Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Tips Simpan Sisa Makanan di dalam Kulkas agar Kualitasnya Terjaga

List Artikel
24 Mei 2023 | 0 Komentar

Saat memesan makanan, terkadang kita tidak menghabiskan sisa makanan yang ada karena sudah kekenyangan. Mau dibuang pun sayang karena porsi makanannya masih cukup banyak. Oleh karena itu, sisa makanan lebih baik disimpan di dalam kulkas supaya lebih awet sehingga bisa disantap kembali. Namun, menyimpan sisa makanan di dalam kulkas sebenarnya tidak boleh sembarangan. Jika salah cara menyimpannya maka tekstur dan rasa makanan bisa berbeda. Ditambah lagi aroma dari makanan juga bisa berubah karena di dalam kulkas tidak hanya sisa makanan itu saja yang disimpan, melainkan ada banyak makanan serta bahan makanan lainnya. Untuk beberapa tips simpan sisa makanan di dalam kulkas, kamu bisa mengeceknya langsung di bawah ini!

 


Sumber: rd.com


Simpan dalam Wadah Tertutup Rapat

Tips yang paling tepat untuk menyimpan sisa makanan di dalam kulkas adalah dengan menyimpannya dalam wadah yang tertutup rapat. Menyimpan makanan dalam wadah tertutup rapat bisa mencegah aroma makanan terkontaminasi dengan aroma dari makanan lainnya yang ada di dalam kulkas. Ditambah lagi, sisa makanan yang disimpan dalam kulkas juga bisa tetap terjaga kesegarannya. Jika tidak memiliki wadah yang tertutup rapat, kamu bisa menggunakan kantong plastik yang nantinya diikat dengan rapat.

 

Pisahkan Kuah dengan Isian

Jika menyimpan sisa makanan berkuah di dalam kulkas, kamu bisa memisahkan terlebih dahulu kuah dengan isian yang di dalamnya. Alasan mengapa kuah dengan isian makanan harus dipisahkan adalah supaya tekstur isian makanan berkuah masih tetap sama ketika disantap kembali. Jika disimpan dengan kuahnya, maka tekstur isiannya bisa berubah seperti mengembang atau menjadi lembek. Kamu bisa menyimpan kuah dan isiannya dalam wadah tertutup rapat yang terpisah.

 

Selalu Jaga Suhu dalam Kulkas

Tips simpan sisa makanan di dalam kulkas yang lainnya adalah dengan selalu menjaga suhu yang ada di dalam kulkas. Misalkan saja dengan tidak mengubah setelan temperatur kulkas atau tidak sering-sering membuka pintu kulkas. Suhu yang selalu terjaga dalam kulkas bisa membuat sisa makanan yang disimpan tidak mudah basi karena bakteri tidak mudah berkembang. Perubahan suhu yang berbeda-beda akibat perubahan setelan temperatur kulkas justru akan membuat suhu makanan menjadi tidak stabil dan bakteri bisa berkembang biak. Sebaiknya, letakkan wadah penyimpanan sisa makanan di rak bagian bawah karena suhu di bagian tersebut tidak mudah berubah.

 

Simpan dalam Freezer

Tips terakhir untuk menyimpan sisa makanan di dalam kulkas adalah menyimpannya di dalam freezer. Jika ingin lebih awet, menyimpan makanan di dalam freezer bisa kamu lakukan. Tentu saja dengan syarat harus melakukan hal-hal yang telah disebuatkan di atas, seperti menyimpan menggunakan wadah yang tertutup rapat hingga memisahkan kuah dengan isiannya. Waktu yang diperlukan untuk menyimpan makanan sisa ke dalam freezer akan jauh lebih lama dari makanan sisa yang disimpan ke dalam kulkas biasa. Kira-kira, waktu simpannya bisa hingga dua kali lipat. Meski demikian, tidak semua sisa makanan cocok disimpan di dalam freezer. Salah satu makanan yang wajib dihindari untuk disimpan dalam freezer adalah gorengan karena ketika dipanaskan kembali teksturnya akan menjadi rusak.

 

Bagaimana menurut kamu mengenai tips menyimpan sisa makanan di dalam kulkas tersebut? Apakah kamu ingin langsung mempraktekkannya sendiri di rumah? Berikut ini ialah daftar rekomendasi kuliner yang bisa kamu cobain bersama keluarga atau teman-teman. Kalau kira-kira tidak habis dimakan, kamu bisa simpan sisa makanan di dalam kulkas seperti tips yang sudah dijelaskan di atas!

Pizza Place

Foto Pizza Place
Foto Pizza Place
Foto Pizza Place

Martabak Sinar Bulan

Foto Martabak Sinar Bulan
Foto Martabak Sinar Bulan
Foto Martabak Sinar Bulan

Goobne Chicken

Foto Goobne Chicken
Foto Goobne Chicken
Foto Goobne Chicken

Yinyang Dimsum

Foto Yinyang Dimsum
Foto Yinyang Dimsum
Foto Yinyang Dimsum

Kohai Sushi Bar

Foto Kohai Sushi Bar
Foto Kohai Sushi Bar
Foto Kohai Sushi Bar

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?