Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Tips Atur Pola Makan yang Baik Saat Berpuasa

List Artikel
31 Mei 2018 | 0 Komentar

Berpuasa menjadi salah satu hal wajib yang dilakukan umat muslim saat bulan Ramadhan. Ada banyak sekali manfaat berpuasa seperti bisa menstabilkan gula darah, menurunkan berat badan, menurunkan kolesterol, menurunkan hipertensi, serta bisa juga menjadi detoks bagi tubuh. Banyaknya manfaat yang didapat dari berpuasa ini tentunya harus didukung dengan mengonsumsi makanan yang sehat agar asupan nutrisi tetap terjaga. Agar tetap sehat, kebutuhan nutrisi ini harus kamu atur dengan pola makan yang baik.

 


Sumber: pergikuliner.com


Ketika berbuka puasa, makanlah makanan yang manis dan mudah dicerna alias empuk terlebih dahulu seperti kolak dan bubur sumsum. Kamu juga bisa mengonsumsi buah manis seperti kurma dan kelengkeng yang memiliki kadar manis yang cukup tinggi dengan tekstur yang empuk. Baru setelah setengah jam hingga satu jam berselang, kamu bisa mengonsumsi karbohidrat kompleks. Karbohidrat ini sangat penting karena merupakan nutrisi utama sel otak, sel darah, dan sel saraf sehingga kamu membutuhkan sekitar 60% karbohidrat kompleks saat berbuka puasa.

 


Sumber: pergikuliner.com


Setelah shalat Tarawih, jangan lupa untuk memakan camilan buah yang bisa dipadukan dengan yoghurt atau dijadikan smoothie bowl agar tubuh kamu mendapat asupan serat yang cukup. Asupan serat ini bisa memudahkan metabolisme dan pencernaan. Pilih buah dengan kadar air yang cukup tinggi seperti semangka, melon, dan lain sebagainya. Buah dengan kandungan vitamin C yang tinggi seperti strawberry, kiwi, mangga, buah naga, serta jeruk sangat bagus dikonsumsi setelah tarawih.

 


Sumber: pergikuliner.com


Saat sahur, kamu harus menyantap makanan lengkap yang berupa nasi, lauk pauk yang mengandung protein, dan juga sayur dengan porsi yang sepadan. Mengonsumsi sayur dalam jumlah yang pas akan membuat kamu terhindar dari dehidrasi selama berpuasa. Jangan lupa juga untuk mengonsumsi buah-buahan yang tinggi serat karena bisa membuat kamu kenyang lebih lama seperti pisang, apel, alpukat, pepaya, dan lain sebagainya.

 

Nah, setelah tahu bagaimana mengatur pola makan yang baik saat berpuasa, bagaimana jika nanti kamu berbuka puasa di tempat yang direkomendasikan PergiKuliner di bawah ini!

SNCTRY & Co

Foto SNCTRY & Co
Foto SNCTRY & Co
Foto SNCTRY & Co

Gentle Ben

Foto Gentle Ben
Foto Gentle Ben
Foto Gentle Ben

SaladStop!

Foto SaladStop!
Foto SaladStop!
Foto SaladStop!

Ayam Gallo

Foto Ayam Gallo
Foto Ayam Gallo
Foto Ayam Gallo

Fat Bubble

Foto Fat Bubble
Foto Fat Bubble
Foto Fat Bubble

Ingin ngajak keluarga atau teman untuk berbuka puasa di luar? Cari rekomendasi restorannya di Pergikuliner.com aja!


Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?