Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Tortilla Khas Meksiko Ini Ternyata Ada Banyak Ragamnya Loh

List Artikel
9 Juni 2017 | 1 Komentar

Tortilla, roti tipis yang satu ini seringkali kamu jumpai pada aneka sajian khas Meksiko. Tortilla ini dibuat dari roti jagung atau gandum tanpa ditambahkan pengembang atau ragi sehingga bentuknya sangat tipis seperti lembaran kertas. Tortilla awalnya berasal dari Spanyol dan dibawah oleh orang-orang Eropa ke benua Amerika. Nama tortilla diambil dari bahasa Spanyol ‘torta’ yang berarti kue bundar. Tortilla digunakan dalan berbagai macam kuliner Meksiko, mulai dari burrito, nachos, quessadilla, echilada, taco, dan lain masih banyak lagi. Buat kamu yang sering menyantap kuliner Meksiko, tahukah kamu kalau sebenarnya tortilla ini tak hanya satu loh jenisnya, tapi ada banyak ragamnya seperti di bawah ini!

 

Tortilla Jagung Kuning



Sumber: pergikuliner.com


Tortilla yang satu ini merupakan tortilla yang terbuat dari jagung manis sehingga warnanya jadi kekuningan. Cita rasanya ada sedikit rasa manis dengan tekstur lebih tebal dan agak garing saat di panfry sehingga tak mudah dibentuk. Masyakarat Meksiko menggunakan jenis tortilla ini untuk varian kuliner seperti menu taco, enchilada, serta chips nachos yang cocok dipadukan dengan saus salsa.

 

Tortilla Jagung Putih



Sumber: pergikuliner.com


Ada tortilla jagung kuning, ada juga tortilla dari jagung putih yang memiliki tekstur padat dan tebal namun lebih ringan. Meski begitu, tortila ini sangat bagus untuk membungkus. Tortilla jagung putih di goreng atau dikukus terlebih dahulu baru digunakan pada menu kuliner quesadilla serta taco yang berisi aneka daging cincang dan sayuran segar atau salad.

 

Tortilla Tepung Putih



Sumber: pergikuliner.com


Berbeda dengan jenis tortilla yang menggunakan jagung, tortilla yang menggunakan tepung putih biasa cenderung memiliki tekstur yang lebih lembut sehingga mudah untuk digulung. Teksturnya lebih halus dan ringan sehingga tak mudah sobek saat diberi isian yang cukup banyak. Tortilla tepung putih ini cukup dimasak dalam wajan, oven, atau kukusan selama satu hingga dua menit saja. Kamu bisa menemukan penggunaan tortilla tepung putih ini dalam burrito dan quesasillas.

 

Tortilla Gandum



Sumber: pergikuliner.com


Terakhir ada tortilla gandum yang pastinya terbuat dari tepung gandum. Jenis tortilla ini memang paling menyehatkan karena lebih kaya serat dibanding jenis tortilla lainnya. Tortilla gandum biasa untuk membungkus burrito yang berisi nasi hingga campuran salad yang agak berair. Tekstur tortilla ini sangat tipis dan lembut namun kenyal sehingga mudah dibentuk.

 

Nah, sudah tahu khan apa saja ragam tortilla. Pengen langsung nyobain? Yuk mampir ke sini aja!

Picante

Foto Picante
Foto Picante

La Hoya Comida Mexicana

Foto La Hoya Comida Mexicana
Foto La Hoya Comida Mexicana
Foto La Hoya Comida Mexicana

Mojo Kitchen & Bar

Foto Mojo Kitchen & Bar

Chili's Grill and Bar

Foto Chili's Grill and Bar
Foto Chili's Grill and Bar
Foto Chili's Grill and Bar

Taco Local

Foto Taco Local
Foto Taco Local
Foto Taco Local

Topik artikel ini:
1 Komentar
[ ... ]
Foto user umum
Saya ingin bertanya tentang nama yang menulis ini
gunghendra08@gmail.com | 07 Aug 2021 pk. 02:22 PM

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?