Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Tiga Minuman Khas Papua yang Bikin Segar Saat Musim Kemarau

List Artikel
17 Mei 2020 | 0 Komentar

Papua memang sangat terkenal akan kekayaan alamnya yang indah. Tak heran kalau ada banyak sekali orang yang tertarik untuk berlibur ke Papua untuk melihat keindahan alamnya. Tapi agenda berwisata tersebut tentu saja tidak akan lengkap tanpa kulineran. Yup, bagi pecinta kuliner seperti kamu, pastinya ketika berwisata harus selalu mencicip kuliner khas dari tempat atau daerah tersebut. 

Nah, jika kamu berwisata ke Papua, ada beberapa kuliner yang bisa kamu santap seperti papeda, sagu lempeng, kue bagea, sambal colo-colo, kue lontar, dan masih banyak lagi. Lantas untuk minumannya ada apa saja? Ada tiga minuman khas Papua yang sangat cocok untuk dikonsumsi saat musim kemarau seperti saat ini. Yuk, lihat ada minuman khas Papua apa saja!


1. Es Matoa



Sumber : Republika.co.id


Minuman menyegarkan khas Papua yang pertama adalah es matoa. Matoa ini merupakan buah khas Papua yang memiliki banyak khasiat karena sangat tinggi kandungan antioksidannya. Buah matoa bisa mencegah penuaan dini, melancarkan pencernaan, mencegah hipertensi, mengontrol kadar gula, dan masih banyak lagi. Sesuai dengan namanya, es matoa ini terbuat dari buah matoa yang dipadukan dengan bahan-bahan tambahan lainnya seperti kolang-kaling, jelly, agar-agar, biji selasih, cincau hitam, dan lain sebagainya. Dengan banyaknya paduan isi di dalamnya ini membuat es matoa semakin sehat dikonsumsi karena tinggi vitamin C dan A. Es matoa ini sudah pasti memilik rasa manis manis dan asam sehingga bisa membuat sensasi menyegarkan di tenggorokan.


2. Sunset Papua



Sumber : Foodnesia.net 


Berikutnya ada sunset Papua yang sekilas tidak terlalu asing bagimu karena bahan-bahan yang digunakan ini sangat mudah ditemukan. Sunset Papua dibuat dari bahan utama jus jeruk dan jus wortel. Kenapa dinamakan sunset Papua alias matahari terbenam Papua? Hal ini dikarenakan tampilannya yang seperti matahari terbenam. Pada bagian bawahnya ada jus jeruk, sementara pada bagian atasnya ada jus wortel. Cita rasanya sudah pasti ada perpaduan asam dan segar. Jika ingin rasanya jadi lebih manis, kamu bisa menambahkan gula ke dalamnya.


3. Swansrai Papua



Sumber : GenPI.co


Terakhir ada swansrai Papua yang merupakan minuman fermentasi asal Papua. Swansrai ini dibuat dari bahan utama buah air kelapa yang sudah tua lalu difermentasikan dalam jangka waktu yang cukup lama. Berhubung minuman ini hasil fermentasi, maka sudah pasti di dalamnya akan terdapat kandungan alkohol. Swansrai memiliki kadar alkohol yang terbilang cukup tinggi dibandingkan dengan minuman tradisional beralkohol dari daerah lain di Indonesia. Bagaimana tidak, kadar alkoholnya ini bisa mencapai 30% lebih. Semakin lama minuman ini difermentasikan, maka semakin tinggi kadar alkoholnya. Jadi kalau ingin mengonsumsinya, kamu tidak boleh terlalu banyak meminumnya ya! Swansrai ini disajikan dalam batok kelapa sehingga sensasi tradisionalnya akan sangat berasa.


Itulah beberapa minuman khas Papua yang wajib kamu coba kalau berkunjung ke Negeri Cendrawasih. Menurut kamu, ada lagi nggak nih minuman khas Papua yang wajib dicoba selain ketiga minuman di atas? Komen di bawah ya!

Kopi Kanto

Foto Kopi Kanto
Foto Kopi Kanto
Foto Kopi Kanto

Yatta Coffee

Foto Yatta Coffee
Foto Yatta Coffee
Foto Yatta Coffee

Calipa Tea

Foto Calipa Tea
Foto Calipa Tea
Foto Calipa Tea

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?