Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ternyata Saus Tomat Aslinya dari Asia Lho! Kamu Tahu?

List Artikel
23 Februari 2020 | 0 Komentar

Saus tomat menjadi salah satu jenis saus yang paling banyak digunakan pada makanan western. Coba saja kita perhatikan, rata-rata masakan western disajikan bersama dengan saus tomat, mulai dari burger, french fries, ayam goreng, lasagna, fish n chips, dan masih banyak lagi. Saus tomat memiliki perpaduan citarasa asam dan manis yang nikmat sehingga bisa membuat siapa saja ketagihan. Saus tomat dibuat dari bahan dasar tomat yang sudah dimasak dalam jangka waktu lama sehingga teksturnya menjadi hancur, lalu ditambahkan dengan aneka bumbu rempah, mulai dari bawang bombay, cengkeh, kayu manis, peterseli, garam, lada, cuka dan lain sebagainya. Meski saus tomat terkenal sebagai pendamping makanan western, tapi dibandingkan Eropa, saus tomat lebih identik dengan kuliner Amerika. Bahkan saus tomat sudah dilabeli sebagai salah satu kuliner khas Amerika. Hal ini dikarenakan Amerika menjadi negara yang memproduksi saus tomat terbesar di dunia. Ditambah lagi, hampir 90% masyarakat Amerika selalu menyiapkan saus tomat di lemari dapur mereka. Jadi tak heran kalau saus tomat dianggap berasal dari Amerika. Padahal sebenarnya saus tomat ini tidak berasal dari Amerika lho. Melainkan dari Vietnam, Asia Tenggara.



Sumber : Res.cloudinary.com


Saus Tomat Pertama Ditemukan di Vietnam

Saus tomat pertama kali ditemukan pada abad ke-17 di Vietnam dan yang menemukannya adalah orang Inggris. Pada saat itu saus tomat tidak dibuat dari bahan dasar tomat melainkan ikan yang telah difermentasikan. Hal ini bisa diperkuat dari adanya buku berjudul Ketchup in paste yang diterbitkan oleh Richard Bardley pada tahun 1732. Dalam buku tersebut ada resep saus tomat ala Vietnam. Setelah itu, masyarakat Inggris mulai membuat saus tomat ala mereka yang menggunakan campuran bahan utama jamur, walnut dan tiram. Lalu pada tahun 1812, James Mease kemudian menambahkan tomat ke dalam adonan saus tomat.

 

Lebih Dulu Masuk Negara Inggris

Jika kita merunut dari sejarahnya, saus tomat ini tak serta merta populer di Amerika begitu saja. Setelah dari Vietnam, saus tomat kemudian berkembang pesat di Inggris. Pantas saja, di Inggris ada beragam kuliner klasik yang dipadukan dengan saus tomat. Selain fish n chips, ada yokshire puding, bangers and mash, lancashire hotpot, dan masih banyak lagi. Setelah merambah Inggris, saus tomat kemudian menyebar di Amerika yang memang dibawa oleh orang Inggris saat datang ke Amerika.

 

Nama Ketchup Berasal dari Bahasa China

Berbeda dengan Indonesia, saus tomat di luar negeri disebut dengan nama ketchup. Di Indonesia sendia pelafalan ketchup justru mirip dengan pelafalan kecap yang merupakan saus manis yang terbuat dari kacang kedelai. Tapi tahukah kamu kalau kata ketchup ini asalnya dari bahasa China? Kata ketchup konon diambil dari kata ke-tsiap yang dalam bahasa China artinya air asin atau acar ikan. Meski demikian, nama ketchup memang dikenal sebagai saus tomat yang sudah mendunia.

 

Nah, dari penjelasan di atas kamu sudah tahu bukan kalau saus tomat memang asalnya dari Asia. Tetapi keberadaannya justru lebih populer di Amerika sehingga lebih dikenal sebagai salah satu kuliner klasik khas negeri Paman Sam. Semoga informasi di atas bisa menambah pengetahuan kulinermu ya! Jika kamu lapar setelah membaca artikel ini, kamu bisa segera melipir ke salah satu restoran di bawah ini ya!

Osteria Gia

Foto Osteria Gia
Foto Osteria Gia

Pizza Marzano

Foto Pizza Marzano
Foto Pizza Marzano
Foto Pizza Marzano

Soto Mie Bogor Kota Hujan Bang Alex

Foto Soto Mie Bogor Kota Hujan Bang Alex
Foto Soto Mie Bogor Kota Hujan Bang Alex

Soto Mie CC

Foto Soto Mie CC
Foto Soto Mie CC

Sambal Khas Karmila

Foto Sambal Khas Karmila
Foto Sambal Khas Karmila
Foto Sambal Khas Karmila

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?