Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Tips Hilangkan Kebiasaan Makan Tengah Malam

List Artikel
7 Oktober 2020 | 0 Komentar

Setiap orang pasti punya kebiasaan masing-masing jika berbicara tentang makanan. Ada orang yang sukanya makan junk food, makan makanan pedas, hingga makan tengah malam. Kebiasaan makan tengah malam sebenarnya merupakan kebiasaan yang buruk karena jika terus-terusan dilakukan bisa menimbulkan efek buruk bagi kesehatan. Mulai dari obesitas, penimbunan lemak yang berlebihan, dan lain sebagainya. Tapi tahukah kamu kalau kebiasaan makan tengah malam ini bisa dihilangkan secara perlahan. Tentu saja ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar kebiasaan makan tengah malan dihilangkan. Yuk, cek dulu di bawah ini!


 

Sumber: Healthline.com


Kenali Pemicu Kebiasaan Makan Tengah Malam

Hal pertama yang bisa menghilangkan kebiasaan makan tengah malam adalah dengan mengenali apa pemicunya. Ada banyak sekali faktor yang membuat kita memiliki kebiasaan makan tengah malam, mulai dari melewatkan makan malam, bosan, stress, hingga dikarenakan sering mengalami insomnia. Jika sudah mengetahui apa penyebabnya, maka kamu bisa dengan mudah menerapkan cara untuk menghilangkan kebiasaan makan tengah malam.


Mengatur Jadwal Makan dengan Baik

Cara yang kedua adalah dengan mengatur jadwal makan yang tepat.  Jika jadwal makanmu tepat waktu, terutama jam makan malam, maka kebiasaan makan tengah malam ini bisa dibilangkan. Biasanya orang yang makan malam terlalu awal bisa dengan mudah lapar saat tengah malam. Berikan jeda sekitar 2-3 jam antara makan malam dengan jam tidurmu. Dengan begitu kamu tak perlu merasa lapar saat tengah malam karena perut masih terisi.

 

Memilih Makanan yang Sehat

Kebiasaan makan tengah malam merupakan kebiasaan buruk sehingga harus dihindari. Tapi untuk menghindari kebiasaan makan tengah malam ini memang tidak mudah. Oleh karena itu, salah satu cara meminimalisasi efek buruk dari makan tengah malam adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Ketika perut merasa lapar tengah malam, cobalah makan granola atau makanan yang terbuat dari gandum supaya kenyangnya awet dan lebih sehat.

 

Perhatikan Asupan Protein

Cara lain agar kebaisaan makan tengah malam bisa hilang adalah dengan memperhatikan konsunsi asupan proteinmu pada saat makan malam. Selain serat,  protein juga bisa membuat kita kenyang lebih lama sehingga bagus untuk dikonsumsi saat makan malam. Dengan begitu, kamu tak mudah lapar tengah malam karena perut masih terasa kenyang.

 

Berhenti Begadang

Cara yang terakhir  menghilangkan kebiasaan makan tengah malam adalah dengan berhenti begadang. Salah satu faktor yang paling banyak menyebabkan kebiasaan makan tengah malam adalah kamu terlalu sering begadang. Begadang bisa membuat sistem metabolisme tubuhmu berantakan dan membuat perut mudah terasa lapar karena tubuh tetap terjaga. Selain itu, begadang juga bisa membuat berat badan bertambah.


Itu dia cara untuk hilangkan kebiasaan makan tengah malam buat teman kuliner yang ingin mengurangi intensitas makan di malam hari. Semoga bermanfaat ya!

Indah Seafood 94

Foto Indah Seafood 94
Foto Indah Seafood 94
Foto Indah Seafood 94

Bubur Ayam Alfa

Foto Bubur Ayam Alfa
Foto Bubur Ayam Alfa
Foto Bubur Ayam Alfa

Bebek Kaleyo

Foto Bebek Kaleyo
Foto Bebek Kaleyo
Foto Bebek Kaleyo

Ayam Bakar Kambal

Foto Ayam Bakar Kambal
Foto Ayam Bakar Kambal
Foto Ayam Bakar Kambal

Bebek BKB

Foto Bebek BKB
Foto Bebek BKB
Foto Bebek BKB

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?