Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Tips dan Trik Memilih Restoran Shabu-shabu yang Tepat

List Artikel
20 September 2023 | 0 Komentar

Shabu-shabu adalah salah satu kuliner khas Jepang yang tidak hanya populer di negara asalnya, tetapi juga di Indonesia. Saking terkenalnya, shabu-shabu bahkan memiliki restorannya sendiri alias restoran yang khusus hanya menyajikan shabu-shabu. Shabu-shabu menyajikan aneka irisan daging dan juga sayur-sayuran yang dimasak di dalam kuah kaldu yang sebelumnya sudah diberi bumbu. Selain daging iris dan sayur-sayuran, ada juga bahan tambahan lainnya seperti tahu dan sebagainya.


Di negara Jepang, shabu-shabu dianggap sebagai kuliner musim dingin karena disajikan dalam keadaan panas sehingga bisa menghangatkan tubuh. Meski Indonesia memiliki iklim tropis, uniknya masyarakat kita suka menyantap shabu-shabu. Hal ini dikarenakan restoran shabu-shabu identik dengan restoran keluarga karena porsi yang ditawarkan terbilang cukup besar sehingga cocok untuk disantap beramai-ramai.


Namun saat memilih restoran shabu-shabu, kamu harus jeli. Pasalnya, tidak semua restoran shabu-shabu menawarkan layanan dan kualitas yang sama. Karena itulah kita harus memilih restoran shabu-shau yang tepat supaya pengalaman makan jadi lebih menyenangkan dan berkesan. Nah, sebelum menentukan restoran shabu-shabu yang ingin kamu kunjungi, mari simak beberapa tips dan trik dalam memilih restoran shabu-shabu yang tepat di bawah ini.



Sumber: pergikuliner.com

 

Pilih Restoran dengan Menu Daging Beragam

Tips yang pertama adalah memilih restoran shabu-shabu yang punya menu daging beragam. Meski menyajikan daging sapi iris, jenis dan grade dari tiap restoran bisa berbeda-beda. Perbedaan jenis dan grade daging sapi inilah yang bisa membedakan harga dari restoran shabu-shabu tersebut. Jika kamu memiliki dana yang lebih, lebih baik pilih restoran shabu-shabu yang memiliki daging wagyu karena daging ini memiliki tekstur yang sangat lembut sehingga akan langsung lumer di mulut setelah dimasak menjadi shabu-shabu. Pastikan untuk memesan daging yang memiliki sedikit lemak agar nanti tidak merusak kuah kaldunya. Jika banyak lemak, maka bisa mengakibatkan kuah shabu-shabu menjadi berminyak dan kurang enak untuk dinikmati.

 

Cek Kesegaran Daging

Tips yang kedua adalah mengecek kesegaran daging. Kesegaran daging sapi sebenarnya sangat mudah dilihat karena semakin cerah warna daging tersebut, maka semakin segar. Lain halnya jika daging sapi terlihat sangat pucat, itu tandanya daging sudah tidak segar. Akan lebih bagus jika masih terlihat sedikit darah pada daging sapi, karena itu bisa menandakan bahwa daging sapi yang ada di restoran shabu-shabu tersebut masih dalam kondisi segar. Dengan memperhatikan kesegaran daging, kamu dapat memastikan bahwa shabu-shabu yang kamu nikmati aman dan enak.

 

Perhatikan Pilihan Kuah

Tips lainnya yang perlu kamu perhatikan adalah pilihan kuahnya. Rata-rata restoran shabu-shabu hanya menawarkan dua jenis kuah kaldu, yakni original dan pedas. Namun, akan lebih bagus lagi jika restoran tersebut memiliki banyak pilihan kuah untuk kamu pesan. Misalkan saja, adanya pilihan kuah kolagen, kuah konbu, kuah konyu, dan sebagainya. Dengan begitu, restoran shabu-shabu tersebut berbeda dan lebih menarik dari restoran shabu-shabu kebanyakan. Kamu juga nantinya bisa kembali makan di sana lagi dengan memilih menu kuah yang berbeda.



Sumber: pergikuliner.com

 

Adanya Menu Hidangan Pendamping yang Bervariasi

Sangat penting untuk melihat adanya menu hidangan pendamping yang bervariasi saat menentukan restoran shabu-shabu yang akan dikunjungi. Hidangan pendamping yang ditawarkan bisa berupa makanan pembuka, makanan penutup, hingga minuman. Tentu saja semuanya ini haruslah autentik Jepang. Misalkan saja, untuk menu pembukanya, ada pilihan menu gyoza atau kakiage hingga tempura. Lalu untuk menu makanan penutupnya, ada pilihan mochi, taiyaki, hingga kue dango. Tidak hanya itu, hidangan pendamping ini juga bisa berupa variasi sayuran yang tersedia. Biasanya akan ada sayuran sawi hijau, pakcoy, jamur, hingga jagung.

 

Menu AYCE Bisa Lebih Menguntungkan

Tips terakhir saat akan memilih restoran shabu-shabu yang tepat adalah pilihlah yang menawarkan konsep All You Can Eat (AYCE). Dengan begitu, kamu bisa puas menyantap makanan hanya dengan sekali bayar. Jika memilih menu ala carte alias memesan menu secara terpisah mulai dari daging, sayuran, nasi, hingga minuman, maka biaya yang dikeluarkan akan menjadi lebih banyak. Dengan konsep AYCE, kamu dapat menikmati berbagai pilihan daging, sayuran, saus, dan makanan lainnya tanpa harus menghitung harga setiap pesanan secara terpisah.

 

Bagaimana menurutmu mengenai tips dan trik dalam memilih restoran shabu-shabu yang tepat? Mengingat banyaknya pilihan restoran shabu-shabu yang ada, semoga tips yang telah dibagikan di atas akan membantu kamu menemukan tempat yang sesuai dengan preferensimu. Jangan lupa juga untuk memeriksa ulasan restoran shabu-shabu yang ingin kamu kunjungi melalui platform PergiKuliner. Di bawah ini, ada beberapa rekomendasi restoran shabu-shabu yang bisa kamu coba!

Hotaru Shabu Shabu

Foto Hotaru Shabu Shabu
Foto Hotaru Shabu Shabu
Foto Hotaru Shabu Shabu

Shaburi & Kintan Buffet

Foto Shaburi & Kintan Buffet
Foto Shaburi & Kintan Buffet
Foto Shaburi & Kintan Buffet

Shabu Ghin

Foto Shabu Ghin
Foto Shabu Ghin
Foto Shabu Ghin

Momo Paradise

Foto Momo Paradise
Foto Momo Paradise
Foto Momo Paradise

Shabu Shiro

Foto Shabu Shiro
Foto Shabu Shiro
Foto Shabu Shiro

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?