Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Tips Menyimpan Sisa Alpukat Agar Rasa dan Warnanya Tidak Berubah

List Artikel
28 Agustus 2020 | 0 Komentar

Alpukat menjadi salah satu jenis buah yang identik dengan makanan diet karena alpukat ini kaya akan serat sehingga mengenyangkan dan juga punya kandungan lemak baik sehingga bagus dikonsumsi untuk kesehatan jantung. Alpukat bisa disantap begitu saja atau diolah menjadi aneka kuliner lezat seperti dijadikan jus, smoothies bowl, poke bowl, puding, taco, hingga campuran dalam minuman es seperti seperti es teler, es cendol, hingga es campur. Teksturnya yang lembut dan cita rasanya yang legit menjadi ciri khas dari alpukat. Beberapa orang memang ada yang bisa menghabiskan langsung satu buah alpukat, tapi ada juga yang tidak. Apalagi kalau buah ini digunakan dalam campuran minuman es. Kamu pasti hanya menggunakan setengah buahnya saja dan menyimpan sisanya. Sayangnya buah ini sangat mudah teroksidasi setelah buahnya dibuka. Perubahan warna kecoklatan pada daging alpukat dikarenakan adanya enzim polifenol oksidase yang akan bereaksi saat terkena oksigen. Reaksi inilah yang dapat merubah warna alpukat yang tadinya hijau kekuningan menjadi kecoklatan. Lantas bagaimana agar warnanya tidak berubah dan citarasanya tetap sama? Cek tipsnya dulu di bawah ini ya!



Sumber: Momtastic.com


Bungkus dengan Plastik Wrap

Tips yang pertama adalah membungkusnya dengan plastik wrap. Seperti yang dikatakan di atas, warna daging alpukat yang kecoklatan dikarenakan adanya interaksi dengan oksigen. Oleh karena itu, kamu harus melapisi bagian daging alpukat yang terbuka dengan plastik wrap supaya tidak ada interaksi dengan oksigen. Membungkus alpukat dengan plastik wrap juga bisa menjadikan daging alpukat tetap terasa lembut.


Simpan dalam Wadah Tertutup

Jika tidak ada plastik wrap, kamu juga bisa menyimpannya dalam wadah tertutup yang kedap udara agar daging buah alpukat tidak terkena udara langsung. Tapi saat menyimpannya dengan wadah tertutup, jangan sering-sering membuka tutup wadahnya. Jika wadah sering dibuka tutup, maka akan ada oksigen yang masuk dan merusak daging buah alpukat sehingga jadi kecoklatan.


Gunakan Air Lemon

Air lemon ternyata juga bisa menjadi salah satu cara agar daging buah alpukat tidak cepat berwarna kecoklatan. Air lemon diketahui mengandung vitamin C tinggi dan juga antioksidan. Antioksidan ini bisa membantu untuk menjaga agar daging buah alpukat tidak mudah teroksidasi. Caranya sangat mudah, kamu tinggal memoleskan air lemon pada lapisan daging buah alpukat. Tak perlu banyak, hanya lapisi secara tipis saja lalu simpan dalam wadah kedap udara.


Oles dengan Minyak Zaitun

Selain dengan air lemon, cara lainnya agar alpukat tidak mudah teroksidasi adalah dengan mengolesnya dengan minyak zaitun. Minyak zaitun bisa menghalau paparan oksigen pada daging buah alpukat. Selain itu, dengan mengoleskan minyak zaitun, daging buah alpukat juga bisa tetap terjaga tekstur dan kadar airnya.

 

Itulah beberapa tips menyimpan sisa alpukat agar cita rasa dan warnanya tidak berubah. Apakah kamu ingin langsung mempraktekkannya segera?

Back Office Bistro

Foto Back Office Bistro
Foto Back Office Bistro
Foto Back Office Bistro

Lula Kitchen & Coffee

Foto Lula Kitchen & Coffee
Foto Lula Kitchen & Coffee

Amigos Bar & Cantina

Foto Amigos Bar & Cantina
Foto Amigos Bar & Cantina
Foto Amigos Bar & Cantina

Taco Local

Foto Taco Local
Foto Taco Local
Foto Taco Local

101+ Juice

Foto 101+ Juice
Foto 101+ Juice
Foto 101+ Juice

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?