Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ternyata Kue Dango Ada Banyak Jenisnya Lho, Intip Yuk!

List Artikel
16 Juni 2019 | 0 Komentar
Makanan penutup atau kudapan cemilan khas Jepang yang satu ini memiliki cita rasa nikmat dan memiliki bentuk yang lucu. Kue dango merupakan kue khas Jepang yang berbentuk bulat seperti bola yang berbahan dasar tepung beras ketan yang kenyal saat dimakan. Kue dango biasanya diolah dengan cara dikukus ataupun direbus di dalam air mendidih. Memiliki cita rasa yang manis serta tampilannya yang berwarna warni ini sangat populer bagi pecinta kuliner Jepang yang biasanya disantap sebagai teman minum teh. Kue dango bisa dijumpai di berbagai gerai toko kue jajanan khas makanan Jepang, sehingga kamu bisa kapan saja membelinya. Di Jepang, biasanya kue dango dihidangkan atau disajikan saat perayaan musim tertentu saja atau sebagai tanda ucapan selamat atas pencapaian sesuatu sehingga kue dango memiliki banyak jenis. Apa saja ya jenis-jenis kue dango tersebut? Yuk kita intip jenis-jenisnya!

Hanami Dango


Sumber : Derivejapan.weebly.com



Jenis dango yang pertama bernama hanami dango, salah satu dango terpopuler dan terfavorit di Jepang. Hanami dango biasanya disajikan seperti sate dan berbentuk bola-bola kecil yang setiap tusuknya terdiri dari tiga warna, yaitu hijau, putih dan merah. Hanami dango biasanya disajikan saat musim semi, ketika bunga sakura berguguran. Momen inilah saat yang tepat untuk menyantap hanami dango, karena cita rasa hanami dango memiliki rasa yang kenyal serta manis dan juga terdapat isian berupa kacang-kacangan, seperti kacang merah atau kacang tanah manis yang ditumbuk halus. Biasanya kudapan ini dinikmati bersama teh hijau atau matcha.

Goma Dango


Sumber : 196flavors.com


Bentuk dan tampilan dari salah satu jenis dango ini memang sangat mirip dengan kue khas Indonesia loh, yaitu onde-onde. Goma dango memang mirip dengan onde-onde, yang juga memiliki isian di dalamnya yang memiliki cita rasa manis serta taburan wijen di bagian luarnya. Namun perlu kamu ketahui, goma dango dan onde-onde memiliki perbedaan yang terletak dari isian toppingnya. Onde-onde memiliki isian berupa kacang hijau halus, sedangkan goma dango memiliki isian berupa kacang merah halus. Cara membuatnya pun juga hampir sama dengan membuat jenis dango pada umumnya yang cukup mudah.

 

Kinako Dango


Sumber : Thisis-japan.com


Kinako dango merupakan salah satu jenis dango yang sangat mudah untuk dibuat di rumah karena bahan dasarnya mudah untuk didapatkan karena dijual di supermarket. Sama halnya dengan jenis dango lainnya, kinako dango cukup menggunakan bahan adonan tepung beras yang dibentuk bulat, kemudian adonan tersebut dikukus atau direbus selama beberapa menit lalu angkat dan sajikan dengan ditaburi tepung kedelai di atasnya.  Kinako dango memiliki cita rasa yang manis dan gurih serta bertekstur kenyal yang dapat membuat kamu tidak dapat berhenti memakannya alias ketagihan.

 

Shiratama Dango


Sumber : Chopstickchronicles.com


Shiratama dango yang terbuat dari tepung beras ketan ini biasanya memiliki tampilan berwarna putih tanpa diberi isian topping atau dilumuri saus. Akan tetapi shiratama dango bisa juga dikreasikan dengan warna lain atau menambahkannya dengan jus buah, teh hijau, bahkan adonan isian dengan wijen hitam sehingga kamu dapat menikmati shiratama dango dengan variasi yang berbeda-beda. Biasanya orang Jepang menghidangkan shiratama dango berwarna putih dan merah muda sebagai simbol sebuah perayaan tertentu dan juga ucapan selamat.

Kibi Dango


Sumber : Japan-brand.jnto.go.jp


Jenis dango yang terakhir adalah kibi dango. Kibi dango awalnya terkenal didaerah asalnya, Okayama. Akan tetapi sekarang kamu bisa menikmatinya di seluruh wilayah Jepang, karena sudah banyak toko kue yang menjajakan dango tersebut sehingga kamu mudah untuk menemukan dan membelinya.  Biasanya kibi dango dijual dengan tiga jenis rasa, yaitu rasa manis gula original, teh hijau, dan buah peach atau persik. Kibi dango sangat lezat disantap sebagai makanan penutup ataupun teman minum teh bersama teman maupun kerabat.
 
Dari jenis dango di atas, manakah yang paling kamu sukai dan pernah kamu makan? Nah, selain dango, masih ada lagi lho kue-kue Jepang lainnya yang juga nikmat dan perlu kamu coba. Intip dulu yuk!

Amausaan Uji Matcha

Foto Amausaan Uji Matcha
Foto Amausaan Uji Matcha
Foto Amausaan Uji Matcha

Tsujiri

Foto Tsujiri
Foto Tsujiri
Foto Tsujiri

Sushi Tei

Foto Sushi Tei
Foto Sushi Tei

Koiyaki

Foto Koiyaki
Foto Koiyaki
Foto Koiyaki

Taiyaki Patisserie

Foto Taiyaki Patisserie
Foto Taiyaki Patisserie

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?