Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Tortellini vs Tortelloni, Sama-sama Pasta Italia Lalu Apa Bedanya?

List Artikel
3 Maret 2020 | 0 Komentar

Pasta merupakan salah satu kuliner khas Italia yang keberadaannya sudah mendunia. Rasanya hampir semua negara di dunia punya sajian pasta di restoran atau kedai yang berkonsep Eropa. Pasta memiliki beragam jenis yang berbeda-beda, tergantung dari bentuk dan juga isiannya. Dari sekian banyak jenis pasta, ada dua pasta yang terlihat mirip satu sama lain, yakni tortellini dan tortelloni. Keduanya ini memiliki bentuk yang terlihat sama dan juga punya isian di dalamnya sehingga kita seringkali salah mengenali. Padahal ada beberapa perbedaan yang dimiliki oleh tortellini dan tortelloni. Nah, agar tak salah lagi, coba cek dulu perbedaan dari keduanya dulu ya!



Sumber : Thron.com


Dari Segi Bentuk dan Ukurannya

Jika dilihat dari segi bentuk dan ukurannya, keduanya ini bisa kamu bedakan dengan mudah loh. Tortellini dan tortelloni merupakan jenis pasta yang berbentuk seperti cincin atau pusar. Untuk membedakannya, tortellini punya ukuran yang lebih kecil dan mini jika dibandingkan dengan tortelloni. Sama-sama berasal dari Bologna dan Modena, pasta tortellini berukuran sekitar 1 cm, sedangkan tortelloni berukuran sekitar 3 cm.

 

Dari Segi Isiannya

Kalau dilihat dari segi isiannya, pasti kamu akan langsung tahu. Tortellini yang berbentuk mini ini memiliki isian daging giling atau keju. Sedangkan untuk tortelloni yang ukurannya lebih besar terdapat isian yang lebih beragam seperti sayuran, keju, labu kuning, biskuit dan lain sebagainya. Dengan melihat isiannya, kamu bisa membedakannya dengan mudah bukan?  



Sumber : Azureedge.net 


Dari Segi Cita Rasanya

Berhubung isiannya ini berbeda, pastinya citarasa yang dihadirkan juga ikut berbeda. Tortellini memiliki bentuk yang lebih kecil, tapi aromanya lebih kuat dan gurih karena isiannya kebanyakan adalah daging cincang dan rempah-rempah. Sedangkan untuk tortelloni cita rasanya lebih ringan karena di dalamnya ada campuran sayur-sayurannya.

 

Dari Segi Cara Pembuatannya

Tahukah kamu kalau tortellini dan tortelloni juga bisa dibedakan dari segi cara pembuatannya. Untuk adonan tortellini aslinya adalah lembaran pasta yang berbentuk lingkaran yang kemudian diisi lalu dilipat menjadi setengah lingkaran dan dikunci sehingga mirip bentuk cincin atau pusar. Sedangkan untuk tortelloni dibuat dari lembaran pasta yang berbentuk segi empat lalu diberi isian dan dilipat menjadi bentuk segitiga dan dilingkarkan menjadi bentuk cincin.

 

Dari Cara Penyajiannya

Cara membedakan tortellini dan tortelloni yang terakhir adalah dari segi cara penyajiannya. Biasanya tortellini disajikan dalam kuah kaldu sapi atau ayam alias dijadikan sebagai sup. Sedangkan untuk tortelloni bisa disajikan dengan aneka saus pasta atau ditumis bersama dengan mentega, basil, aneka sayur-sayuran serta keju parmesan.

 

Itulah beberapa perbedaan tortellini dan tortelloni. Semoga dengan adanya penjelasan di atas, kamu bisa membedakan keduanya dengan mudah ya! 

Toodz House

Foto Toodz House
Foto Toodz House
Foto Toodz House

Avec Moi

Foto Avec Moi
Foto Avec Moi

Osteria Gia

Foto Osteria Gia
Foto Osteria Gia

Basilico

Foto Basilico
Foto Basilico

Popolamama

Foto Popolamama
Foto Popolamama
Foto Popolamama

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?