Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Tips Aman Pesan Makanan Lewat Layanan Pesan Antar di Tengah Covid-19

List Artikel
25 Maret 2020 | 2 Komentar
Memesan makanan dengan layanan pesan antar, baik layanan pesan antar restoran maupun ojek online memang bukanlah sesuatu yang baru. Bahkan sebelum wabah pandemi ini, sebagian besar dari kita sudah melakukannya, karena lebih praktis dan irit waktu. Terlebih lagi saat sekarang ini, di mana kasus COVID-19 atau virus Corona semakin mewabah dan membuat kita khawatir. Di saat gerakan #dirumahaja mulai terdengar dan sebagian besar dari kita menyambut positif gerakan tersebut, ada sedikit kegelisahan tentang bagaimana kita harus bertahan hidup tanpa harus keluar dari rumah. Dan layanan pesan antar pun menjadi solusi dalam masalah ini. Namun pertanyaannya, apakah aman memesan makanan lewat layanan pesan antar di tengah wabah COVID-19 ini? Jika belum pasti, namun bagaimana tips agar terhindar dari virus Corona tersebut saat memesan makanan secara online? Ini dia beberapa tips yang bisa kamu simak!


Sumber : Waspbarcode.com

1. Memilih Restoran yang Terpercaya
Untuk saat ini kamu bisa memilih restoran yang pasti-pasti aja, dalam arti kamu sudah pernah memesan makanan tersebut sebelumnya, kamu mengenal restoran ini dengan baik, dari kualitasnya, tingkat kehigienisannya sehingga tidak menimbulkan keraguan dan kekhawatiran di benak kamu saat melakukan pemesanan makanan secara online.

2. Pesan Makanan yang Dimasak Matang
Makanan yang dimasak secara baik dan matang tentunya akan membuat virus, kuman dan bakteri mati selama proses memasak tersebut. Namun makanan mentah atau makanan yang tidak dimasak dengan baik cenderung mudah tercemar oleh virus, kuman dan bakteri, sehingga resiko makanan tercemar pun jadi lebih tinggi.

3. Hindari Kontak Langsung dengan Pengirim Makanan
Langkah ini merupakan salah satu upaya pencegahan penyebaran virus Corona. Jika kamu memesan makanan secara online, kamu bisa memberitahukan kurir layanan pesan antar tersebut untuk mengantarkan makanan dengan cara meletakan di depan pintu atau pagar rumah. Namun pastikan kamu melakukan pembayaran secara cashless ya, jika terpaksa harus tunai masukkan uangmu ke dalam amplop dan meletakkannya di tempat yang telah disepakati.

4. Pindahkan Makanan ke Piring Makan Sendiri
Jika pesanan kamu sudah tiba sebaiknya langsung pindahkan ke wadah sendiri ya. Langkah ini bertujuan untuk menghindari paparan virus, kuman dan bakteri yang mungkin menempel pada kemasan makanan selama di perjalanan. Namun, pastikan kamu sudah mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir ya sebelum memindahkan makanan.

5. Memanaskan Makanan Sebelum Disantap
Setelah makanan yang kamu pesan tiba di tangan kamu, kamu bisa memanaskan makanan tersebut kembali sebelum kamu santap ya. Hal ini tentu bertujuan untuk mematikan virus, kuman dan bakteri yang mungkin terkontaminasi dalam makanan yang kamu pesan.

6. Sering Cuci Tangan dengan Air dan Sabun
Hal terpenting yang wajib dilakukan oleh orang yang sering memesan makanan secara online adalah harus sering mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir selama 20 detik sebelum dan setelah memakan makanan yang dipesan. Jika tak bisa menemukan akses air mengalir dan sabun, kamu juga bisa menggunakan hand sanitizer dengan kandungan alkohol setidaknya 70% ya. Dan pastikan juga untuk tidak menyentuh area mata, hidung dan mulut saat membawa makanan maupun ketika menyiapkan makanan.

Nah, itu dia tips aman buat kamu yang sering memesan makanan secara online di tengah pandemi Covid-19 ini. Meski tidak ada bukti COVID-19 bisa ditularkan lewat makanan, namun tidak ada salahnya untuk tetap berhati-hati agar kamu dan orang-orang yang kamu sayang terhindar dari wabah pandemi Corona ini. Jika kamu belum tau mau pesan makanan apa, kamu bisa lho lihat di aplikasi PergiKuliner kira-kira makanan apa yang mau kamu pilih, mulai dari jenis makanannya, dari makanan yang rating rasanya tinggi, hingga yang lokasinya dekat sama rumah kamu, semuanya bisa kamu cari tahu lho. Mantap kan? Jadi, jangan biarkan pandemi ini menghalangi niat kamu buat coba makan makanan yang enak ya teman PergiKuliner!

Remboelan

Foto Remboelan
Foto Remboelan
Foto Remboelan

Seribu Rasa

Foto Seribu Rasa
Foto Seribu Rasa
Foto Seribu Rasa

Fish & Co.

Foto Fish & Co.
Foto Fish & Co.
Foto Fish & Co.

Soto Betawi H. Mamat

Foto Soto Betawi H. Mamat
Foto Soto Betawi H. Mamat
Foto Soto Betawi H. Mamat

Wee Nam Kee

Foto Wee Nam Kee
Foto Wee Nam Kee
Foto Wee Nam Kee

Topik artikel ini:
2 Komentar
[ ... ]
Foto user umum
Terimakasih yaaa informasi nyaaaaaa.
aa2403aas@yahoo.com | 27 Mar 2020 pk. 08:29 PM
Foto user umum
Terimakasih yaaa informasi nyaaaaaa...
aa2403aas@yahoo.com | 27 Mar 2020 pk. 08:30 PM

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?