Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Telur Ayam Cokelat vs Putih, Apa yang Membuatnya Berbeda?

List Artikel
26 Juli 2017 | 0 Komentar

Telur ayam menjadi salah satu bahan makanan yang paling banyak digemari karena telur ayam bisa disantap dengan cara digoreng, direbus, hingga dijadikan campuran makanan lainnya seperti dijadikan kue hingga aneka lauk-pauk yang paling cocok disantap dengan nasi panas. Buat yang sangat suka menyantap telur ayam, tahukah kamu kalau ada dua jenis warna yang dimiliki telur ayam, yakni telur ayam cokelat dan telur ayam putih. Di antara keduanya apa yang membedakan? Mari kita simak penjelasannya!



Sumber : food.ndtv.com 


1. Jenis Ayam

Jika dilihat dari jenis ayamnya, telur ayam cokelat merupakan telur yang berasal dari ayam negeri dengan daun telinga berwarna merah sementara telur ayam putih berasal dari ayam kampung yang memiliki daun telinga berwarna putih. Ayam negeri lebih dikenal sebagai ayam petelur sehingga bentuk telurnya lebih besar dan bulat dibanding telur ayam kampung yang lebih kecil dan oval.

 

2. Nutrisi

Jika dilihat dari segi nutrisinya, telur ayam cokelat dan telur ayam putih sama-sama memiliki nutrisi yang kaya. Walaupun ada perbedaan nutrisi, itu pun hanya kecil saja. Telur ayam putih diketahui memiliki kandungan omega 3 yang sedikit lebih tinggi dibanding telur ayam cokelat. Selain itu, kadar protein, kalsium, zat besi, dan mineralnya tetap sama.  

 

3. Cita Rasa

Banyak orang yang menganggap kalau cita rasa telur ayam cokelat lebih enak dibanding telur ayam putih, begitu juga sebaliknya. Tapi ternyata keduanya memiliki cita rasa yang tak jauh berbeda jika kamu memasaknya dengan cara yang sama. Perbedaannya hanya terletak pada kuning telurnya saja. Kuning telur pada telur ayam putih lebih besar dibanding dengan kuning telur pada telur ayam cokelat sehingga rasa kuning telurnya jadi lebih terasa.

 

4. Penggunaan

Jika dilihat dari cara penggunaannya, telur ayam cokelat lebih banyak digunakan dalam dunia kuliner dalam bentuk matang, baik itu direbus atau digoreng hingga dicampur dengan aneka bahan menjadi masakan. Sementara telur ayam putih lebih banyak digunakan secara mentah untuk dijadikan campuran jamu atau minuman kesehatan. Tapi selain dijadikan campuran jamu, telur ayam putih juga sangat enak digoreng begitu saja.

 

5. Harga

Dari harganya, telur ayam cokelat memiliki harga yang lebih murah dibanding telur ayam putih karena telur ayam cokelat berasal dari ayam petelur sehingga jumlahnya lebih banyak dan lebih mudah ditemukan jika dibandingkan dengan telur ayam putih yang berasal dari telur ayam kampung. Telur ayam putih lebih banyak dijual di pasar tradisional dibanding pasar swalayan atau pasar modern.

 

Sekarang kamu sudah tahu khan perbedaan telur ayam cokelat dan telur ayam putih. Jadi ingin menyantap telur? Yuk, mampir ke salah satu restoran yang menyajikan menu telur enak di bawah ini!

Sunny Side Up

Foto Sunny Side Up
Foto Sunny Side Up
Foto Sunny Side Up

Coco Ichibanya

Foto Coco Ichibanya
Foto Coco Ichibanya
Foto Coco Ichibanya

Benedict

Foto Benedict
Foto Benedict
Foto Benedict

Spumante

Foto Spumante
Foto Spumante
Foto Spumante

Maple & Oak

Foto Maple & Oak
Foto Maple & Oak
Foto Maple & Oak

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?