Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ungkap Alasan Masyarakat Indonesia Menyukai Ramen

List Artikel
2 September 2022 | 0 Komentar

Ramen merupakan salah satu kuliner khas Jepang yang punya banyak sekali penggemar di Indonesia. Kepopuleran ramen bisa dibuktikan dengan banyaknya tempat makan khusus ramen yang ada di beberapa kota besar di Indonesia, mulai dari sekelas restoran hingga kedai kaki lima. Jadi kamu juga bisa menyantap ramen dengan harga murah meriah. Meski ada banyak olahan mie dari luar negeri yang ada di Indonesia, tapi ramen tetap dicintai oleh masyarakat Indonesia. Kepopuleran ramen di Indonesia tentu saja ada penyebabnya. Yuk, coba kita cek alasan masyarakat Indonesia menyukai ramen.

 

Bahan Dasar Mie yang Familiar



Sumber: Pergikuliner.com


Alasan yang pertama sudah pasti karena ramen dibuat dari bahan dasar mie sehingga familiar di lidah masyarakat Indonesia. Berbeda dengan udon khas Jepang yang memiliki tekstur tebal, mie yang digunakan pada ramen adalah mie kuning yang tidak tebal sehingga tampilannya mirip dengan mie kuning atau mie telor yang ada di Indonesia. Masyarakat Indonesia sendiri sangat suka menyantap mie kuning. Hal ini bisa dilihat banyaknya aneka kuliner dengan campuran mie. Mulai dari mie kocok, mie ayam, mie celor, bakmi Jawa, bakso, bakwan Malang, soto mie, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, tak heran jika tekstur dan rasa dari mie yang ada pada ramen terbilang cukup familiar.

 

Kuah Ramen yang Lezat



Sumber: Pergikuliner.com


Alasan lainnya masyarakat Indonesia menyukai ramen adalah karena kuah dari ramen tersebut. Satu hal yang membedakan ramen dengan olahan mie berkuah khas Indonesia adalah kuahnya. Kuah ramen dibuat dengan menggunakan bahan campuran sehingga rasanya menjadi umami. Biasanya kuah ramen dibuat dengan menggunakan kaldu rebusan daging sapi, ayam, atau seafood yang nantinya akan diberi aneka bumbu seperti kelp, bonito kering, ikan teri kering, kecap asin, dan sebagainya. Dengan begitu, rasa dari kuah ramen bisa terasa unik dan khas sehingga berbeda dari kuah-kuah mie kebanyakan. Selain itu, kuah ramen ini tidak hanya terdiri dari satu jenis saja. Saat mampir ke kedai ramen, kamu bisa menjumpai aneka menu ramen dengan pilihan kuah yang berbeda-beda. Tentu saja beda pemilihan kuah ramen akan menjadikan rasa keseluruhan ramen jadi ikut berbeda.

 

Aneka Topping yang Menambah Nilai Gizinya



Sumber: Pergikuliner.com

­

Selain kuah, alasan masyarakat Indonesia menyukai ramen adalah karena adanya aneka tambahan topping yang beragam. Ada banyak topping yang digunakan dalam kuliner khas Jepang ini. Ramen memiliki pilihan topping mulai dari irisan daging sapi, babi, hingga ayam. Lalu ada telur rebus setengah matang serta aneka sayuran yang digunakan. Mulai dari irisan daun bawang, wakame, jagung manis pipil, kubis, pokcoy, dan sebagainya. Dengan banyaknya tambahan topping yang ada pada ramen akan membuat nilai gizi dari kuliner ini menjadi naik. Ditambah lagi rasa yang dihadirkan juga akan ikut berbeda tergantung dari tambahan topping yang digunakan.

 

 

Itulah beberapa alasan mengapa masyarakat Indonesia sangat menyukai ramen. kamu sendiri suka dengan kuliner khas Jepang ini tidak? Jika iya, bagaimana jika kamu mampir untuk menyantap ramen enak di salah satu kedai ramen yang ada di bawah ini?

Bariuma Ramen

Foto Bariuma Ramen
Foto Bariuma Ramen
Foto Bariuma Ramen

Marutama Ra-men

Foto Marutama Ra-men
Foto Marutama Ra-men
Foto Marutama Ra-men

Ramen SeiRock-Ya

Foto Ramen SeiRock-Ya
Foto Ramen SeiRock-Ya
Foto Ramen SeiRock-Ya

Ultramen

Foto Ultramen
Foto Ultramen
Foto Ultramen

Yoiko Ramen 415

Foto Yoiko Ramen 415
Foto Yoiko Ramen 415
Foto Yoiko Ramen 415

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?