Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Tips dan Trik Agar Kamu Bisa Tetap Makan Pedas dengan Aman dan Sehat

List Artikel
22 Januari 2018 | 0 Komentar

Menyantap kuliner bercita rasa pedas menjadi kegemaran bagi banyak orang. Nikmatnya rasa pedas membakar di mulut dan keringat yang bercururan menjadi sebuah sensasi unik yang hanya bisa kamu rasakan ketika menyantap makanan pedas. Makanan pedas ternyata memiliki banyak manfaat bagi tubuh seperti melepas stress karena kamu bisa lupa dengan masalah-masalah yang kamu punya, menurunkan berat badan karena adanya pembakaran lemak, menyehatkan jantung karena dalam cabai ada kandungan capsain yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat, menyembuhkan sinusitis, dan masih banyak lagi. Meski banyak manfaatnya, menyantap makanan pedas ini terkadang bisa membuat lidah kamu terbakar hingga mengakibatkan sakit perut. Lalu bagaimana jika kamu ingin tetap menyantap kuliner pedas dengan aman dan sehat? Intip dulu tips dan triknya di bawah ini!



Sumber : pergikuliner.com


Banyak Minum Air Putih Hangat

Saat menyantap makanan pedas, hal yang paling sering dialami adalah lidah yang terbakar karena rasa makanan yang terlalu pedas. Untuk mengatasinya, kamu bisa minum air putih hangat. Dibanding minuman lainnya, air putih hangat sudah terbukti bisa menetralisir rasa pedas yang menyengat di lidah. Jadi, selalu sediakan segelas air putih hangat ketika akan menyantap makanan pedas ya!

 

Makan Makanan yang Manis

Selain air putih hangat, kamu juga bisa meredakan atau menghilangkan rasa pedas dengan makan makanan yang bercitarasa manis seperti cokelat, kue, hingga permen. Makanan manis dinilai lebih ampuh menghilangkan rasa pedas jika dibandingkan dengan air putih hangat. Lebih bagus lagi jika kamu mengonsumsi dark chocolate karena perpaduan rasa pahit dan manis pada dark chocolate mampu menyamarkan rasa pedas di lidah.

 

Hindari Minum Minuman yang Berkafein

Meskipun kamu tidak punya penyakit maag atau penyakit yang berhubungan dengan lambung, makanan pedas tetap bisa meningkatkan asam lambung dalam tubuh. Oleh karena itu, ketika makan makanan pedas, kamu tidak disarankan untuk meminum minuman yang berkafein tinggi seperti kopi karena nantinya kafein yang ada dalam kopi bisa memicu naiknya asam lambung yang bisa mengkibatkan perut kembung dan lain sebagainya. Jika ingin tetap minum kopi, usahakan untuk memberi jeda antara dua hingga tiga jam setelah makan makanan pedas sehingga asam lambung kembali normal.

 

Isi Perut Terlebih Dahulu

Hal yang satu ini seringkali terlupakan olehmu. Sebelum menyantap makanan pedas, sebaiknya kamu isi perut terlebih dahulu dengan makanan lainnya seperti camilan karena jika kamu mengonsumsi makanan pedas dalam keadaan perut kosong, maka asam lambung akan dengan cepat meningkat. Kamu bisa mengonsumsi camilan seperti gorengan, roti, hingga cokelat terlebih dahulu sebelum menyantap makanan pedas.

 

Semoga tips dan trik di atas bisa membuat kamu tetap aman menyantap makanan yang pedas lagi, khususnya di tempat-tempat rekomendasi PergiKuliner di bawah ini ya!

Warung Leko

Foto Warung Leko
Foto Warung Leko
Foto Warung Leko

Warung Bu Kris

Foto Warung Bu Kris
Foto Warung Bu Kris
Foto Warung Bu Kris

D' Penyetz

Foto D' Penyetz

Waroeng SS

Foto Waroeng SS
Foto Waroeng SS
Foto Waroeng SS

Restoran Beautika Manado

Foto Restoran Beautika Manado
Foto Restoran Beautika Manado

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?