Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Tiga Langkah Tepat Memilih Minuman Kopi yang Cocok Bagi Pemula

List Artikel
15 Januari 2021 | 0 Komentar

Kopi, siapa yang tak kenal dengan minuman terpopuler ini. Bagaimana tidak populer, kopi disukai oleh semua kalangan masyarakat, mulai dari orang tua hingga remaja. Cita rasa kopi yang khas dan aromanya yang wangi serta variannya yang sangat banyak membuat kita tak bosan mengonsumsinya. Tapi tahukah kamu kalau ternyata banyaknya varian kopi yang ada ini terkadang membuat bingung para penikmat kopi pemula alias orang-orang yang baru dalam dunia perkopian. Tak sedikit dari mereka yang matanya masih menjelajah buku menu selama beberapa menit tanpa bisa memutuskan minuman kopi apa yang cocok dengan selera mereka. Alangkah senangnya jika kita bisa tahu apa varian kopi yang diinginkan dan saat pesanan kopi tersebut datang, minuman kopi yang disajikan sesuai dengan ekspektasi kita. Supaya nantinya kamu bisa memilih minuman kopi yang cocok untuk pemula, cek dulu tiga langkah tepat yang harus kamu ikuti di bawah ini!



Sumber: Pergikuliner.com


1. Lebih Suka Kopi Manis atau Pahit?

Langkah pertama adalah kamu termasuk orang yang suka manis atau tidak? Selera lidah masing-masing orang berbeda-beda, ada yang cenderung lebih suka makanan yang manis-manis, tapi justru ada yang suka makanan gurih. Hal ini juga berlaku pada minuman kopi. Sebenarnya varian kopi secara garis besar terbagi menjadi dua, yakni yang memiliki rasa manis dan pahit. Kopi bercita rasa pahit, kebanyakan adalah jenis kopi hitam atau kopi original yang disajikan tanpa campuran apapun. Sementara kopi manis adalah kopi yang ada campuran gula atau krimnya seperti es kopi susu, cappuccino, flat white, latte, dan lain sebagainya. Tapi sebenarnya jika kamu penyuka manis dan tetap ingin menikmati kopi hitam, kamu tetap bisa menambahkan gula kok ke dalamnya. Hal yang terpenting saat akan memilih minuman kopi yang cocok untuk pemula adalah pilih antara kopi manis atau pahit.


2. Lebih Suka yang Rasa Kopinya Nendang atau Biasa?

Setelah tahu ingin kopi manis atau pahit, barulah kamu menentukan ingin kopi yang rasanya lebih nendang atau yang biasa. Langkah tepat dalam memilih kopi yang cocok untuk pemula ini tak boleh terlewatkan. Mengapa demikian? Ada orang yang cenderung suka cita rasa yang lebih tebal atau ringan serta nendang atau biasa. Pemilihan kopi nendang atau tidak ini akan mempengaruhi pesanan kopimu nanti. Sebagai contoh, jika kamu memilih kopi manis, saat memesan varian kopi yang espresso base pasti barista akan menanyakan apakah kamu ingin minumanmu single espresso atau double espresso. Single espresso akan memberikan rasa kopi yang light, sementara double espresso akan memberikanmu citarasa kopi yang sangat nendang. Pemilihan kopi nendang dan tidak juga bisa mempengaruhi pemilihan biji kopi yang digunakan karena ada biji kopi yang menghasilkan kopi dengan citarasa ringan, tapi ada juga biji kopi yang menghasilkan kopi dengan cita rasa tebal. Jadi pilihlah yang tepat untukmu.


3. Lebih Suka Kopi Panas atau Dingin?

Langkah terakhir dalam memilih minuman kopi yang cocok untuk pemula adalah pilihan antara kopi panas atau dingin. Kalau langkah ini sih pasti sangat mudah untukmu. Rata-rata orang cenderung akan mengonsumsi kopi dingin di siang dan sore hari, sementara kopi panas lebih banyak dikonsumsi pada pagi dan malam hari. Tapi sebenarnya hal tersebut tergantung dari seleramu. Jika sedang ingin kopi panas, maka minumlah kopi panas, begitu pula sebaliknya. Meski demikian, ada yang perlu kamu ketahui kalau ada beberapa varian kopi yang hanya cocok diminum saat panas atau dingin, misalkan saja es americano, espresso, dan lain sebagainya. Jika merasa bingung dalam memilih, kamu bisa mencoba untuk berkonsultasi atau bertanya dulu pada barista di kedai kopi yang kamu datangi


Nah, itu dia tiga langkah tepat memilih minuman kopi yang cocok bagi pemula. Buat teman kuliner yang baru ingin merambah dunia perkopian, artikel ini bisa banget loh dijadiin acuan buat kamu. PergiKuliner juga nggak cuma kasih saran-saran di atas aja nih, tapi PergiKuliner sudah siapkan deretan coffee shop kece yang bisa kamu datengin untuk minum kopi sendiri atau sama teman-teman kamu. Lebih enaknya lagi, kamu bisa kumpulin stamp pergikuliner berburu kopi di coffee shop-coffee shop ini loh. Untuk info tentang PergiKuliner Berburu Kopi & Minuman Kekinian selengkapnya bisa kamu cek di sini ya!

Kinari Coffee Shop

Foto Kinari Coffee Shop
Foto Kinari Coffee Shop
Foto Kinari Coffee Shop

Harlan + Holden Because Coffee

Foto Harlan + Holden Because Coffee
Foto Harlan + Holden Because Coffee
Foto Harlan + Holden Because Coffee

Lemari Kopi

Foto Lemari Kopi
Foto Lemari Kopi
Foto Lemari Kopi

Metropole Coffee

Foto Metropole Coffee
Foto Metropole Coffee
Foto Metropole Coffee

Chief Coffee

Foto Chief Coffee
Foto Chief Coffee
Foto Chief Coffee

Emji Coffee Bar

Foto Emji Coffee Bar
Foto Emji Coffee Bar
Foto Emji Coffee Bar

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?