Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Tips Menyiapkan Jamuan Natal yang Mudah dan Cepat

List Artikel
20 Desember 2018 | 0 Komentar

Perayaan Natal tinggal sebentar lagi, seberapa jauh persiapan yang sudah dilakukan teman Pergi Kuliner? Perayaan Natal tidak harus dibuat secara mewah dan megah. Asalkan kita sudah bisa berkumpul dan berdoa bersama dengan keluarga saja, itu sudah menjadi perayaan Natal yang membahagiakan. Tapi agar membuatnya lebih spesial, pastinya sebagai pecinta kuliner, kita harus menyiapkan jamuan Natal yang istimewa. Jangan terlebih dahulu berpikiran kalau nanti akan ribet mengurus persiapan jamuan Natal karena persiapan ini bisa kamu lakukan dengan mudah dan cepat asalkan ada persiapan yang matang. Coba deh kamu ikuti tips yang diberikan Pergi Kuliner di bawah ini!


Sumber : Detik.net.id


1. Buat Daftar Siapa Saja yang Akan Datang

Pertama-tama adalah buatlah daftar list siapa saja yang akan datang ke jamuan Natal di rumahmu. Misalkan saja ada sekitar 10 orang, maka buatlah porsi makanan hingga 13-15 orang untuk menghindari makanan yang kurang. Dari daftar list tersebut, kamu harus mengetahui berapa kisaran rata-rata usia yang akan datang karena akan mempengaruhi menu makanan dan minuman yang disajikan nanti. Jika lebih banyak orang tua dan anak-anak, maka siapkan hidangan yang tidak pedas dan tidak terlalu keras. Hal ini perlu dilakukan agar nantinya semua orang bisa menikmati kuliner-kuliner yang kamu sajikan.

 

2. Pilih Menu Hidangan Utama yang Mudah Dibuat

Kalau sudah tahu rata-rata usia yang akan ikut jamuan Natal, maka kamu tinggal memilih menu hidangan utama terlebih dahulu. Pilih menu yang sangat mudah dibuat sehingga kamu tidak akan merasa kerepotan. Biasanya hidangan utama Natal di Indonesia kebanyakan terbuat dari bahan baku ayam atau daging sapi. Ayam atau daging bisa diolah dengan cara dipanggang atau dibakar sehingga mudah dimasak. Setelah menentukan menu hidangan utama, kamu tinggal menentukan menu sayuran dan lauk yang sesuai dengan menu hidangan utama tersebut.

 

3. Hidangan Penutup Bisa Dibuat Sehari Sebelumnya

Setelah menentukan menu makanan besar, kamu pastinya juga harus menyiapkan menu hidangan penutup alias dessert yang akan disantap setelah makan besar dan juga saat bersantai mengobrol bersama dengan kerabat. Hidangan penutup biasanya membutuhkan waktu yang lama untuk memasaknya sehingga akan lebih baik jika kamu sudah menyiapkannya sehari sebelum jamuan Natal. Buat hidangan seperti puding atau klapetart yang bisa dimasukkan ke dalam kulkas sehingga lebih awet dan tidak cepat basi.  

 

4. Kue Kering Khas Natal Tak Boleh Ketinggalan Disajikan

Jamuan Natal tak lengkap tanpa adanya kue kering khas Natal seperti ginger bread, puteri salju, hingga kastengel. Sama seperti sajian dessert, kue kering juga sangat lama dibuat sehingga pasti akan menyita waktumu. Buatlah kue kering paling tidak 4-5 hari sebelum jamuan Natal. Jika waktu yang kamu miliki tidak memungkinkan untuk membuat kue kering, kamu bisa membelinya di toko kue dan memindahkannya di wadah toples yang kamu miliki di rumah.

 

5. Sempurnakan Jamuan Natal dengan Dekorasi yang Menarik

Terakhir adalah memberikan sentuhan pada dekorasi ruang makan yang menarik. Jika biasanya orang akan memusatkan dekorasi Natal pada ruang tamu atau ruang keluarga untuk berkumpul, kamu harus menyempurnakan jamuan Natalmu dengan mendekorasi ruang makan dengan tema Natal. Tak perlu repot membeli beragam aksesoris Natal, kamu cukup mengganti taplak, serbet, serta perlengkapan makan dengan warna-warna Natal seperti warna hijau, merah, dan putih.


Itu dia beberapa tips menyiapkan jamuan Natal yang PergiKuliner kasih untuk kamu. Dan kalau kamu belum sempat menjamu keluarga kamu saat malam Natal di rumah, kamu bisa langsung datangin restoran rekomendasi PergiKuliner di bawah ini!

Le Quartier

Foto Le Quartier
Foto Le Quartier
Foto Le Quartier

TWG Tea Salon & Boutique

Foto TWG Tea Salon & Boutique
Foto TWG Tea Salon & Boutique
Foto TWG Tea Salon & Boutique

Akira Back Indonesia

Foto Akira Back Indonesia
Foto Akira Back Indonesia
Foto Akira Back Indonesia

Mamma Rosy

Foto Mamma Rosy
Foto Mamma Rosy
Foto Mamma Rosy

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?