Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Trik Membeli dan Menyimpan Es Krim yang Tepat

List Artikel
15 Juli 2020 | 0 Komentar

Suka dessert atau makanan manis? Bagi kamu yang menyukai dessert apalagi makanan manis, pastinya kamu sering menyantap es krim. Es krim menjadi salah satu dessert yang paling banyak disantap selain kue. Cita rasa es krim yang manis dengan tekstur lembut membuat es krim banyak disukai. Apalagi sensasi dinginnya sangat cocok dengan cuaca di Indonesia yang cukup panas. Berhubung es krim banyak disukai oleh masyarakat Indonesia, tak hanya anak-anak, tapi juga orang dewasa, tak heran kalau es krim bisa dijumpai dengan mudah. Kamu bisa membelinya di gerai es krim, Supermarket, hingga Minimarket terdekat yang ada di sekitar rumah. Meski mudah dijumpai, tapi untuk membeli dan menyimpannya, kamu harus tahu cara yang tepat karena jika tidak, maka tekstur es krim akan rusak dan bisa merusak cita rasanya. Pergikuliner akan memberikan beberapa triknya untukmu!



Sumber: Pergikuliner.com


Perhatikan Kemasannya Saat Membeli

Hal pertama yang perlu diketahui pada saat membeli es krim adalah perhatikan kemasannya. Ada es krim yang dijual dalam kemasan karton, plastik, hingga wadah plastik. Untuk wadah dengan kemasan karton biasanya akan tahan dingin sehingga bagian dalamnya memiliki tingkat beku yang lebih dibandingkan wadah plastik. Baik itu wadah karton atau plastik, cek bagian luar kemasannya, apakah ada penyok atau kerusakan pada bagian sisinya. Tentunya pilih kemasan yang masih bagus dan hindari memilih kemasan yang tertutup bunga es. Pilih es krim di area paling bawah atau belakang karena paling dingin sehingga tak mudah meleleh saat kamu bawa pulang.


Beli Es Krim Paling Terakhir

Biasanya orang akan membeli es krim pada saat belanja bulanan atau pada saat bepergian dengan teman. Tapi ingat ya, belilah es krim di saat terakhir alias pada saat mau pulang. Jangan membelinya saat masih berbelanja atau pada saat masih akan mampir ke suatu tempat. Dengan begitu es krim masih akan tetap beku dalam waktu yang lebih lama pada saat kamu bawa pulang dan juga tidak mudah rusak terpapar oleh suhu ruangan.


Simpan dalam Suhu yang Sangat Beku

Setelah sampai di rumah, simpan es krim dalam freezer yang bersuhu sangat beku. Dengan meletakkan dalam suhu sangat beku, maka tekstur dan citarasanya tak akan mudah berubah. Idealnya temperatur freeser harus berada di angka minus 17-29 derajat celcius, jangan lebih dari itu karena bisa membuat es krim mudah sekali meleleh.


Hindari Meletakkan Es Krim Pada Pintu Freezer

Di bagian freezer mana kamu menyimpan es krim? Hindari untuk meletakkan es krim pada pintu freezer dikarenakan area tersebut merupakan titik terhangat dan paling mudah berubah suhunya pada saat freezer dibuka. Hal ini bisa menyebabkan es krim cepat mencair. Sebaiknya letakkan es krim di bagian paling pojok atau ujung freezer agar tetap beku hingga saat disantap.


Tutup Rapat Es Krim Saat Menyimpannya

Bagi penyuka es krim pastinya lebih suka membelinya dalam ukuran sedang hingga besar agar lebih puas menyantapnya. Jika membeli dalam ukuran besar, sebaiknya kamu memastikan untuk menutup rapat saat menyimpannya di freezer. Jangan sekali-kali membiarkan salah satu sisi wadah es krim tidak tertutup rapat karena bisa menyebabkan es krim mudah mencair dan cita rasanya jadi berbeda karena munculnya kristal es pada permukaannya.


Jangan Basahi Sendok Es Krim

Es krim yang beku seringkali susah diambil sehingga banyak orang yang membasahi sendok es krim mereka terlebih dahulu dengan air hangat atau air panas sebelum menyendoknya. Padahal hal ini tak perlu kamu lakukan. Membasahi sendok es krim dengan air hangat atau air hangat justru bisa menyebabkan air yang menempel pada permukaan sendok menciptakan lapisan tipis pada es krim. Sendok es krim yang hangat juga bisa menyebabkan banyak lapisan es krim yang mencair.

 

Es Krim yang Sudah Dibuka Harus Dikonsumsi Kurang dari Seminggu

Trik yang terakhir adalah dengan menyantap es krim sesegera mungkin setelah membelinya. Meski tanggal kadaluarsanya masih lama, tapi kalau wadah es krim sudah dibuka, maka kamu harus menyantapnya dalam jangka waktu kurang dari seminggu. Es krim yang sudah dibuka dan dikonsumsi lebih dari seminggu akan berkurang kelezatannya. Oleh karena itu, sebaiknya pertimbangkan dengan baik ukuran es krim pada saat membelinya.


Itulah beberapa trik dalam membeli dan menyimpan es krim yang tepat. Semoga informasi di atas bisa sangat berguna untukmu ya, teman kuliner. Nah, sekarang kalau kamu mau beli es krim, bisa banget mampir ke tempat-tempat di bawah ini!

La Casa Ice Cream Zangrandi

Foto La Casa Ice Cream Zangrandi
Foto La Casa Ice Cream Zangrandi
Foto La Casa Ice Cream Zangrandi

Pesca Ice Cream Cakes

Foto Pesca Ice Cream Cakes
Foto Pesca Ice Cream Cakes
Foto Pesca Ice Cream Cakes

La Ricchi Ice Cream

Foto La Ricchi Ice Cream
Foto La Ricchi Ice Cream
Foto La Ricchi Ice Cream

Gelato Secrets

Foto Gelato Secrets
Foto Gelato Secrets
Foto Gelato Secrets

MOONI Artisan Gelato

Foto MOONI Artisan Gelato
Foto MOONI Artisan Gelato
Foto MOONI Artisan Gelato

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?