Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Tips Bikin Kurma yang Keras Jadi Empuk Kembali

List Artikel
28 Maret 2024 | 0 Komentar

Kurma adalah salah satu makanan yang paling sering dikonsumsi oleh masyarakat dunia, termasuk Indonesia, sebagai hidangan berbuka puasa di bulan Ramadhan. Kurma merupakan buah khas Timur Tengah yang memiliki rasa manis dengan tekstur yang legit. Sebagian besar kurma dijual dalam bentuk yang sudah dikeringkan agar lebih awet dan tahan lama. Daya simpannya kira-kira bisa mencapai berminggu-minggu hingga berbulan-bulan. Namun, jika tidak disimpan dengan cara yang benar, kurma bisa menjadi keras dan kering sehingga akan sulit untuk dikonsumsi. Untungnya, kurma yang keras dapat diubah kembali menjadi empuk. Lalu bagaimana caranya? Yuk, langsung simak saja beberapa cara di bawah ini!



Sumber: sublimehouseoftea.com

 

Direndam dalam Air Hangat

Tips membuat kurma yang keras menjadi empuk kembali adalah dengan merendamnya dalam air hangat. Cara ini paling mudah untuk dilakukan serta tidak membutuhkan peralatan khusus. Kamu cukup menyediakan air hangat yang diletakkan di dalam wadah mangkuk atau gelas. Rendam kurma dalam air hangat tersebut selama kurang lebih sekitar 10-15 menit, lalu tiriskan. Cara ini berlaku jika kamu ingin langsung menyantap kurma karena kurma yang direndam dengan air hangat sebaiknya langsung dikonsumsi. Jika tidak langsung dikonsumsi dan disimpan kembali, maka kurma akan mudah berjamur dan busuk akibat kandungan air yang terserap ke dalam daging kurma. Selain menggunakan air, kurma juga bisa direndam dalam susu kedelai.

 

Masukkan dalam Wadah Kedap Udara

Tips selanjutnya untuk membuat kurma keras jadi empuk kembali adalah dengan memasukkan kurma ke wadah kedap udara yang benar-benar tertutup rapat. Pasalnya, wadah kedap udara dapat membantu menjaga kelembaban kurma sehingga teksturnya bisa kembali seperti semula. Sayangnya, cara ini tidaklah instan karena kamu harus menunggu selama kurang lebih tiga hari supaya tekstur kurma menjadi empuk kembali. Jika tidak ada wadah kedap udara, kamu bisa menggunakan plastik ziplock.


Kukus Kurma

Tips membuat kurma yang keras supaya menjadi empuk kembali adalah dengan mengukusnya. Cara ini bisa dilakukan dengan cepat karena hanya butuh waktu sekitar lima menit saja. Berbeda dengan metode sebelumnya, kurma yang dikukus akan memiliki tekstur yang jauh lebih lembut dan lumer di mulut saat dikonsumsi. Rasanya pun tidak akan berubah secara signifikan setelah proses pengukusan. Ini berbeda dengan hasil dari merendam kurma dalam air atau susu, yang mungkin mengurangi rasa manisnya.


Letakkan Buah Apel Bersama Kurma

Tips yang terakhir untuk membuat kurma yang keras menjadi empuk kembali adalah dengan meletakkan buah apel utuh bersama dengan kurma yang sudah keras. Kenapa harus buah apel? Buah apel memiliki kandungan gas etilen yang bisa mempercepat proses pelunakan. Jadi, kalau kamu memiliki kurma yang sudah agak keras, letakkan saja buah apel di dalam wadahnya. Kamu bisa menggunakan buah apel utuh atau potongan, dengan berbagai jenis seperti apel merah, apel fuji, atau apel washington.

 

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk membuat kurma keras menjadi empuk kembali. Selain kurma, masih banyak makanan manis lainnya yang bisa kamu jadikan sebagai takjil buka puasa. Kalau kamu sedang mencari takjil untuk berbuka puasa, mampir aja ke salah satu dari beberapa rekomendasi gerai kue yang ada di bawah ini!

Boens Soes

Foto Boens Soes
Foto Boens Soes
Foto Boens Soes

Toko Kue Lakker

Foto Toko Kue Lakker
Foto Toko Kue Lakker
Foto Toko Kue Lakker

Sari Sari Aneka Kue Jajan Pasar

Foto Sari Sari Aneka Kue Jajan Pasar
Foto Sari Sari Aneka Kue Jajan Pasar
Foto Sari Sari Aneka Kue Jajan Pasar

Fins Recipe

Foto Fins Recipe
Foto Fins Recipe
Foto Fins Recipe

Madam Liu

Foto Madam Liu
Foto Madam Liu
Foto Madam Liu

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?