Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Tips dan Trik Simpan Roti Agar Awet dan Tahan Lama

List Artikel
10 Mei 2020 | 0 Komentar

Roti menjadi salah satu makanan yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia karena roti mengandung karbohidrat yang dapat diolah menjadi energi untuk beraktivitas. Roti biasanya dibuat dari tepung terigu, tapi ada juga yang membuatnya dari tepung gandum. Roti sangat mudah dijumpai karena ada banyak toko roti dan juga pedagang roti keliling. Masyarakat Indonesia umumnya menyetok roti untuk dijadikan sebagai sarapan atau juga kidapan Tapi sayangnya roti terkadang mudah basi dan berjamur. Lantas bagaimana cara menyimpannya? Coba kita cek dulu yuk!

 


Sumber: Insider.com


Jangan Langsung Membuka Kemasan Roti

Salah satu kesalahan terbesar ketika membeli roti adalah kamu langsung membuka kemasannya terlebih dahulu, padahal menyantapnya masih nanti-nanti. Roti yang sudah dibuka kemasannya akan langsung terpapar dengan udara sehingga membuat jamur mudah berkembang dan roti cepat keras. Jika ingin menyantapnya, kamu baru bisa membukanya. Kemasan pada roti membuatnya tetap segar dan empuk.


Simpan dalam Wadah yang Tertutup Rapat

Setelah kemasan dibuka, sebaiknya kamu langsung menyimpannya dalam wadah yang tertutup rapat seperti kontainer roti atau kotak roti. Dengan menyimpannya di wadah yang tertutup rapat, maka roti tidak akan terpapar udara. Roti yang terpapar udara membuatnya rentan berjamur. Saat menyimpan roti dalam wadah tertutup, jangan lupa untuk membersihkan wadahnya terlebih dahulu dan pastikan wadah kering. Wadah yang basah akan membuat roti lembab dan mudah berjamur.


Bungkus dengan Plastik atau Alumunium Foil

Jika tak punya wadah kontainer tertutup atau kotak penyimpanan roti khusus, kamu bisa menyimpannya dalam kemasan plastik atau kemasan bawaan pabrik atau toko roti. Lebih bagus lagi kalau kamu punya alumunium foil yang bisa kamu gunakan sebagai bahan pembungkus roti agar tidak kering dan tidak mudah berjamur. Simpan roti dalam lemari, jangan menyimpannya di suhu ruangan karena bisa mudah berjamur.


Menyimpan Dalam Kulkas atau Freezer Lebih Tahan Lama

Terakhir adalah menyimpannya dalam kulkas. Roti yang disimpan dalam kulkas bisa tahan lebih lama. Jika biasanya disimpan di lemari bisa tahan hingga 3-4 hari, roti yang disimpan di lemari es bisa tahan hingga 4 hari lebih. Apalagi jika kamu menyimpannya dalam freezer. Bisa tahan hingga berminggu-minggu loh. Ingat, saat disimpan dalam freezer jangan langsung dipanaskan dalam keadaan beku, tapi biarkan dalam suhu ruangan setidaknya setengah jam.


Sekarang sudah tahu bukan apa saja tips dan trik untuk menyimpan roti agar tetap awet dan tahan lama. Jangan lupa untuk langsung dipraktekkan ya! 

Dandy Co Bakery & Cafe

Foto Dandy Co Bakery & Cafe
Foto Dandy Co Bakery & Cafe
Foto Dandy Co Bakery & Cafe

Francis Artisan Bakery

Foto Francis Artisan Bakery
Foto Francis Artisan Bakery
Foto Francis Artisan Bakery

Roti Boy

Foto Roti Boy
Foto Roti Boy
Foto Roti Boy

Kedai Roti Kobi

Foto Kedai Roti Kobi
Foto Kedai Roti Kobi
Foto Kedai Roti Kobi

Roti Eneng

Foto Roti Eneng
Foto Roti Eneng
Foto Roti Eneng

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?