Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Temukan 7 Penyajian Kopi Unik yang Ada di Nusantara

List Artikel
14 Maret 2019 | 0 Komentar
Kopi menjadi salah satu minuman yang paling digemari di Indonesia. Hampir sebagian besar masyarakat Indonesia meminum kopi setiap harinya. Populernya kopi di Indonesia dikarenakan dua hal, yakni karena harganya yang sangat terjangkau karena kamu bisa dengan mudah mendapatkan minuman ini di Indonesia. Sedangkan alasan yang kedua adalah kopi disajikan dengan beragam cara penyajian yang berbeda-beda. Rasanya masing-masing daerah yang ada di Indonesia punya ciri khas penyajian yang berbeda sehingga cita rasanya juga berbeda. Dari sekian banyak penyajian kopi unik yang ada di nusantara ini, ada tujuh yang menjadi favorit, yaitu:

1. Kopi Khop


Sumber : Cikopi.com

 

Penyajian kopi unik yang pertama bisa kita temukan di Aceh. Ada kopi yang disajikan dengan cara dibalik gelasnya. Kopi ini dinamakan kopi khop yang menyajikan kopi dengan gelas terbaik yang di bawahnya diberi piring kecil. Nantinya kopi akan merembes keluar secara perlahan-lahan dan kamu bisa mulai menyeruputnya. Biasanya ada sedotan yang disediakan supaya kamu bisa meminumnya dari bibir gelas.

2. Kopi Takar



Sumber : Wowkeren.com

 

Mandailing memang terkenal akan biji kopinya. Tapi selain itu ternyata Mandailing juga terkenal akan sajian kopinya yang unik. Ada kopi takar yang disajikan dalam wadah batok kelapa dengan batang kayu manis yang berfungsi sebagai sedotannya. Aroma dari kopi takar sangat wangi karena pengaruh dari batok kelapa dan kayu manis. Ditambah lagi adanya gula aren yang ditambahkan di dalamnya.

 

3. Kopi Kawa



Sumber : Dongengkopi.id


Tak hanya daerah Mandailing saja yang punya sajian kopi unik dengan batok kelapa, tapi daerah Bukittinggi di Sumatera Barat juga menjadikan batok kelapa sebagai wadah minum kopi. Keunikan bukan hanya dari wadahnya saja nih, tapi yang dijadikan kopi justru daun kopinya yang disangrai, ditumbuk dan diseduh. Kamu kebayang tidak bagaimana cita rasanya?

 

4. Kopi Kasar


Sumber : Instagweb.com


Melihat tampilannya saja kamu pasti akan langsung terpana karena kopi yang berasal dari Gresik ini memiliki tampilan layer yang sangat cantik sehingga membuat kamu sayang-sayang untuk meminumnya. Sesuai dengan namanya, kopi Gresik ini merupakan kopi yang biji kopinya tidak digiling halus alias masih kasar sehingga saat diseduh akan naik ke permukaan. Saat akan meminumnya kamu harus mengetuk-ngetuk bagian tengahnya agar biji kopi bisa turun ke bawah.

 

5. Kopi Joss



Sumber : Amazonaws.com


Kamu sendiri pasti sudah sangat familiar dengan kopi yang berasal dari daerah Yogyakarta ini. Kopi joss merupakan kopi yang disajikan dengan sebongkah arang panas. Ketika arang panas bertemu dengan kopi, maka akan mengeluarkan bunyi "joss", inilah yang membuatnya disebut dengan nama kopi joss. Kopi joss memiliki aroma yang unik dengan perpaduan aroma arang dan kopi yang bercampur menjadi satu.

6. Kopi Rarobang



Sumber : Instafoodmaluku.wordpress.com


Beralih ke daerah Ambon yang memiliki kopi dengan penyajian yang unik karena dicampur dengan irisan jahe, tebu, dan kenari sehingga dari tampilannya bukan tampak seperti kopi melainkan wedang jahe. Berhubung dicampur dengan banyak bahan campuran, maka cita rasanya akan berubah menjadi ada rasa sedikit rasa pedasnya dari jahe, manis dari tebu dan nutty dari kenari.

 

7. Kopi Durian



Sumber : Kompas.com


Terakhir ada kopi durian yang asalnya berasal dari daerah Lampung. Sesuai dengan namanya, kopi durian diberi campuran potongan durian di dalamnya. Jenis kopi yang digunakan haruslah jenis kopi robusta dan buah durian yang digunakan harus yang memiliki rasa manis karena kopi durian tidak ada tambahan gula di dalamnya. Saat ini kopi durian tidak hanya bisa ditemukan di Lampung saja karena sudah banyak kedai kopi di Indonesia yang menjualnya.
 
Itu dia tujuh macam penyajian kopi unik yang ada di Nusantara, cukup banyak ya ternyata? Bagi kamu yang sangat menyukai kopi dan cukup tergoda setelah membaca artikel ini, kamu bisa langsung mampir ke salah satu referensi tempat ngopi di bawah ini ya teman PergiKuliner!

Cyclo Coffee & Apparel

Foto Cyclo Coffee & Apparel
Foto Cyclo Coffee & Apparel
Foto Cyclo Coffee & Apparel

Anomali Coffee

Foto Anomali Coffee
Foto Anomali Coffee
Foto Anomali Coffee

Calibrate Coffee

Foto Calibrate Coffee
Foto Calibrate Coffee
Foto Calibrate Coffee

Six Ounces Coffee

Foto Six Ounces Coffee
Foto Six Ounces Coffee
Foto Six Ounces Coffee

Hours Coffee & More

Foto Hours Coffee & More
Foto Hours Coffee & More

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?