Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Tips Membuat French Toast Lezat Ala Restoran, Coba Yuk!

List Artikel
5 Mei 2019 | 0 Komentar
French toast merupakan salah satu kuliner yang terbuat dari roti. Kuliner ini berasal dari Perancis. Oleh karena itu dinamakan french toast. Frech toast dibuat dari roti yang dibasahi dengan telur dan susu lalu dipanggang bersama mentega. Setelah matang, french toast akan disajikan bersama maple syrup, potongan buah-buahan, hingga gula bubuk. Tekstur dari french toast sangat lembut dan lumer di mulut. French toast sering dijadikan sebagai menu sarapan. Meski terlihat mudah untuk dibuat, tapi tidak semua orang bisa membuat french toast yang enak ala restoran karena dibutuhkan beberapa trik khusus agar sajian french toast yang kamu buat terasa lebih nikmat. PergiKuliner beberapa tips yang bisa kamu ikuti, yuk lihat!

 Sumber : Cafedelites.com


1. Memilih Roti Dengan Ketebalan Yang Pas
Roti yang digunakan untuk membuat french toast adalah roti tawar dengan ketebalan sedang. Pasalnya, roti akan direndam dalam campuran susu dan telur. Jika roti terlalu tebal maka susu tidak akan meresap sempurna. Tapi jika roti terlalu tipis, maka akan menjadi lebih lembek. Selain roti tawar, kamu juga bisa menggunakan sour dough bread atau challaha bread.

2. Memilih Susu yang Tepat
Tidak semua susu cocok digunakan untuk membuat french toast. Jenis susu yang pas adalah susu full cream atau susu skim. Jangan menggunakan susu low fat atau susu rendah gula karena ketika akan dipanggang cita rasanya menjadi kurang gurih. Kamu bisa merendam roti dalam campuran susu dan telur kurang lebih satu menit saja, jangan lebih dari itu. Karena jika lebih, tekstur roti akan menjadi sangat lembek.

3. Mengaduk Campuran Susu dan Telur dengan Takaran yang Pas
Seperti yang sudah dikatakan di atas, untuk membuat french toast dibutuhkan campuran telur dan susu. Tapi kadang ada juga yang menambahkan gula bubuk atau gula cair di dalamnya. Ketika kamu mencampur ketiga bahan tersebut, maka takarannya harus pas. Untuk perbandingan susu, telur, dan gula adalah 3:2:1. Aduk ketiga bahan tersebut sampai benar-benar rata dan tercampur semuanya. Karena jika tidak diaduk dengan rata, maka ketika dimasak akan terjadi gumpalan telur atau bintik gula sehingga cita rasanya tidak merata.

4. Memanggang dengan Cara yang Tepat
French toast harus dipanggang di atas wajan teflon dengan api yang kecil untuk mendapatkan tingkat kematangan yang sempurna, yakni agak garing di bagian luar dan berwarna keemasan karena proses karamelisasi tapi bagian dalamnya tetap lembut. Waktu untuk memanggang french toast cukup 2-3 menit saja. Jika lebih dari itu maka french toast akan menjadi gosong.

Itu dia empat tips membuat french toast ala restorn yang bisa dicoba di rumah ya. Jika sudah selesai memanggang french toast, kamu juga bisa menyajikannya bersama dengan bahan pendamping lainnya lho, seperti buah-buahan segar, selai dan lain sebagainya. Nah, jika kamu ingin menikmati aneka sajian roti lainnya, kamu bisa datang ke beberapa tempat di bawah ini ya!

Roti Bakar 88

Foto Roti Bakar 88
Foto Roti Bakar 88

Roti Bakar Ronin

Foto Roti Bakar Ronin
Foto Roti Bakar Ronin
Foto Roti Bakar Ronin

EatSaurus

Foto EatSaurus

Francis Artisan Bakery

Foto Francis Artisan Bakery
Foto Francis Artisan Bakery
Foto Francis Artisan Bakery

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?