Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Tips Aman untuk Mencicip Kuliner Kaki Lima yang Sehat

List Artikel
21 Agustus 2017 | 0 Komentar

Bagi para pecinta kuliner, berpetualang ke suatu daerah sambil mencicip kuliner khasnya adalah sebuah kewajiban dan hal yang sangat menyenangkan untuk dilakukan. Berbagai spot kuliner kuliner mulai dari kafe, restoran hingga kaki lima pun dijelajahi. Kuliner kaki lima menjadi spot yang wajib dikunjungi jika kamu ingin mencicip kuliner khas dari sebuah daerah karena kuliner tradisional lebih banyak dijual oleh pedagang kaki lima. Tapi kebanyakan kuliner kaki lima dianggap tidak sehat. Nah, buat kamu yang ingin mencicip kuliner kaki lima dengan cara yang sehat, PergiKuliner punya tipsnya untuk kamu!



Sumber: pergikuliner.com

 

1. Memperhatikan Tempat Pengolahan Makanan

Sehatnya kuliner kaki lima bisa kamu lihat dari tempat pengolahan makanan atau lokasi memasak makanan. Sebagian besar kuliner kaki lima memiliki dapur terbuka alias langsung dimasak digerobaknya. Kamu bisa memperhatikan kebersihan peralatan memasak yang digunakan. Dari situ kamu bisa mengetahui apakah makanan yang dijual itu sehat dan layak makan atau tidak.

 

2. Membersihkan Peralatan Makan

Sebelum menyantap makanan, jangan lupa untuk membersihkan terlebih dahulu peralatan makan yang akan kamu gunakan. Meski si penjual atau pedagang kaki lima sudah mencuci bersih peralatan makan mereka, tapi kamu harus tetap membersihkannya lagi. Alasan utamanya adalah karena peralatan makan yang dimiliki penjual makanan kaki lima bisa kotor kembali setelah dicuci karena terpapar polusi udara. Jadi, lebih baik kamu mencucinya kembali atau mengelapnya dengan tisu basah sebelum digunakan. Jika masih merasa ragu, kamu bisa membawa peralatan makan sendiri dari rumah seperti sendok, garpu, dan sumpit sendiri.

 

3. Membawa Air Mineral

Selalu bawa air mineral saat mencicip kuliner kaki lima karena air minum yang disajikan oleh pedagang kaki lima belum tentu berasal dari air bersih atau air matang. Kecuali jika kamu membeli minuman kaleng atau minuman botol dari pedagang tersebut yang sudah pasti bukan dibuat oleh si penjual. Lalu bagaimana jika kamu menyantap es buah atau aneka jenis es lainnya yang menggunakan air dari pedagang tersebut? Kamu bisa tetap menyantapnya, tapi setelah itu jangan lupa untuk tetap meminum segelas air putih untuk menetralisir.

 

4. Berhenti Makan Jika Merasa Ada yang Tak Beres

Jika kamu mendapati ada yang tidak beres pada makananmu seperti ada lalat atau ada semut serta binatang lainnya yang kamu temui, maka kamu bisa menghentikan acara makan sebelum terlanjur. Apalagi jika aroma makanan tidak sedap atau terlihat tidak fresh sehingga membuat kamu ragu menyantapnya, sebaiknya jangan dikonsumi lagi ya!


Itu dia tips-tips aman untuk mencicipi kuliner kaki lima yang sudah PergiKuliner kasih buat kamu. Sekarang, teman PergiKuliner tidak usah takut lagi untuk mencicipi kuliner kaki lima. Kalau kamu jadi kepingin makan-makanan di kuliner kaki lima yang terjamin rasanya, kali ini PergiKuliner sudah punya rekomendasi tempat makannya buat kamu. Langsung cek di bawah ini ya!

Bubur Ayam Barito

Foto Bubur Ayam Barito

Kerang Kiloan Pak Rudi

Foto Kerang Kiloan Pak Rudi
Foto Kerang Kiloan Pak Rudi
Foto Kerang Kiloan Pak Rudi

Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih

Foto Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih
Foto Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih
Foto Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih

Raja Pisang Goreng Ameng

Foto Raja Pisang Goreng Ameng
Foto Raja Pisang Goreng Ameng
Foto Raja Pisang Goreng Ameng

Abang Adek

Foto Abang Adek
Foto Abang Adek
Foto Abang Adek

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?