Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ungkap Fakta, Benarkah Video dan Foto Makanan Bisa Bikin Kita Lapar?

List Artikel
14 Agustus 2021 | 0 Komentar

Pernah tidak Teman Kuliner merasa lapar saat melihat video dan foto makanan tertentu? Rasanya hal seperti ini tidak hanya terjadi pada satu atau dua orang saja. Hampir sebagian besar orang yang melihat video dan foto makanan bisa membuat kita merasa cepat lapar lagi meski sebelumnya sudah makan kenyang. Video dan foto makanan memang bisa menjadi daya tarik tersendiri yang bisa membuat orang yang melihatnya akan merasa lapar dan ingin mencicip langsung makanan yang ada pada video dan foto tersebut. Hal seperti ini kerap kali mengundang banyak tanya, mengapa video dan foto makanan bisa membuat kita lapar? Padahal logikanya, video dan foto tidak memberikan aroma atau wangi yang bisa merangsang nafsu makan. Karena seperti yang kita tahu, aroma dan wangi makanan bisa membuat kita mudah tergoda dan merasa lapar. Lantas apa yang menyebabkan video dan foto makanan juga bisa membuat kita lapar? Coba kita cek dulu alasannya di bawah ini!



Sumber: Pergikuliner.com

 

Foto dan Video Makanan Bisa Memberi Sinyal Pada Otak

Salah satu alasan mengapa foto dan video makanan bisa membuat kita mudah lapar adalah karena bisa mengirimkan sinyal kepada otak kita. Rasa lapar tak hanya bisa dirangsang melalui indera penciuman yang mencium aroma wangi makanan, tapi rasa lapar juga bisa dirangsang melalui indera penglihatan. Ketika indera penglihatan melihat video dan foto, mata akan mengirimkan sinyal lapar melalui saraf kepada otak yang nantinya akan diteruskan menjadi perintah untuk tubuh agar segera menyantap makanan tersebut. Jai, meskipun kita tidak mencium aroma wangi dari makanan tersebut dan hanya melihat tampilan video serta fotonya saja, otak kita bisa mengirimkan sinyal lapar untuk menyantapnya.


Foto dan Video Makanan yang Terlihat Estetik Akan Lebih Menggiurkan

Meski dikatakan kalau video dan foto makanan bisa menimbulkan rasa lapar, tapi tidak semua video dan foto makanan bisa memberikan sinyal lapar. Video dan foto makanan yang bisa membuat lapar tidaklah sembarangan. Hanya foto dan video estetik sajalah yang dapat menimbulkan rasa lapar. Coba saja Teman Kuliner perhatikan, jika ada foto dan video makanan yang estetik alias bagus dipandang, kita pasti akan mudah tergoda dan merasa cepat lapar. Contohnya saja foto dan video yang ada dalam tampilan iklan serta buku menu restoran atau rumah makan. 


Ketika melihatnya, kita pasti akan dengan mudah tergoda untuk mencobanya bukan? Lain ceritanya jika foto dan video yang diambil tidak bagus tampilannya, maka kita cenderung tidak tertarik sehingga foto dan video makanan tersebut tidak membuat kita merasa lapar. Oleh karena itu, tingkat estetik sebuah video dan foto makanan sangatlah penting karena bisa membuat nafsu makan kita bertambah alias cepat merasa lapar.

 

Pembuktian Ilmiah Video dan Foto Makan Bisa Bikin Lapar

Fakta mengenai video dan foto makanan yang bisa membuat kita merasa lapar ini ternyata bisa dibuktikan karena sudah banyak penelitian ilmiah yang dilakukan oleh beberapa lembaga serta universitas di luar negeri. Dilansir dari Times of India, sebuah universitas di Inggris yang bernama University of Surrey telah melakukan penelitian mengenai orang yang diberi video makanan dengan yang tidak. Orang yang diberi video makanan akan makan lebih banyak dibanding yang tidak menonton video makanan.

 

Selain itu, masih ada penelitian lagi yang dilakukan oleh dr. Kathleen A dari University of Southern California yang melakukan penelitian kalau foto makanan bisa membuat orang yang melihatnya merasa lapar. Strategi inilah yang selalu digunakan oleh para pengelola restoran untuk menarik minat para pelanggan yang melihat foto makanan dari restoran tersebut.

 

Itulah fakta kalau ternyata video dan foto makanan bisa membuat kita merasa lapar saat melihatnya. Apakah Teman Kuliner sendiri sering mengalami hal seperti ini? Kalau iya, sekarang Teman Kuliner coba yuk kuliner yang sering diulas oleh food vloger, di bawah ini!

Dear Butter

Foto Dear Butter
Foto Dear Butter
Foto Dear Butter

Raja Se'i

Foto Raja Se'i
Foto Raja Se'i
Foto Raja Se'i

BitterSweet by Najla

Foto BitterSweet by Najla
Foto BitterSweet by Najla
Foto BitterSweet by Najla

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?