Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Tips Memilih Santan yang Bagus untuk Memasak Menu Lebaran

List Artikel
2 Juni 2019 | 0 Komentar
Hari raya lebaran sebentar lagi tiba. Banyak masyarakat muslim yang sibuk mempersiapkan keperluan dan kebutuhan saat berlebaran, salah satunya mempersiapkan hidangan kuliner khas lebaran. Sebagian besar masyarakat muslim menghidangkan kuliner makanan khas lebaran yang bermacam-macam, diantaranya ada sayur ketupat, rendang, opor, gulai, dan masih banyak lagi. Hidangan kuliner khas lebaran itu semua pastinya membutuhkan bahan utama masakan yang wajib ada, salah satunya adalah santan kelapa. Santan kelapa merupakan salah satu bahan dasar utama untuk sebuah masakan kuliner khas lebaran karena cita rasa santan kelapa dapat membuat hidangan makanan menjadi lebih gurih dan lezat. Namun perlu kamu ketahui sebelum membuat hidangan kuliner khas lebaran dengan menggunakan bahan dasar santan kelapa. PergiKuliner akan memberikan kamu beberapa tips memilih santan yang bagus. Yuk kita cek dulu tipsnya!

Sumber : Ramesia.com

Membedakan Antara Kelapa Tua atau Kelapa Muda
Biasanya santan yang digunakan untuk diolah menjadi sebuah masakan adalah kelapa yang sudah agak tua, karena kelapa tua memiliki daging yang cenderung lebih tebal dan agak keras serta cocok untuk diolah sebagai makanan. Kelapa tua memiliki warna yang terlihat cukup gelap atau tua, kulit sabut yang agak tipis, serta memiliki bunyi khas saat kelapa diketuk-ketuk. Akan tetapi bila kamu ingin mengolah santan sendiri, alangkah baiknya kelapa tersebut langsung kamu olah karena akan menghasilkan rasa yang lebih segar dibandingkan kamu menyimpannya terlebih dahulu di kulkas.

Memiliki Aroma yang Khas
Bila kamu ingin membeli santan kelapa yang segar, kamu harus perhatikan hal yang satu ini. Cek kondisi aroma dan bau dari santan kelapa tersebut. Santan kelapa yang masih segar dapat mudah dibedakan, seperti bau aroma yang wanginya khas akan kesegarannya, tidak tengik, tidak bau apek, dan juga tidak asam. Aroma khas santan kelapa yang bagus dan baik kualitasnya akan menentukan hasil dari kualitas masakan yang kamu masak, serta pastikan wangi aromanya tetap terjaga agar selalu segar untuk dikonsumsi.

Mengetahui dan Memperhatikan Proses Pengolahannya
Bila kamu membeli kelapa langsung dan mengolahnya di rumah supaya terjamin kesegarannya, kamu perlu memperhatikan proses cara pengolahannya. Bila kamu menginginkan hasil santan yang cenderung berminyak, sisakan sedikit kulit kelapa untuk menghasilkan tampilan yang agak mengkilap. Tampilan tersebut merupakan tampilan yang sangat populer di kalangan masakan kuliner khas lebaran karena dapat membuat kamu semakin ingin menyantapnya alias dapat menggugah selera nafsu makan.

Santan Instan yang Praktis dalam Kemasan
Kamu tidak mau repot dan ambil pusing dalam memilih santan kelapa yang bagus? Kamu bisa memilih santan kelapa dalam kemasan yang praktis yang dapat kamu temui banyak di pasar ataupun supermarket. Akan tetapi perlu kamu ketahui dalam memilih santan instan, yaitu kamu harus cek terlebih dahulu tanggal, bulan dan tahun kadaluwarsa yang terdapat pada kemasan tersebut. Terlebih lagi, kamu juga harus mengecek kondisi kemasannya, apakah kondisinya baik dan bagus alias tidak penyok atau sebaliknya. Karena kondisi kemasan yang baik dan layak untuk diolah adalah yang masih bagus dan rapi serta terjaga bentuk kemasan aslinya.

Nah, itulah beberapa tips memilih santan yang bagus untuk kamu olah sebagai masakan kuliner lebaran. Sudah siap untuk memasak? Jika terlalu malas untuk memasaknya sendiri kamu bisa langsung beli jadi saja kok di tempat-tempat berikut ini!

Padang Merdeka

Foto Padang Merdeka
Foto Padang Merdeka
Foto Padang Merdeka

RM Pagi Sore

Foto RM Pagi Sore
Foto RM Pagi Sore
Foto RM Pagi Sore

Sepiring Padang

Foto Sepiring Padang
Foto Sepiring Padang
Foto Sepiring Padang

Bunga Rampai

Foto Bunga Rampai
Foto Bunga Rampai
Foto Bunga Rampai

Sate Padang H. Ajo Manih

Foto Sate Padang H. Ajo Manih
Foto Sate Padang H. Ajo Manih
Foto Sate Padang H. Ajo Manih

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?