampurkannya dengan berbagai bahan tambahan sehingga cita rasanya jadi lebih bervariasi. Meskipun ada banyak tahapan dan metode yang digunakan, tapi proses membuat kopi ini sangat menyenangkan sehingga banyak dibuka kursus membuat kopi alias menjadi barista dalam satu hari.


3. Mencoba Semua Varian Kopi

Salah satu alasan orang tidak menyukai kopi adalah karena rasanya yang pahit. Padahal kamu bisa menambahkan berbagai bahan tambahan yang bisa menghilangkan rasa pahit tersebut. Oleh karena itu, cobalah semua jenis varian kopi mulai dari kopi yang berat ke ringan seperti espresso, cold brew, americano, picollo, latte, moccachino, cappucino, hingga es kopi susu kekinian. Dengan mencoba semua varian kopi tersebut, kamu pasti akan menemukan jodoh kopi yang tepat untukmu.


4. Mengetahui Jenis dan Karakter Biji Kopi

Selain mencoba varian kopi, kamu juga bisa mengetahui jenis dan karakter kopi terlebih dahulu karena meskipun dibuat menjadi varian yang sama, tetapi jika biji kopi yang digunakan berbeda, maka cita rasanya juga pasti akan berbeda. Misalkan saja latte yang dibuat dari biji kopi Java Arabica pasti rasanya akan lebih ringan dibanding latte yang dibuat dari biji kopi Kalosi Toraja. Jadi kenali karakter kopi seperti body (tekstur), acidity (keasaman), dan aftertaste-nya ya.


Jika tidak mau pusing, biasanya pada kemasan biji kopi atau kopi bubuk ada keterangan yang bisa kamu baca atau kamu bisa menanyakannya kepada barista yang ada di kedai kopi. Biasanya mereka akan menjelaskan kepadamu biji kopi apa yang digunakan. Cara ini dinilai lebih ampuh karena dengan begitu kamu bisa memahami kopi apa yang ingin kamu rasakan. Contohnya jika lambungmu sangat sensitif, maka kamu bisa memilih kopi yang tingkat acidity-nya rendah.


Sekarang kamu sudah tahu kan bagaimana cara mencintai kopi? Dengan memperhatikan hal-hal di atas tadi bisa membuat kamu setidaknya tidak menghindari kopi lagi lho. Nah, bagaimana kalau setelah membaca artikel ini, kamu mampir dulu ke salah satu kedai kopi di bawah ini untuk menyeruput kelezatan kopi mereka. Pasti semakin cinta deh!

Cyclo Coffee & Apparel

Foto Cyclo Coffee & Apparel
Foto Cyclo Coffee & Apparel
Foto Cyclo Coffee & Apparel

Hygge Coffee

Foto Hygge Coffee
Foto Hygge Coffee
Foto Hygge Coffee

Doma Dona Coffee

Foto Doma Dona Coffee
Foto Doma Dona Coffee
Foto Doma Dona Coffee

Six Ounces Coffee

Foto Six Ounces Coffee
Foto Six Ounces Coffee
Foto Six Ounces Coffee

Dua Coffee

Foto Dua Coffee
Foto Dua Coffee
Foto Dua Coffee

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?