Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Trombosit Rendah Bisa Diakali dengan Makan 5 Sayuran Sehat Ini

List Artikel
25 September 2019 | 0 Komentar

Sayur-sayuran memang memberikan manfaat baik bagi kesehatan tubuh. Salah satunya adalah bisa meningkatkan atau menambahkan trombosit dalam tubuh. Trombosit merupakan keping sel darah yang berfungsi dalam pembekuan darah. Jadi trombosit ini akan membuat darah menjadi lengket atau membentuk gumpalan sehingga ketika kamu terluka, maka darah akan cepat membeku dan kamu akan terhindar dari pendarahan. Jika kekurangan trombosit maka sistem kekebalan tubuh akan melemah, tubuh akan mudah terkena penyakit, mudah merasa pusing, pandangan kabur, mual, hingga terkena dehidrasi. Untuk meningkatkan trombosit dalam darah, ada beberapa sayuran yang bisa kamu konsumsi, yaitu:

 

1. Wortel



Sumber : Healthline.com


Sayuran pertama adalah wortel yang kaya akan vitamin A dan berperan penting dalam memproduksi sel darah merah atau meningkatkan trombosit. Vitamin-vitamin yang ada pada wortel bisa membentuk protein dalam tubuh. Kandungan protein tersebutlah yang akan membantu proses pembentukan dan pertumbuhan sel-sel dalam tubuh, termasuk sel darah merah.

 

2. Bayam



Sumber : Healthfyme.com


Selanjutnya ada bayam yang juga bisa meningkatkan kadar trombosit dalam darah. Bayam mengandung asam folat yang di dalamnya terdapat vitamin B yang berfungsi menjaga kesehatan sel dalam darah. Nutrisi-nutrisi tersebut bisa membantu pembentukan sel darah merah. Bayam yang bagus dikonsumsi adalah bayam hijau, karena lebih kaya serat dan mineral. Tapi bukan berarti kamu tidak bisa mengonsumsi bayam ungu. Bayam ungu juga bisa kok untuk menaikkan trombosit dalam darah.

 

3. Brokoli



Sumber : Simplyrecipes.com


Selain menjadi antioksidan alami yang bagus untuk tubuh, brokoli juga bisa meningkatkan kadar trombosit dalam darah. Brokoli mengandung vitamin C yang sangat tinggi sehingga bisa meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi lebih banyak. Jika zat besi yang diserap cukup banyak, maka produksi trombosit juga akan meningkat. Brokoli juga kaya akan vitamin K yang diperlukan dalam proses pembekuan darah.

 

4. Jamur



Sumber : Thespruceeats.com


Jamur menjadi sayuran yang banyak dikosumsi oleh vegetarian. Hal ini dikarenakan jamur sering dijadikan pengganti daging karena teksturnya mirip. Jamur memiliki kandungan vitamin D yang berfungsi untuk memproduksi sel darah merah. Jenis vitamin ini sebenarnya bisa didapat dari protein hewani seperti telur, salmon, dan susu. Tetapi jika kamu vegetarian, maka kamu bisa menyantap jamur. Satu porsi jamur bisa memenuhi sekitar 50-100 persen dari kebutuhan vitamin harian.

 

5. Kacang Lentil



Sumber: erabaru.net


Terakhir ada kacang lentil yang banyak dijumpai di daerah Pulau Jawa. Kacang lentil bisa memproduksi zat besi yang sangat bagus untuk meningkatkan jumlah trombosit dalam darah. Satu cangkir kacang lentil atau sekitar 200 gram bisa memenuhi 37 persen kebutuhan zat besi harian dalam tubuh. Kamu bisa merebusnya atau dicampur dengan bahan lainnya menjadi sup hangat.

 

Itulah dia beberapa sayuran yang bisa meningkatkan kadar trombosit dalam tubuh. Nah, kamu bisa menikmati salah satunya di sini ya!

6Pack Salad Bar

Foto 6Pack Salad Bar
Foto 6Pack Salad Bar
Foto 6Pack Salad Bar

Imperial Kitchen & Dimsum

Foto Imperial Kitchen & Dimsum
Foto Imperial Kitchen & Dimsum

Angke Restaurant

Foto Angke Restaurant
Foto Angke Restaurant
Foto Angke Restaurant

Liyen Restaurant

Foto Liyen Restaurant
Foto Liyen Restaurant
Foto Liyen Restaurant

Crunchaus Salads

Foto Crunchaus Salads
Foto Crunchaus Salads
Foto Crunchaus Salads

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?