Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Tradisi Minum Teh Ala Inggris vs Jepang, Apa Bedanya?

List Artikel
5 Maret 2020 | 0 Komentar

Teh menjadi salah satu minuman yang keberadaannya sudah mendunia. Rasanya hampir semua negara memiliki teh khasnya masing-masing. Meski bisa dengan mudah dijumpai di berbagai negara, tapi ada dua negara yang memiliki tradisi minum teh yang paling terkenal di dunia, yakni Inggris dan Jepang. Tradisi minum teh di dunia negara ini memang sangat populer karena sudah menjadi budaya yang masih tetap dilestarikan hingga sekarang. Tapi tahukah kamu, antara tradisi minum teh Jepang dengan Inggris ada tidak perbedaannya? Tentu saja pasti ada. Ingin tahu ada di mana saja letak perbedaannya? Langsung kita lihat bersama saja ya!

 


Sumber : Pergikuliner.com


Sejarahnya

Perbedaan yang pertama sudah pasti dapat terlihat dari segi sejarahnya. Teh di Jepang sudah ada sejak abad ke-8, tapi hanya sebatas dikonsumsi sebagai obat saja. Lalu pada saat periode Muromachi, teh mulai dikonsumsi sebagai minuman untuk jamuan para elite karena pada saat acara minum teh, para kalangan menengah ke atas menjadikannya sebagai ajang untuk mempertunjukkan koleksi mangkuk keramik teh mereka. Sedangkan di Inggris, teh ada pada tahun 1665 dan dipopulerkan oleh Ratu Anne. Pada tahun 1800-an, Duchess of Bedford mulai mempopulerkan minum teh dengan roti dan olesan mentega menjelang malam.

 

Tempat dan Waktu Penyajian

Seperti yang kita ketahui, dalam tradisi minum teh ala Inggris, acara minum teh dilakukan di sore hari sehingga dijuluki dengan nama afternoon tea. Minum teh ala Inggris bisa dilakukan di dalam ruangan, maupun luar ruangan. Sedangkan untuk tradisi minum teh ala Jepang, acara dilakukan di ruangan khusus atau tea room yang beralaskan tatami. Untuk waktunya, bisa dilakukan kapan saja tergantung tuan rumah yang menyelenggarakan acara minum teh.

 

Cara Penyajian

Ada perbedaan yang cukup besar ketika kita melirik cara penyajian minum teh ala Jepang dengan Inggris. Untuk minum teh ala Jepang, teh disajikan dalam keadaan belum diseduh. Nantinya teh baru akan diseduh di hadapan para tamu dengan menggunakan metode khusus agar cita rasa dan tekstur teh tidak rusak. Berbeda dengan minum teh ala Inggris yang langsung menyajikan teh di dalam teko. Bersama dengan teko teh, akan disajikan juga gula berbentuk kubus yang diletakkan dalam jar atau wadah khusus.

 

Cara Minum

Untuk cara meminumnya, bisa dikatakan cara minum teh ala Jepang lebih rumit karena banyak tahapannya, mulai dari kamu harus mencuci tangan dahulu, mengangkat mangkuk teh dengan tangan kanan, memutarnya searah jarum jam, dan lain sebagainya. Sedangkan untuk minum teh ala Inggris, kamu harus menunggu tuan rumah menuangkan teh kepadamu dan minum dengan cara mengangkat alas piring teh dengan tangan kiri dan tangan kanan memegang cangkir. Pastikan saat meminumnya, jari kelingking harus sejajar dengan jari tangan lainnya.

 

Jenis Teh yang Digunakan

Jika kita berbicara tentang jenis teh yang digunakan, kamu sendiri pasti sudah tahu kalau tradisi minum teh ala Jepang selalu menggunakan jenis teh hijau. Sedangkan untuk tradisi minum teh ala Inggris, jenis tehnya bisa lebih beragam. Tapi rata-rata kebanyakan menggunakan jenis teh hitam atau putih, tergantung dari kesukaan tuan rumah.

 

Makanan Pendampingnya

Perbedaan yang terakhir adalah dari segi makanan pendampingnya. Untuk tradisi minum teh Jepang, akan ada cha-kaiseki yang merupakan sajian lengkap. Mulai dari makanan pembuka, hidangan utama, dan penutup. Hal ini tentu saja berbanding terbalik dengan tradisi minum teh ala Inggris yang hanya menyajikan cake, kue, sandwich, serta aneka camilan yang bisa disantap dalam 1-2 gigitan. Sajian tersebut biasanya disajikan dalam wadah bertingkat.

 

Setelah membaca penjelasan di atas, sekarang kamu sudah mengerti perbedaan dari keduanya? Menurutmu sendiri, dari keduanya lebih enak minum teh ala Jepang atau Inggris? Apapun pilihanmu, semoga informasi di atas bisa menambah pengetahuan kulinermu ya! Jika ingin ikut menikmatinya, kamu bisa mampir dulu aja ke salah satu tempat minum teh di bawah ini ya!

The Writers Bar - Raffles Jakarta Hotel

Foto The Writers Bar - Raffles Jakarta Hotel
Foto The Writers Bar - Raffles Jakarta Hotel

TWG Tea Salon & Boutique

Foto TWG Tea Salon & Boutique
Foto TWG Tea Salon & Boutique
Foto TWG Tea Salon & Boutique

Lewis & Carroll Tea

Foto Lewis & Carroll Tea
Foto Lewis & Carroll Tea

Daily Treats - The Westin Jakarta

Foto Daily Treats - The Westin Jakarta
Foto Daily Treats - The Westin Jakarta
Foto Daily Treats - The Westin Jakarta

Tea Et Al - Leaf Connoisseur

Foto Tea Et Al - Leaf Connoisseur
Foto Tea Et Al - Leaf Connoisseur
Foto Tea Et Al - Leaf Connoisseur

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?