Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Tips Membakar Ikan yang Tepat Agar Hasilnya Seenak Restoran Seafood

List Artikel
30 April 2018 | 0 Komentar

Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki kekayaan laut yang melimpah. Tak heran jika hasil lautnya, terutama ikan bisa kamu temukan dengan mudah dan harganya lebih murah jika dibandingkan dengan daging ayam dan sapi. Oleh karena itu, ada banyak olahan ikan yang dibuat oleh masyarakat Indonesia, mulai dari ikan goreng, balado ikan, pindang ikan, pepes ikan, gulai ikan, hingga ikan bakar. Untuk mengolah ikan bakar memang susah-susah gampang karena ternyata ada trik-trik khusus yang kamu butuhkan agar rasa ikan bakar bisa seenak buatan restoran atau tempat makan seafood. Berikut tips-tipsnya!



Sumber : Pergikuliner.com


1. Ikan yang Cocok untuk Dibakar

Meski ada banyak jenis ikan laut dan ikan air tawar yang ada di Indonesia, tapi tak semuanya enak dijadikan ikan bakar karena jenis ikan yang bagus untuk dijadikan ikan bakar adalah ikan yang memiliki daging agak tebal seperti ikan baronang, ikan bawal, ikan ekor kuning, ikan kakap, ikan kuwe, ikan salmon, dan lain sebagainya. Hindari memilih ikan dengan daging tipis seperti ikan kembung dan ikan gurame karena nanti daging ikan bisa dengan mudah hancur saat dibakar.

 

2. Pilih Ikan yang Segar

Setelah tahu ikan apa yang cocok untuk dijadikan ikan bakar, kini saatnya kamu memilih ikan yang masih segar. Kenapa harus ikan segar? Ikan segar merupakan kunci kelezatan dari ikan bakar karena dagingnya akan terasa manis dan aroma amisnya tidak terasa. Kamu bisa berburu ikan segar di pasar tradisional atau pasar ikan. Jika kamu memasaknya masih nanti, simpan dalam kotak yang sudah diberi es batu. Jangan disimpan dalam freezer karena nanti bisa menyebabkan daging ikan hancur saat dibakar.

 

3. Buat Bumbu Marinasi yang Kaya Rempah

Selanjutnya adalah proses marinasi. Setelah ikan dibersihkan, lumuri ikan terlebih dahulu dengan air jeruk nipis untuk menghilangkan rasa amis. Setelah itu cuci kembali, baru kemudian beri bumbu marinasi. Kebanyakan restoran menggunakan bumbu kuning untuk membakar ikan. Bumbunya terdiri dari bawang putih, kunyit, kemiri, merica, dan garam yang dihaluskan. Selain bumbu kuning, ada bumbu kecap yang terbuat dari bawang putih, cabai, dan kecap manis yang dicampur menjadi satu. Lumuri ikan dengan bumbu dan diamkan selama 15-20 menit sebelum dibakar agar bumbu meresap sempurna.

 

4. Cara Memanggang yang Benar

Sebelum membakar ikan pastikan bara api sudah memiliki panas sempurna. Jika kamu membakar menggunakan kompor biasa, panaskan terlebih dahulu panggangan agar benar-benar panas. Setelah itu, lumuri ikan dengan sedikit minyak untuk mencegah ikan lengket. Bila kamu membakar ikan utuh, lebih baik menggunakan penjepit bakaran agar nanti ikan lebih mudah dibalik. Jangan ubah posisi ikan sekitar 5 menit agar matang sempurna. Setelah 5 menit, kamu baru boleh membolak baliknya. Proses membakar ikan ini tidak membutuhkan waktu lama karena hanya berlangsung sekitar 15-20 menit saja.

 

5. Sajikan dengan Pelengkap

Terakhir adalah menyajikan ikan dengan pelengkapnya. Ikan yang disajikan dengan alas daun pisang akan membuat aromanya jauh lebih wangi. Sebagai orang Indonesia sejati, tentunya sambal menjadi pelengkap wajib pada sajian ikan bakar. Kamu bisa memilih sambal kecap, sambal dabu-dabu, sambal dadak, atau sambal tomat yang cocok untuk ikan bakar. Jangan lupa untuk menambahkan lalapan sayuran seperti daun selada, daun kemangi, kubis, irisan tomat atau mentimun.


Itu dia tips-tips untuk membakar ikan di rumah sendiri untuk perayaan tahun baru atau acara keluarga lainnya. Tapi, buat kamu yang malas untuk membakar ikan sendiri, kamu bisa mencicipi kelezatan sajian ikan bakar di tempat-tempat di bawah ini!

Ikan Bakar Cianjur

Foto Ikan Bakar Cianjur
Foto Ikan Bakar Cianjur
Foto Ikan Bakar Cianjur

Ikan Nila Pak Ugi

Foto Ikan Nila Pak Ugi
Foto Ikan Nila Pak Ugi

Kampoeng Bangka

Foto Kampoeng Bangka

KS Masakan Khas Sulawesi

Foto KS Masakan Khas Sulawesi
Foto KS Masakan Khas Sulawesi

Radja Gurame

Foto Radja Gurame
Foto Radja Gurame

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?