Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Tips Menghemat Budget Saat Pesan Food Delivery

List Artikel
20 Mei 2023 | 0 Komentar

Memesan food delivery sudah menjadi kebiasaan yang dilakukan banyak orang ketika sedang malas memasak atau tidak sempat menyantap makanan di luar. Layanan food delivery awalnya muncul di Amerika untuk memudahkan masyarakatnya saat menginginkan suatu makanan tapi mereka tidak bisa keluar rumah. Di Indonesia, food delivery baru mulai muncul pada tahun 90-an tapi hanya terbatas pada fast food yang dijual oleh waralaba saja. Barulah pada sekitar tahun 2000-an, food delivery mulai diterapkan pada beberapa restoran ternama. Kepopuleran food delivery semakin meningkat sejak kemunculan menu layanan food delivery pada aplikasi GoFood, GrabFood, ShopeeFood, dan sebagainya. Food delivery selalu dianggap sebagai penolong saat lapar tapi malas keluar. Sayangnya, harga food delivery biasanya lebih mahal jika dibandingkan dine in atau makan langsung di tempat karena adanya biaya yang dikenakan oleh aplikasi tersebut dan juga adanya biaya antar. Tapi ternyata ada tips menghemat budget saat memesan food delivery agar harganya menjadi lebih murah. Yuk, langsung lihat caranya!

 


Sumber: techinasia.com


Beli Makanan yang Sedang Promo

Tips menghemat budget saat pesan food delivery yang paling umum adalah dengan membeli makanan yang sedang promo. Dalam layanan aplikasi food delivery akan ada banyak tempat makan, mulai dari restoran, kafe, hingga kedai kaki lima yang bisa dipilih. Kamu bisa memilih makanan yang sedang promo dengan mengeklik menu promo yang biasanya ada pada bagian depan atau banner yang menunjukkan promosi. Biasanya, promo diberikan pada saat hari besar nasional hingga hari cantik seperti pada tanggal 2 Februari (2.2), 3 Maret (3.3), 4 April (4.4), dan seterusnya. Jika promo tidak bisa dijumpai pada laman depan atau bagian menu, kamu bisa mengeceknya pada saat melakukan pembayaran. Cek juga promo dengan menggunakan metode pembayaran tertentu seperti uang elektronik hingga kartu kredit.

 

Bandingkan Harga Promo di Aplikasi yang Berbeda

Promo yang diberikan tiap-tiap aplikasi pastinya berbeda. Olah karena itu, kamu harus membandingkan promo dari beberapa aplikasi. Ada aplikasi yang memberikan promo potongan harga yang sama, tapi bisa saja di antaranya ada yang memberikan gratis ongkos kirim. Dengan memanfaatkan gratis ongkos kirim ini, maka harga food delivery bisa menjadi lebih murah. Cek juga tawaran promo yang diberikan oleh restoran yang memiliki aplikasi. Berbeda dengan aplikasi kumpulan tempat makan, aplikasi restoran memang hanya khusus menawarkan menu makanan mereka. Dan kelebihan dari aplikasi restoran ialah promo yang diberikan biasanya jauh lebih besar karena aplikasi ini milik restoran itu sendiri sehingga tidak adanya potongan biaya dari pihak pengelola aplikasi.

 

Beli Kupon Diskon

Tips yang kedua untuk menghemat budget saat pesan food delivery adalah dengan membeli kupon diskon. Kamu bisa membeli kupon diskon ini di marketplace dengan potongan harga tertentu. Tapi saat membelinya, usahakan untuk membaca keterangan yang tertera atau syarat dan ketentuan yang berlaku terlebih dahulu. Cek apakah kupon bisa digunakan untuk aplikasi tertentu dan dengan menggunakan metode pembayaran tertentu.

 

Manfaatkan Paket atau Bundle

Tips menghemat budget saat pesan food delivery yang terakhir adalah dengan memanfaatkan paket atau bundle saat memesan makanan. Kekurangan dari tips ini adalah kamu harus membeli 2 lebih porsi makanan atau minuman saat memesan food delivery. Semakin banyak porsi yang dipesan, maka harganya menjadi lebih murah. Dengan begitu, kamu bisa menghemat budget saat pesan food delivery. Jadi, ajaklah anggota keluarga, teman, atau rekan kerja saat akan memesan food delivery untuk dimakan bersama-sama saat sedang berkumpul.

 

Itulah beberapa tips menghemat budget saat pesan food delivery. Tips-tips di atas bisa langsung kamu coba saat hendak memesan food delivery, ya! Berikut ini adalah rekomendasi restoran dari PergiKuliner yang bisa kamu coba untuk memesan food delivery.

Kohai Sushi Bar

Foto Kohai Sushi Bar
Foto Kohai Sushi Bar
Foto Kohai Sushi Bar

Sate Waru

Foto Sate Waru
Foto Sate Waru
Foto Sate Waru

Toast Republik

Foto Toast Republik
Foto Toast Republik
Foto Toast Republik

Carl's Jr.

Foto Carl's Jr.
Foto Carl's Jr.
Foto Carl's Jr.

Warung Bu Kris

Foto Warung Bu Kris
Foto Warung Bu Kris
Foto Warung Bu Kris

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?