Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Tips Diet Sehat Saat Puasa dan Masa Karantina di Rumah

List Artikel
21 Mei 2020 | 0 Komentar
Meski sedang menjalankan ibadah puasa, masih banyak diantara kita yang mengeluhkan soal kenaikan berat badan. Hal ini terjadi lantaran kita hanya melakukan sedikit aktivitas selama masa karantina di rumah. Nah, kalau kamu termasuk orang yang mengeluhkan hal demikian, tak perlu khawatir! Kamu tetap bisa menurunkan berat badan selama masa karantina kok. Caranya dengan melakukan diet rendah kalori. Tapi jangan salah, diet rendah kalori bukan berarti makan sedikit ya. Kalau makanan yang kamu konsumsi bergizi lengkap dan seimbang, maka sebenarnya kamu dapat mengonsumsi makanan dalam porsi banyak. Alangkah baiknya jika kamu berkonsultasi dahulu dengan dokter, karena jumlah kalori yang dibutuhkan pada setiap orang berbeda. Berhubung kita masih dalam masa karantina, jadi konsultasikanlah diri secara online dengan dokter yang terpercaya. Berikut adalah tips menjalankan diet sehat walau sedang berpuasa dan bonusnya daya tahan tubuh meningkat.


Sumber : Faktapers.id

1. Jangan Melewatkan Makan Sahur
Makan sahur sangat penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh supaya optimal. Apalagi di masa-masa pandemi corona seperti ini. Asupan vitamin, protein dan mineral dalam makan sahur sangat dibutuhkan oleh tubuh. Jadi, pastikan kamu tak melewatkan makan sahur walaupun sedang diet ya! 

2. Pilih Protein yang Rendah Lemak
Untuk sumber protein saat diet sehat, kamu bisa memilih protein yang rendah lemak. Misalnya, dada ayam tanpa kulit, ikan, daging rendah lemak, tahu, tempe, kacang-kacangan dan kuning telur yang dibatasi hanya 2-3 kali seminggu (jika ingin mengonsumsi lebih dari itu maka ambil putih telurnya saja).  Cukup simple namun tetap bisa makan enak, bukan?

3. Perbanyak Konsumsi Buah & Sayur
Seringkali kita melewatkan konsumsi buah dan sayur saat makan sahur maupun buka puasa. Padahal sayur dan buah adalah sumber vitamin mineral yang sehat untuk tubuh. Sayur dan buah dapat dikonsumsi secara bervariasi agar kebutuhan vitamin dan mineral dalam tubuh dapat terpenuhi.

4. Ganti Menu Dengan Karbohidrat Kompleks
Pilihlah karbohidrat kompleks untuk menu sahur dan buka puasa. Karbohidrat kompleks bisa ditemukan pada nasi merah, roti gandum, kentang, oatmeal dan lainnya. Jika memang cukup sulit menemukan nasi merah karena terkendala Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Jangan khawatir, kamu tetap bisa memilih nasi putih sebagai asupan karbohidrat. Namun, dengan catatan tambahan sayur yang banyak agar penyerapannya jadi lebih lama.

Biarpun harus jaga jarak dengan di rumah saja, makan enak enak dan sehat tetap harus jalan dong. Yuk tetap jaga kesehatan dan laksanakan social distancing! Dengan cara pesan menu sehat di restoran ini secara online ataupun take away. Stay safe and stay at home, Teman PergiKuliner!

SaladStop!

Foto SaladStop!
Foto SaladStop!
Foto SaladStop!

Crunchaus Salads

Foto Crunchaus Salads
Foto Crunchaus Salads
Foto Crunchaus Salads

Bakmie Jamur Vegan Vegetarian 99

Foto Bakmie Jamur Vegan Vegetarian 99
Foto Bakmie Jamur Vegan Vegetarian 99
Foto Bakmie Jamur Vegan Vegetarian 99

Burgreens Express

Foto Burgreens Express
Foto Burgreens Express
Foto Burgreens Express

Vegetarian Bakmie Garing H-P (Hot Pedas)

Foto Vegetarian Bakmie Garing H-P (Hot Pedas)
Foto Vegetarian Bakmie Garing H-P (Hot Pedas)
Foto Vegetarian Bakmie Garing H-P (Hot Pedas)

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?