Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Tips dan Trik Menyimpan Rempeyek Agar Awet dan Tetap Renyah

List Artikel
26 Oktober 2020 | 0 Komentar

Rempeyek merupakan salah satu kuliner khas Indonesia yang seringkali dijadikan sebagai pelengkap makanan atau bisa juga dijadikan sebagai cemilan. Teksturnya yang renyah dan renyah membuatnya sering dijuluki sebagai perpaduan antara kerupuk dan gorengan. Mengapa demikian? Tekstur dari rempeyek sangat tipis, mirip dengan kerupuk. Tapi di dalamnya terdapat isian seperti ebi, teri, kacang tanah, kacang hijau, dan lain sebagainya. Rempeyek ini bisa dengan mudah dijumpai, baik itu di pasar swayalan, pasar tradisional, hingga pusat oleh-oleh. Biasanya rempeyek dijual dalam bentuk kemasan plastik, tapi ada juga yang menjualnya dalam toples plastik. Rempeyek pada dasarnya merupakan kuliner yang tak cepat basi, tapi rempeyek ini sangat mudah melempem dan alot. Jika teksturnya tak renyah lagi, maka citarasanya menjadi tidak enak. Buat kamu yang ingin rempeyekmu tetap awet dan tahan lama, ada beberapa tips dan triknya buat kamu ikuti, yaitu:



Sumber : Deindomama.nl


1. Gunakan Toples Kaca

Tips dan trik menyimpan rempeyek agar awet dan tetap renyah yang pertama dalah menyimpannya dalam toples kaca. Cara ini paling bagus dilakukan karena toples kaca kedap udara serta bagian tutup atasnya juga bisa menutup dengan rapat serta tidak mudah kendor seperti toples plastik. Tapi sebelum menyimpan rempeyek dalam toples kaca, bersihkan terlebih dahulu toples kaca dan pastikan kalau tidak ada minyak atau kotoran lain yang tertinggal di dalamnya karena bisa mempengaruhi rasa renyah nantinya.

 

2. Wadah Kedap Udara Juga Bisa Digunakan

Kalau tak punya toples kaca, wadah kedap udara juga bisa digunakan. Wadah kedap udara seperti toples plastik memang bisa saja kamu gunakan tapi cek terlebih dahulu bagian tutupnya, apakah tutupnya masih kencang atau sudah kendor. Tutup toples plastik yang kendor bisa membuat rempeyek mudah terpapar udara sehingga menyebabkan teksturnya menjadi melempem. Sama seperti toples kaca, kamu juga wajib membersihkan wadah kedap udara sebelum digunakan menyimpan rempeyek dan pastikan tidak ada kotoran yang menempel di dalamnya.

 

3. Bagi Menjadi Beberapa Porsi

Ada satu trik yang bisa kamu gunakan jika ingin rempeyek milikmu tetap awet dan renyah yakni dengan membaginya menjadi beberapa porsi. Kita memang cenderung memasukkan rempeyek dalam satu wadah besar. Tapi ternyata hal ini bisa membuat rempeyek mudah melempem karena kamu pastinya akan sering membuka tutup toples saat akan menyantapnya. Rempeyek yang sering terpapar udara akan mudah melempem. Cara mengatasinya adalah bagi menjadi beberapa porsi atau membaginya dalam beberapa wadah berukuran sedang sehingga rempeyek tidak mudah melempem.

 

4. Simpan dalam Kulkas

Tips dan trik menyimpan rempeyek agar awet dan tetap renyah yang satu ini memang seringkali menjadi prokontra karena dianggap agak aneh. Tapi nyatanya, menyimpan rempeyek dalam kulkas bisa membuatnya lebih awet. Hal ini dikarenakan kelembaban udara di dalam kulkas jauh lebih rendah dibanding di ruangan. Cara ini juga bisa digunakan jika kamu tak punya toples atau wadah kedap udara. Kamu tinggal memasukkan saja rempeyek ke dalam kulkas bersama dengan kemasan plastiknya.

 

Sekarang sudah tahu kan apa saja tips dan trik menyimpan rempeyek agar awet dan tetap renyah. Semoga tips dan trik menyimpan rempeyek agar awet dan tetap renyah ini bisa membantumu ya, teman kuliner. Nah, setelah membaca artikel di atas, kunjungi restoran dengan masakan Indonesia di bawah ini untuk menghilangkan lapar kamu yuk!

Dapur Solo

Foto Dapur Solo
Foto Dapur Solo
Foto Dapur Solo

Ayam Bebek Mafia

Foto Ayam Bebek Mafia
Foto Ayam Bebek Mafia
Foto Ayam Bebek Mafia

Ikan Bakar Cianjur

Foto Ikan Bakar Cianjur
Foto Ikan Bakar Cianjur
Foto Ikan Bakar Cianjur

Bebek Bengil

Foto Bebek Bengil
Foto Bebek Bengil
Foto Bebek Bengil

Gado - Gado Cemara

Foto Gado - Gado Cemara
Foto Gado - Gado Cemara
Foto Gado - Gado Cemara

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?