Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Tips Simpan Daging Agar Tahan Lama Saat Pandemi Covid-19

List Artikel
2 Mei 2020 | 0 Komentar

Pandemi covid-19 membuat kita terpaksa berdiam diri di rumah karena sedang menjalani social distancing. Segala aktivitas pun dilakukan dari rumah, mulai dari bekerja, sekolah, hingga beribadah. Ketika sedang social distancing, pastinya kita tidak akan bisa keluar rumah kecuali untuk kebutuhan terdesak dan penting seperti ke apotik, ke rumah sakit, hingga berbelanja kebutuhan harian dan dapur. Tak heran jika kita menyetok kebutuhan pangan supaya tidak sering-sering keluar rumah. Buat kamu yang suka menyantap daging dan olahannya, PergiKuliner punya beberapa tips agar daging yang dibeli bisa bertahan lama untuk stock selama pandemi corona ini. Yuk, langsung cek tips apa saja yang bisa kamu terapkan!




Sumber : Sumsel.idntimes.com


1. Beli Daging yang Masih Segar dan Kualitasnya Bagus

Tips yang pertama adalah belilah daging sapi yang masih segar dan kualitasnya bagus. Daging yang masih segar dan punya kualitas bagus pasti punya daya tahan yang lebih lama. Memang, harganya pasti lebih mahal, tapi lebih awet disimpan lama dan pastinya punya tekstur serta cita rasa yang lebih enak.

 

2. Cuci Bersih Daging

Tips kedua adalah mencuci daging hingga bersih. Hal ini kerap kali tidak kita lakukan karena malas atau kelupaan. Padahal dengan mencuci daging hingga bersih, bakteri yang menempel pada daging akan hilang sehingga daging tidak mudah busuk ketika disimpan lama. Tapi ingat lho, setelah dicuci, daging harus ditiriskan hingga benar-benar tiris karena kandungan air yang terlalu banyak bisa membuat daging mudah busuk.

 

3. Bumbui Daging

Tips selanjutnya adalah dengan membumbui daging atau memarinasinya. Dengan memarinasi daging akan tahan lama disimpan dalam freezer. Pasalnya dalam bumbu marinasi selalu ada garam yang bisa mengawetkan bahan makanan secara alami. Apalagi jika kamu memarinasinya dengan bumbu tradisional Indonesia yang ada jahe, kunyit, serta rempah-rempah lainnya, daging pun bisa bertahan lebih lama. Selain bisa membuat tahan lama, daging yang dimarinasi juga membuat citarasanya jadi lebih terasa enak.

 

4. Simpan dalam Jumlah Sekali Masak

Biasanya kamu membeli daging segar dalam jumlah berapa kilo? Bagi yang suka membeli daging segar dalam jumlah banyak, kamu jangan menyimpannya sekaligus jika ingin dipakai dalam beberapa kali memasak. Lebih baik menyimpannya dalam jumlah kecil sekali masak. Misalkan saja daging 1 kg akan digunakan untuk membuat sop dan rendang, maka pisahkan daging menjadi dua bagian agar pada saat memasak 1 masakan tersebut, daging sisanya tidak usah dikeluarkan.

 

5. Simpan dalam Wadah yang Tertutup Rapat

Terakhir adalah menyimpannya dalam wadah yang tertutup rapat. Wadah yang tertutup rapat ini seperti wadah containernya, bukan plastik kemasan atau sterofoam. Plastik kemasan dan sterofoam memiliki celah udara yang bisa membuat daging mudah busuk. Belum lagi plastik kemasan dan sterofoam mengandung bahan kimia yang tidak bagus untuk tubuh.

 

Itulah beberapa tips menyimpan daging agar tahan lama yang bisa kamu terapkan dengan mudah. Setelah membaca artikel ini, kamu bisa langsung mempraktekkannya segera nih! Nah, di bawah ini ada beberapa tempat makan dengan bahan utama daging yang bisa kamu kunjungi setelah pandemi Corona mereda ya!

Steak 21 Buffet

Foto Steak 21 Buffet
Foto Steak 21 Buffet
Foto Steak 21 Buffet

AB Steakhouse by Chef Akira Back

Foto AB Steakhouse by Chef Akira Back
Foto AB Steakhouse by Chef Akira Back
Foto AB Steakhouse by Chef Akira Back

B'Steak Grill & Pancake

Foto B'Steak Grill & Pancake
Foto B'Steak Grill & Pancake

Street Steak

Foto Street Steak
Foto Street Steak
Foto Street Steak

Steakmate

Foto Steakmate
Foto Steakmate
Foto Steakmate

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?