Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ungkap Fakta Sate Klopo, Sate Unik dari Surabaya

List Artikel
27 November 2019 | 0 Komentar

Sate merupakan salah satu kuliner khas Indonesia yang tak hanya dikenal oleh masyarakat Indonesia saja, tetapi juga dunia. Sate memang kerap kali dicari oleh para wisatawan asing ketika sedang berkunjung ke Indonesia. Sate terbuat dari bahan dasar daging yang ditusuk dengan tusukan bambu lalu dibakar di atas arang hingga matang dan disajikan bersama dengan saus kacang atau saus kecap. Meski sama-sama dibuat dari daging, tapi ada banyak sekali jenis sate yang ada di Indonesia. Biasanya perbedaan jenis sate ini tergantung dari masing-masing daerah asalnya. Misalkan saja sate klatak khas Yogyakarta, sate Ponorogo khas Ponorogo, sate Padang khas Padang, sate lilit khas Bali, hingga sate klopo khas Surabaya.



Sumber :  Grab.com


Mendengar nama sate klopo, kamu sendiri sudah pernah belum mencoba sate khas Surabaya, Jawa Timur ini? Bagi kamu yang belum pernah mencicip sate klopo ini, PergiKuliner akan memberitahukannya kepadamu kalau ‘klopo’ dalam bahasa Jawa berarti kelapa. Jadi sate klopo adalah sate kelapa. Tidak seperti sate kebanyakan yang hanya berbahan dasar daging saja, sate klopo ini menggunakan bahan dasar daging dan kelapa parut. Jadi nantinya sebelum dibakar di atas arang, daging dibalur dengan kelapa parut terlebih dahulu. Tujuannya adalah agar sate bisa memiliki aroma gurih dan wangi yang menggoda. Ditambah lagi, penambahan kelapa parut ini bisa membuat sate tidak mudah gosong.



Sumber : Netz.id 


Sate klopo biasa disajikan bersama dengan saus kacang dan saus kecap. Terkadang ada beberapa rumah makan atau pedagang sate klopo yang menaburkan kelapa parut sangrai atau serundeng di atasnya sehingga membuat cita rasanya jadi lebih berbeda. Selain itu, sate klopo juga sering disajikan dengan tambahan cabai rawit utuh untuk menambah cita rasa pedasnya. Sate klopo tersedia dalam dua jenis, yakni yang terbuat dari daging sapi dan ayam. Per tusuknya ada yang menggunakan campuran kulit dan ada yang tidak. Jika dilihat dari asal usulnya, sate klopo ini sebenarnya sudah ada sejak lama. Salah satu tempat yang menjual sate klopo paling lama di Surabaya adalah Sate Klopo Ondomohen yang sangat legendaris karena sudah ada sejak tahun 1945 dan masih tetap bertahan hingga sekarang.



Sumber : Pergikuliner.com 


Kedai Sate Klopo Ondomohen ini sebenarnya hanyalah kedai sate sederhana yang kapasitas tak lebih dari 50 orang. Salah satu alasan mengapa Sate Klopo Ondomohen ini bisa terus berjaya adalah karena cita rasanya yang lezat dan tidak pernah berubah karena menggunakan resep warisan leluhur. Tapi tentu saja selain sate klopo di kedai ini masih ada pilihan kedai sate lainnya yang bisa kamu kunjungi di Surabaya. Jadi kalau sedang bepergian ke Surabaya, jangan lupa untuk mencicip sate klopo khas Surabaya ya Teman PergiKuliner! Nah, jika kamu kepengen makan sate setelah membaca artikel ini, kamu bisa menikmatinya di salah satu tempat makan sate di bawah ini ya!

Sate & Seafood Senayan

Foto Sate & Seafood Senayan
Foto Sate & Seafood Senayan
Foto Sate & Seafood Senayan

Sate Palmerah / Kim Tek

Foto Sate Palmerah / Kim Tek
Foto Sate Palmerah / Kim Tek
Foto Sate Palmerah / Kim Tek

Sate Babi Bawah Pohon

Foto Sate Babi Bawah Pohon
Foto Sate Babi Bawah Pohon
Foto Sate Babi Bawah Pohon

Sate Taichan MPE

Foto Sate Taichan MPE
Foto Sate Taichan MPE
Foto Sate Taichan MPE

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?