Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Trik Memasak Spaghetti Agar Hasilnya Mirip Dengan yang Ada di Restoran Italia

List Artikel
6 Februari 2019 | 0 Komentar
Spaghetti merupakan salah satu jenis pasta yang paling banyak digunakan alias diolah menjadi beragam menu hidangan. Pasalnya spaghetti memiliki bentuk yang ideal. Tidak terlalu lebar seperti fettuchini dan tidak terlalu tipis seperti angel hair. Dengan bentuk yang ideal ini, spaghetti bisa dipadukan dengan saus apa saja, mulai dari saus pesto, saus bolognaise, hingga saus carbonara. Kita biasanya seringkali ingin mencoba untuk membuat sendiri olahan spaghetti di rumah, tapi ujung-ujungnya cita rasa yang diberikan tidaklah seenak yang ada di restoran Italia. Supaya kamu bisa memasak spaghetti yang lezat seperti yang ada di restoran Italia, ada beberapa trik yang bisa kamu gunakan lho!


Sumber : Pergikuliner.com 


1. Masak Spagheti dengan Air yang Pas
Trik yang pertama adalah masak spaghetti dengan air yang pas dan sesuai takaran. Bagaimana caranya? Kamu bisa menuang air setidaknya ¾ panci jika ingin membuat 2-3 porsi spaghetti. Ingat, jangan sekali-kali menambahkan air jika spaghetti sudah masuk karena proses memasak air harus diulang dan suhu juga akan menurun. Setelah air mendidih, maka segera matikan api dan tutup panci lalu diamkan selama setidaknya 7 menit supaya bisa mendapatkan tekstur spaghetti yang al dente.

2. Masak Spagheti dengan Saus
Ingin spaghetti memiliki rasa yang super lezat? Kamu bisa coba merebusnya langsung dengan saus yang sudah kamu buat terlebih dahulu. Tapi ingat, buat saus agak encer supaya nantinya tidak kering saat disajikan. Dengan menggunakan saus untuk merebus spaghetti, maka sari dan cita rasa pada pada saus akan meresap dengan sempurna ke dalam spagheti sehingga kamu tak perlu lagi mencampurnya saat menyantap spagheti teresebut.

3.
Tambahkan Garam dan Gula di Waktu yang Tepat
Saat merebus spagheti, jangan lupa untuk menambahkan garam dan gula pada air rebusan spaghetti. Jangan menaruhnya setelah spagheti dimasukkan karena garam tidak akan bisa tercampur dengan sempurna. Gula juga bisa ditambahkan pada saus spaghetti. Tujuannya adalah agar rasa asam dan pahit yang biasa muncul pada saus seperti saus pesto bisa hilang. Tapi jangan banyak-banyak ya memberikan gulanya. Cukup ½ sendok teh saja.

4. Jangan Tambahkan Minyak Zaitun
Kita seringkali menambahkan minyak zaitun ke dalam air rebusan spagheti untuk menghindari spagheti menggumpal. Hal seperti ini jangan kamu lakukan lagi ya! Menambahkan minyak zaitun pada air rebusan spagheti bisa membuat spagheti yang sudah terkena minyak tidak akan bisa menyerap saus. Hal yang sama juga terjadi jika kamu menambahkan minyak zaitun setelah spaghetti ditiriskan. Jadi, lebih baik tidak menambahkan minyak zaitun sama sekali jika ingin saus terserap dengan sempurna.

5. Tambahkan Topping Pada Saat Akan Disajikan
Topping selalu diberikan saat pasta diletakkan di atas piring saji. Padahal belum tentu kita akan menyantapnya saat itu juga. Penambahan topping seperti daun basil, potongan parsley, hingga taburan keju parmesan parut lebih baik ketika akan disajikan alias baru akan disantap supaya nantinya topping masih terasa segar dan tidak layu. Hal yang sama juga berlaku jika kamu ingin menambahkan potongan daging steak atau chicken katsu.

Sekarang sudah paham belum nih teman PergiKuliner, bagaimana trik-trik memasak spagheti yang enak seperti di restoran Italia? Kamu bisa mencobanya sendiri mulai sekarag. Tapi kalau kamu tidak mau repot dan takut gagal, kamu bisa langsung menikmati spaghetti-spaghetti di restoran berikut ini saja ya!

Saine Daise

Foto Saine Daise
Foto Saine Daise
Foto Saine Daise

Pancious

Foto Pancious
Foto Pancious
Foto Pancious

Giggle Box

Foto Giggle Box
Foto Giggle Box

Nanny's Pavillon

Foto Nanny's Pavillon

Popolamama

Foto Popolamama
Foto Popolamama

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?