Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Trik Simpan Telur Agar Bisa Jadi Stok Lama di Rumah

List Artikel
13 Juni 2020 | 0 Komentar

Telur menjadi salah satu bahan makanan yang banyak digunakan, baik untuk dijadikan masakan, dessert, hingga camilan. Bisa dikatakan kalau telur ini sifatnya sangat fleksibel karena mudah diolah menjadi apa saja. Citarasanya yang lezat dan teksturnya yang legit membuat siapa pasti tergoda. Tak hanya itu saja, telur juga punya harga yang sangat terjangkau dan mudah dijumpai. Dengan segudang alasan inilah telur bisa menjadi favorit siapa saja. Tapi perlu kita ketahui kalau telur bukan termasuk dalam bahan makanan yang bisa bertahan lama hingga berbulan-bulan. Rata-rata telur hanya bisa bertahan hingga hitungan minggu saja karena meski setelah itu masih aman dikonsumsi, citarasanya pasti berbeda karena tidak segar lagi. Untuk menyimpan telur agar bisa bertahan lama dan bisa dijadikan stok di rumah, Pergi Kuliner punya beberapa triknya nih untukmu!

 


Sumber: Alliexpress.com


Cuci Telur Sebelum Disimpan

Trik yang pertama adalah cuci terlebih dahulu telur sebelum disimpan. Telur yang masih kotor alias terdapat beberapa kotoran pada cangkangnya bisa membuat telur mudah busuk karena pasti ada bakteri dalam kotoran tersebut sehingga membuat telur mudah terkontaminasi dan menjadi busuk. Jadi sebaiknya cuci telur hingga bersih dan keringkan lalu simpan dalam wadah telur.


Letakkan Di Dalam Kulkas

Cara terbaik untuk menyimpan telur adalah dengan meletakkannya di dalam kulkas. Dengan menaruhnya dalam kulkas, bakteri pada telur tidak akan bisa berkembang biak. Bahkan menurut beberapa ilmuwan, telur akan lebih bertahan lama di dalam freezer. Tapi untuk menyimpannya di dalam freezer, kamu harus memecahkannya terlebih dahulu alias tidak menyimpan telur dalam freezer dengan cangkangnya. Lebih baik lagi kalau kamu juga memisahkan kuning dengan putih telur. Telur yang disimpan dalam kulkas bisa bertahan hingga 1-2 bulan, sedangkan jika disimpan dalam freezer bisa lebih dari itu.


Jangan Letakkan di Pintu Kulkas

Menyimpan telur dalam kulkas memang sangat disarankan, tapi hindari meletakkannya di bagian pintu kulkas. Hal ini dikarenakan suhu di pintu kulkas tidak stabil sehingga bisa mempengaruhi usia telur. Selain itu, pintu kulkas yang sering berguncang ketika dibuka bisa mengakibatkan telur mudah rusak. Lebih baik menyimpannya di rak kedua atau ketiga.


Simpan di Suhu Ruangan

Jika tak ingin menyimpan telur di dalam kulkas, kamu juga bisa kok menyimpannya di suhu ruangan. Tapi sayangnya umur telur yang disimpan di suhu ruangan biasanya hanya bertahan antara 1-3 minggu saja. Jika ingin menyimpannya dalam suhu ruangan, jangan menaruhnya dalam kemasan plastik, tapi simpan dalam wadah terbuka. Lebih bagus lagi kalau kamu menyimpannya dalam wadah kardus telur untuk menghindari goncangan dan menjaganya agar tetap kering.


Sekarang kamu sendiri sudah tahu bukan bagaimana trik-trik menyimpan telur agar bisa tahan lama? Jangan lupa untuk diterapkan di rumah kamu ya!

Baconerie

Foto Baconerie
Foto Baconerie

Benedict

Foto Benedict
Foto Benedict
Foto Benedict

Nosh Kitchen

Foto Nosh Kitchen
Foto Nosh Kitchen
Foto Nosh Kitchen

Maple & Oak

Foto Maple & Oak
Foto Maple & Oak
Foto Maple & Oak

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?