Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Tips Anti Lemas Saat Berpuasa Biar Kamu Semangat Terus

List Artikel
28 Mei 2019 | 0 Komentar

Puasa adalah saat di mana kamu harus bisa menahan lapar dan haus serta hawa nafsu selama satu bulan penuh. Menahan lapar dan haus ini bisa membuat kamu jadi mudah lemas dan tidak bertenaga. Apalagi jika kamu tergolong aktif melakukan aktivitas, baik itu di sekolah, kampus, dan kantor. Lalu bagaimana cara menyiasati agar badan tak mudah lemas saat berpuasa? Tenang saja teman PergiKuliner, karena kami akan memberikan beberapa tips agar kamu tetap bisa menjalani aktivitas seperti biasa saat menjalankan puasa. Yuk lihat tips-tipsnya!



Sumber : Pergikuliner.com


1. Mengembalikan Kadar Gula Darah

Gula darah bisa menjadi cadangan saat kamu sedang berpuasa. Oleh karena itu, konsumsilah makanan yang mengandung gula darah seperti makanan atau minuman manis ketika berbuka puasa agar nanti saat kamu berpuasa, tubuh kamu tak akan lemas karena kamu masih memiliki cadangan energi atau tenaga dari gula darah. Konsumsi makanan dengan kadar gula alami seperti buah-buahan segar, madu, dan lain sebagainya.


2. Mengonsumsi Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat kompleks harus kamu konsumsi saat berbuka puasa dan juga makan sahur. Pasalnya karbohidrat kompleks ini bisa menyediakan energi yang cukup bagi tubuh selama kamu beraktivitas seharian dan membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Konsumsi karbohidrat kompleks seperti gandum, oatmeal, beras merah, kentang, jagung, dan lain sebagainya. 


3. Memperhatikan Porsi Makan

Perhatikan juga porsi makan yang kamu santap selama berpuasa. Perhitungan porsinya adalah 40% saat sahur, 50% saat berbuka, dan 10% setelah shalat Tarawih. Pembagian porsi makan ini akan membuat kamu tetap menjaga asupan karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral lainnya tetap terpenuhi sehingga tubuh tidak mudah lemas saat berpuasa.


4. Jangan Tidur Setelah Makan Sahur

Pasti banyak di antara kamu yang langsung tidur seusai makan sahur karena tidak sanggup menahan kantuk. Padahal hal tersebut bisa meningkatkan asam lambung kamu sehingga proses pencernaan tidak bisa berjalan lancar. Proses pencernaan yang tidak lancar akan menghambat penyerapan nutrisi serta gizi dari makanan yang kamu santap saat sahur. Tak heran jika nantinya kamu akan mudah merasa lemas di siang hari karena zat-zat dalam makanan yang kamu konsumsi tidak bisa diserap dengan baik oleh tubuh.

 

5. Banyak Bergerak

Puasa kok justru disuruh banyak bergerak? Dengan banyak bergerak, kamu akan mengurangi rasa lemas pada tubuh karena otot-otot dibuat bekerja. Coba saja kamu tidur seharian saat puasa, pastinya ketika kamu bangun nanti, tubuhmu akan lebih terasa lemas dibanding ketika kamu beraktivitas seperti biasa. Minimal kamu menggerakkan badan seperti berjalan kaki selama beberapa menit untuk membuat tubuh kamu bergerak. 


Sudah tau kan apa saja tips dan makanan yang harus dikonsumsi agar tidak lemas saat berpuasa? Teman PergiKuliner bisa mendapatkan manfaat makanan-makanan seperti di atas di beberapa restoran yang sudah PergiKuliner rekomendasikan di bawah ini!

Beets and Bouts

Foto Beets and Bouts
Foto Beets and Bouts
Foto Beets and Bouts

Back Office Bistro

Foto Back Office Bistro
Foto Back Office Bistro
Foto Back Office Bistro

SaladStop!

Foto SaladStop!
Foto SaladStop!
Foto SaladStop!

The Betawi Salad

Foto The Betawi Salad
Foto The Betawi Salad
Foto The Betawi Salad

Berrywell

Foto Berrywell
Foto Berrywell
Foto Berrywell

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?