Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Tips Simpan Donat yang Benar Agar Bisa Disantap Besok

List Artikel
8 November 2023 | 0 Komentar
Donat merupakan salah satu jajanan manis yang disukai semua kalangan, baik itu anak-anak maupun orang dewasa. Donat dibuat dari bahan dasar tepung terigu yang dicampur dengan gula, mentega, telur, ragi, dan susu. Bentuknya yang bulat dengan bolong di tengahnya seperti cincin membuat donat terlihat sangat unik. Donat dimasak dengan cara digoreng lalu disajikan dengan tambahan topping manis di atasnya. Topping yang digunakan bisa berupa  selai, lelehan cokelat, parutan keju, dan sebagainya. Rasa dari donat yang enak dengan tekstur kenyal dan empuk membuat kita ingin menyantapnya sebagai camilan. 


Sumber: Weheartit.com

Biasanya orang cenderung membeli donat dalam jumlah banyak. Alasannya adalah karena tidak cukup jika hanya menyantap satu donat saja. Tapi bagaimana jika ternyata kita kekenyangan sehingga menyisakan sisa donat? Tenang saja Teman Kuliner, donat sebenarnya bisa disantap keesokan harinya jika disimpan dengan cara yang benar. Lantas bagaimana cara menyimpan donat yang benar? Teman Kuliner bisa menyimak cara-caranya di bawah ini!

Pastikan Donat dalam Kondisi Dingin
Hal pertama yang wajib dilakukan pada saat akan menyimpan donat supaya bisa disantap besok hari adalah dengan memastikan kalau donat tersebut sudah dalam kondisi dingin. Donat yang masih panas saat akan disimpan bisa membuat donat cepat basi. Pasalnya, hawa panas yang tersisa bisa membuat bakteri lebih cepat berkembang. Tidak hanya membuat donat cepat basi, donat yang masih panas saat masih disimpan juga bisa berpengaruh pada tekstur donat yang nantinya akan berubah menyusut.


Sumber: PergiKuliner.com


Simpan dalam Wadah Kedap Udara
Menyimpan donat dalam wadah kedap udara bisa menjadi cara terbaik yang dilakukan Teman Kuliner. Saat membeli donat, donat pasti akan disajikan dalam kemasan kardus atau kotak. Meski tertutup, tapi biasanya ada lubang atau celah yang membuat uap dari donat yang masih panas bisa menguap dengan baik. Nah, jika Teman Kuliner membeli donat untuk disimpan, ganti kotak tersebut lalu gunakan wadah kedap udara yang tertutup rapat. Paparan udara bisa membuat donat mudah berjamur atau tengik karena udara yang masuk ke dalam kemasan.

Hindari Paparan Sinar Matahari
Ada satu hal penting yang kerap kali tidak diperhatikan oleh orang-orang yang akan menyimpan donat yakni meletakkannya di tempat yang terpapar sinar matahari langsung. Paparan sinar matahari yang panas bisa membuat donat mudah berubah tekstur dan rasanya sehingga kurang enak saat disantap lagi. Selain tempat yang terpapar sinar matahari, hindari juga meletakkan donat di dekat sumber panas seperti di dekat kompor atau di samping kulkas. 

Hindari Menyimpan Bertumpuk
Saat akan menyimpan donat, usahakan kalau Teman Kuliner tidak menyimpannya dalam bentuk bertumpuk. Jika disimpan dalam bentuk bertumpuk, maka donat bisa lengket atau menyatu satu sama lain. Selain itu, topping donat juga akan tercampur dengan topping donat lainnya. Menyimpan donat secara bertumpuk juga bisa membuat donat yang paling bawah memiliki ukuran tebal yang lebih kecil karena tertindih. Jadi usahakan saat akan menyimpannya, simpanlah dengan cara berjejer rapi.


Sumber: PergiKuliner.com


Masukkan ke Dalam Kulkas atau Freezer
Cara simpan donat yang terakhir adalah dengan memasukkannya ke dalam kulkas atau freezer. Cara ini tidak hanya bisa membuat donat tahan sampai keesokan harinya, tapi juga awet hingga beberapa hari. Tapi meskipun disimpan di dalam kulkas atau freezer, usahakan untuk meletakkannya dalam wadah kedap udara dan tidak ditumpuk. Dengan begitu, donat bisa tahan disimpan lama.

Itulah beberapa cara menyimpan donat yang benar agar bisa disantap besok. Semoga informasi di atas bisa berguna untuk Teman Kuliner yang ingin menyimpan donat setelah membelinya. Nah, buat yang kepengen beli donat, di bawah ini ada beberapa gerai donat enak yang bisa diicip. Yuk, mampir!

Mister Donut

Foto Mister Donut
Foto Mister Donut
Foto Mister Donut

Donat Bahagia

Foto Donat Bahagia
Foto Donat Bahagia
Foto Donat Bahagia

Ponut Donat Kentang

Foto Ponut Donat Kentang
Foto Ponut Donat Kentang
Foto Ponut Donat Kentang

Krispy Kreme

Foto Krispy Kreme
Foto Krispy Kreme
Foto Krispy Kreme

Lukulokal

Foto Lukulokal
Foto Lukulokal
Foto Lukulokal

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?