Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Tampil Beda, Inilah 5 Roti Panggang Nikmat dari Seluruh Dunia

List Artikel
9 Februari 2020 | 0 Komentar

Roti panggang atau yang lebih dikenal dengan nama toast merupakan salah satu olahan roti tawar yang paling banyak disantap sebagai menu sarapan atau brunch. Roti panggang dipilih karena mudah dan cepat membuatnya. Kamu hanya perlu memanggang roti, bisa dengan alat pemanggang roti khusus atau dipanggang di atas teflon. Setelah dipanggang, teksturnya akan menjadi lebih garing dan renyah. Ditambah lagi, roti panggang punya aroma yang terbilang sangat wangi. Hal ini dikarenakan roti pada dasarnya punya kandungan gula di dalamnya sehingga ketika dipanggang akan mengalami proses karamelisasi. Menjadi kuliner yang banyak disantap di pagi hari, roti panggang ternyata punya beberapa varian yang berbeda tergantung dari negara asalnya. Coba kita lihat ada varian roti panggang apa saja yuk!

 

1. French Toast dari Perancis



Sumber : Thespruceeats.com


Roti panggang nikmat yang paling populer di dunia adalah french toast yang asalnya dari Perancis. French toast ini sangat populer karena memiliki cita rasa yang lezat serta tekstur yang unik. Cita rasa french toast terbilang cukup gurih dan asin. Sementara untuk teksturnya garing dan renyah di bagian pinggir, tapi lembut pada bagian tengahnya. French toast dibuat dari bahan dasar roti tawar yang dicelupkan dalam adonan susu dan telur lalu dipanggang dengan mentega. French toast disajikan bersama dengan taburan gula halus atau madu dan buah-buahan segar.

 

2. Fettunta dari Italia



Sumber : Cookaround.com


Fettunta adalah roti panggang khas Italia, tepatnya dari daerah Tuscany. Aromanya sangat wangi karena menggunakan bawang putih dan minyak zaitun sebagai campurannya. Nantinya setelah matang, roti panggang disajikan dengan beragam topping seperti keju, tomat, daging, dan lain sebagainya tergantung dari seleramu. Banyak orang yang menyamakan fettunta ini dengan garlic bread karena sama-sama menggunakan bawang putih.

 

3. Zapienkanka dari Polandia



Sumber : Kraftfoods.com


Zapienkanka merupakan roti panggang khas Polandia yang termasuk dalam jajaran street food populer di sana. Berbeda dari roti panggang lainnya yang menggunakan roti tawar, zapienkanka ini menggunakan roti baguette. Cara membuatnya adalah dengan membelah baguette lalu pada bagian atasnya ini diberi jamur dan keju lalu dipanggang hingga roti berwarna kecoklatan dan kejunya lumer. Nantinya setelah matang, kamu bisa menyantapnya bersama dengan saus tomat.

 

4. Dulce De LecheToast dari Argentina



Sumber : Wisatakuliner.org


Dulce de leche toast, mendengar namanya mungkin sangat asing bagi masyarakat Indonesia. Dulce del eche toast adalah roti panggang dari Argentina yang dipanggang dengan olesan saus dulce de leche. Saus ini dibuat dari bahan dasar susu dan gula yang dipanaskan hingga menjadi karamel. Pastinya cita rasa roti panggang Argentina ini sangat cocok untuk kamu yang suka kuliner manis.

 

5. Kaya Toast dari Singapura dan Malaysia



Sumber: tastemade.com


Terakhir ada kaya toast yang sebenarnya tidak diketahui asalnya dari Singapura atau Malaysia. Tapi pastinya kaya toast ini banyak dijumpai di kedua negara tersebut. Kaya toast adalah roti panggang yang di dalamnya terdapat isian selai srikaya. Selai srikaya ini dibuat dari bahan dasar srikaya, santan kelapa, gula pasir dan telur. Cita rasanya sudah pasti creamy dan gurih. Kaya toast ini selalu disajikan bersama dengan telur setengah matang.

 

Lezat-lezat bukan roti panggang di atas? Dari kelimanya ini, kamu lebih suka menyantap roti panggang dari daerah mana saja nih? Jika ingin menyantap aneka roti panggang lainnya, kamu bisa datangi salah satu tempat di bawah ini ya!

Jiwa Toast

Foto Jiwa Toast
Foto Jiwa Toast
Foto Jiwa Toast

Onbbit Toast

Foto Onbbit Toast
Foto Onbbit Toast

Malacca Toast

Foto Malacca Toast
Foto Malacca Toast

Ohayou! Cheese Toast

Foto Ohayou! Cheese Toast
Foto Ohayou! Cheese Toast
Foto Ohayou! Cheese Toast

Toast Box

Foto Toast Box

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?