Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Tips Simpan Selai yang Tepat agar Tak Mudah Berjamur dan Basi

List Artikel
21 Oktober 2023 | 0 Komentar

Siapa di sini yang suka menyantap roti dengan selai? Selai merupakan bahan makanan berupa pasta yang diperoleh dari pemasakan suatu bahan menjadi adonan yang kental seperti bubur. Selai memiliki rasa manis yang dominan karena salah satu bahan dasarnya adalah gula. Selain gula, tentu saja ada bahan dasar lainnya yakni buah-buahan, kacang-kacangan, dan lain sebagainya. Jika ditambahkan buah maka akan ada campuran rasa asam di dalamnya. Selai biasanya dijual dalam bentuk kemasan plastik, botol, hingga toples kaca dengan ukuran sekitar 100 gram hingga 1 kg. Jika membeli dalam jumlah banyak, kamu harus pintar dalam menyimpannya agar tidak berjamur dan basi. Lantas, bagaimana cara menyimpannya? Yuk, coba langsung cek beberapa tips simpan selai di bawah ini!

 


Sumber: thedailymeal.com


Biarkan dalam Toples Kemasan

Tips simpan selai yang pertama adalah dengan membiarkannya di dalam toples kemasan. Jadi, kalau kamu membeli selai dalam bentuk kemasan toples hingga botol maka biarkan saja selai tersebut di wadahnya semula. Hindari memindahkan selai ke wadah lainnya karena pemilihan wadah dari pabrik tentu sudah dipastikan memiliki kualitas yang membuat selai tahan lama. Tapi jika selai yang dibeli dalam kemasan plastik biasa maka kamu harus memindahkannya ke wadah yang tertutup rapat. Pastikan untuk membersihkan wadah tersebut hingga bersih dan kering, barulah kemudian pindahkan selai ke dalamnya.

 

Simpan di Suhu Udara yang Sejuk

Saat menyimpan selai, perhatikan suhu udara yang ada di sekitarnya. Lebih baik, selai disimpan di suhu ruangan yang sejuk untuk menjaga tekstur dan rasanya. Hindari meletakkan selai di tempat yang mudah terpapar sinar matahari. Saat selai terpapar sinar matahari, maka suhu di dalam kemasan akan menjadi lebih hangat dan memudahkan bakteri untuk berkembang biak di dalamnya. Selai yang disimpan di suhu udara sejuk bisa tahan selama 1-3 bulan. Jika ingin lebih tahan lama lagi, kamu bisa menyimpan selai di dalam kulkas. Selai yang disimpan di dalam kulkas akan bertahan hingga berbulan-bulan. Namun, pastikan bahwa selai disimpan dalam wadah yang tertutup rapat.



Sumber: marthastewart.com

 

Hindari Menyimpan di Dekat Bahan yang Beraroma Tajam

Ternyata menyimpan selai di dekat bahan beraroma tajam ini bisa mengubah aroma dan rasa dari selai. Sebaiknya, simpan selai di lemari khusus atau simpan bersama dengan gula, madu, atau tepung-tepungan. Hindari menyimpan selai di dekat bumbu dapur. Meski bumbu dapur disimpan dalam wadah yang tertutup juga, ada kemungkinan aromanya yang bocor bisa mempengaruhi aroma dari selai yang sudah kamu simpan.

 

Gunakan Sendok Bersih Saat Mengambil Selai

Tips simpan selai yang tepat supaya tidak mudah berjamur dan basi adalah selalu menggunakan sendok bersih saat mengambil selai. Dengan menggunakan sendok bersih, maka akan mengurangi kontaminasi bakteri yang terjadi. Selain menggunakan sendok yang masih bersih, kamu juga bisa menyimpan selai dengan membaginya ke beberapa wadah berukuran kecil-kecil sehingga bisa digunakan sebanyak 1-2 kali saja. Dengan begitu, selai tidak mudah terpapar bakteri yang menyebabkan timbulnya jamur dan bakteri.

 

Itulah beberapa tips simpan selai yang tepat agar tidak mudah berjamur dan basi. Semoga dengan adanya informasi di atas, kamu bisa menyimpan selai dengan benar agar rasanya tetap lezat saat digunakan pada dessert atau hidangan manis lainnya, ya. Nah, buat kamu yang ingin menyantap dessert atau aneka hidangan manis, kamu bisa mencoba beberapa rekomendasi di bawah ini!

Mister & Misses Cakes

Foto Mister & Misses Cakes
Foto Mister & Misses Cakes
Foto Mister & Misses Cakes

Baby Dutch Pancake

Foto Baby Dutch Pancake
Foto Baby Dutch Pancake
Foto Baby Dutch Pancake

Cizz Cheesecake & Friends

Foto Cizz Cheesecake & Friends
Foto Cizz Cheesecake & Friends
Foto Cizz Cheesecake & Friends

The Pancake Co. by DORE

Foto The Pancake Co. by DORE
Foto The Pancake Co. by DORE
Foto The Pancake Co. by DORE

BROWNFOX Waffle & Coffee

Foto BROWNFOX Waffle & Coffee
Foto BROWNFOX Waffle & Coffee
Foto BROWNFOX Waffle & Coffee

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?