Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Tips Menemukan Kopi yang Tepat Sesuai Seleramu

List Artikel
3 Februari 2018 | 0 Komentar

Bersantai di coffee shop sudah menjadi gaya hidup masyarakat di perkotaan. Tak heran jika ada banyak coffee shop yang menjamur di Indonesia. Suasana coffee shop yang nyaman membuatnya tidak hanya dijadikan sebagai tepat bersantai, tapi juga sebagai tempat berkumpul, meeting, hingga ketemuan dengan teman. Ketika kamu datang ke coffee shop, biasanya kamu akan memesan apa? Namanya juga coffee shop, sudah pasti pilihan menu minuman kopinya ada banyak sekali mulai dari espresso, flat white, cappucino, americano, latte, mochachino, cold brew, manual brew, dan masih banyak lagi. Lalu biasanya kopi apa yang sering kamu pesan? Tak jarang kamu kebingungan untuk memilih kopi mana yang sesuai dengan seleramu. Untuk itu, PergiKuliner kali ini akan memberikan kamu beberapa tips agar kamu tak bingung lagi memilih varian kopi yang sesuai, yaitu:

 

1. Memilih Citarasa dari Biji Kopi


Sumber: pergikuliner.com


Secara umum, citarasa dasar kopi terbagi menjadi dua, yakni pahit dan asam.  Jika kamu termasuk tipe orang yang suka cita rasa yang lebih autentik dan intens, kamu bisa memilih biji kopi yang meninggalkan jejak bitterness dan beraroma earthy seperti kopi Sumatera dan kopi Aceh Gayo. Sedangkan jika kamu lebih menyukai rasa yang bervariasi, kamu bisa memilih kopi dengan citarasa asam karena biasanya kopi yang memiliki rasa asam yang tinggi, juga memiliki aroma buah. Misalkan saja Kopi Flores Bajawa dan kopi Bali Kintamani. Jadi sebelum kamu memesan kopi, kamu bisa menanyakan terlebih dahulu kepada barista, biji kopi apa yang mereka gunakan.

 

2. Memilih Tekstur Kopi

Sumber: pergikuliner.com


Setelah biji kopi sudah dipilih, langkah selanjutnya adalah memilih tekstur kekentalan dari kopi tersebut. Ada dua jenis tekstur yang bisa kamu pilih yakni kopi dengan tekstur kental yang memiliki warna pekat seperti espresso dan turunan-turunanya. Sedangkan jika kamu lebih suka kopi dengan tekstur encer, kamu bisa memilih kopi yang menggunakan filter sehingga warnanya cenderung lebih kecoklatan. Bahkan ada yang warnanya nyaris mirip dengan teh. Contoh varian kopi filter seperti kopi manual brew, Vietnam drip, v60 drip, dan lain sebagainya.

 

3. Memilih Bahan Tambahan


Sumber: pergikuliner.com


Ada banyak orang yang suka menambahkan bahan tambahan pada kopi mereka. Selain gula, bahan tambahan terfavorit pada kopi adalah susu dan krim. Bahan tambahan bisa membuat citarasa kopi jadi lebih berbeda dan tak hanya memiliki rasa kopi saja. Jika kamu termasuk orang yang suka mencoba beragam cita rasa yang dihasilkan oleh perpaduan kopi, kamu bisa mencoba varian kopi dengan tambahan susu seperti latte, cappucino, dan flat white.

 

Sekarang sudah ketemu belum kopi apa yang sesuai dengan selera lidah kamu. Kalau sudah, langsung saja mampir ke salah satu coffee shop yang ada di bawah ini yuk!

Kanawa Coffee & Munch

Foto Kanawa Coffee & Munch
Foto Kanawa Coffee & Munch
Foto Kanawa Coffee & Munch

Doma Dona Coffee

Foto Doma Dona Coffee
Foto Doma Dona Coffee
Foto Doma Dona Coffee

Guten Morgen Coffee Lab & Shop

Foto Guten Morgen Coffee Lab & Shop
Foto Guten Morgen Coffee Lab & Shop
Foto Guten Morgen Coffee Lab & Shop

Hygge Coffee

Foto Hygge Coffee
Foto Hygge Coffee

Routine Coffee & Eatery

Foto Routine Coffee & Eatery
Foto Routine Coffee & Eatery
Foto Routine Coffee & Eatery

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?