Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ubi vs Talas vs Singkong, di Mana Letak Perbedaannya?

List Artikel
27 Maret 2020 | 0 Komentar

Kamu sering menyantap ubi, singkong, atau talas? Bagi orang-orang yang kurang suka menyantap nasi, ketiga bahan makanan tersebut pasti sering dikonsumsi. Pasalnya ubi, talas, dan singkong  ini mengandung kadar karbohidrat yang tinggi sehingga bisa menyamai nasi. Berhubung sama-sama termasuk dalam jenis umbi-umbian dan mengandung karbohidrat, ketiganya ini seringkali salah dikenali. Padahal ketiganya ini sangat berbeda lho, baik itu dari segi bentuk, cita rasa, tampilan, hingga olahan yang dibuat. Ingin tahu apa saja perbedaan ketiganya? Langsung kita lihat saja yuk!




Sumber : Hellosehat.com 


1. Dari Segi Bentuk dan Ukuran

Ubi, talas, dan singkong punya bentuk dan ukuran yang sangat jauh berbeda. Untuk ubi bentuknya panjang agak bantet dengan bagian ujung yang mengerucut. Sedangkan talas punya bentuk yang bantat dengan bagian ujung yang agak merata. Untuk singkong sendiri sangat mudah dibedakan dengan keduanya karena punya bentuk lonjong memanjang dengan lebar atau diameter yang lebih kecil dibanding talas dan ubi.

 

2. Dari Segi Warna

Untuk segi warnanya, kita memang kerap kali tertipu karena semuanya ini memiliki kulit yang agak kecoklatan. Apalagi jika kamu membelinya di pasar tradisional yang masih belum dibersihkan karena ketiganya sama-sama tumbuh di tanah, jadi pasti banyak tanah yang menempel saat dipanen. Tapi jika kamu membelahnya, maka akan telihat sekali perbedaan dari bagian dalamnya. Untuk ubi punya banyak warna, tergantung jenisnya. Ada ubi ungu, merah, kuning, dan putih. Sementara singkong hanya punya dua warna, yakni putih dan kuning keputihan. Talas juga hanya punya dua warna, yakni talas putih atau yang dijuluki dengan nama talas Bogor dan talas ungu yang julukannya adalah talas Pontianak.

 

3. Dari Segi Tekstur dan Cita Rasa

Beralih ke perbedaan dari segi tekstur dan cita rasanya. Kita akan membahas teksturnya dulu ya! Untuk tekstur singkong cenderung agak padat. Talas juga punya tekstur yang sama, hanya saja lebih lengket karena kadar gulanya lebih banyak. Lain halnya dengan ubi yang teksturnya jauh lebih lembut. Nah, untuk cita rasanya, ubi punya cita rasa yang jauh lebih manis daripada singkong dan talas. Sedangkan singkong rasanya cenderung gurih dan talas agak sedikit hambar.

 

4. Dari Segi Olahan

Perbedaan terakhir bisa dilihat jika semuanya sudah diolah menjadi beragam makanan. Seperti yang sudah dikatakan di atas, singkong punya citarasa gurih sehingga lebih sering dijadikan aneka olahan kuliner gurih seperti keripik, combro, dan lain sebagainya. Tapi bukan berarti tidak ada olahan singkong manis. Beberapa olahan singkong yang bercita rasa manis selalu dipadukan dengan gula merah seperti getuk, kolak, misro dan lain sebagainya. Untuk ubi sendiri, selain dijadikan gorengan, lebih banyak digunakan sebagai campuran pada kue atau dessert. Sedangkan talas, lebih sering dijumpai dalam bentuk talas kukus atau keripik talas. 

 

Itulah beberapa perbedaan dari ubi, talas dan singkong. Jadi mulai sekarang, kamu jangan keliru lagi membedakannya ya! Jika lapar seusai membaca artikel ini, kamu bisa ngemil beberapa makanan di bawah ini aja!

Pisang Original

Foto Pisang Original
Foto Pisang Original
Foto Pisang Original

Nadine Wibowo Pie Pisang Bogor

Foto Nadine Wibowo Pie Pisang Bogor

Raja Pisang Goreng Ameng

Foto Raja Pisang Goreng Ameng
Foto Raja Pisang Goreng Ameng
Foto Raja Pisang Goreng Ameng

Pisang Goreng Djakarta

Foto Pisang Goreng Djakarta
Foto Pisang Goreng Djakarta

Pisang Goreng Madu Bu Nanik

Foto Pisang Goreng Madu Bu Nanik
Foto Pisang Goreng Madu Bu Nanik
Foto Pisang Goreng Madu Bu Nanik

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?